Minggu, 21 Juni 2009

gorengan..it's everything

Bandung emang terkenal banget sebagai surga kuliner..makanya bobot gw juga sukses naek 7 kg wkt pertama kali dateng kesini.jadi silahkan dibayangkan,,gw yg sekarang aja ni y udah bulet,ditambah 7 kg lg..wahahahahahaha.tp sekarang 7 kg itu sdh pergi kok sodara2 dengan sendirinya gr2 ngerjain TA..hoho. oke lanjut...kuliner yg akan gw bahas disini, termasuk makanan kesukaan gw yg selalu bikin gw ngelirik setiap nglewatin si kuliner ini.. bukan kuliner yg berat, mahal ato classy....kuliner yg bakal gw bahas adalah tet tot ret toreeett GORENGAN wahahahahaha.. kenapa bahas gorengan?b'cos gorengan di bandung ini menurut gw rada aneh. waktu gw pertama dateng buat kuliah, gw liat gorengan disini tuh kecil2 banget, g kayak di hometown gw di semarang yg gorengannya big size. sebagai pecinta gorengan, perasaan gw hancur, kecewa, luluh lantah tapi.. gw coba menerima kenyataan bahwa gorengan disini emg kecil2 jadi akhirnya gw masi jadi pecinta gorengan. hoho..


gorengan di bandung


sori gw g pny foto gorengan di semarang..hehe..
sekarang mari kita bahas satu2 perbedaan penamaan dan bentuk gorengan yang biasa disajikan oleh tukang gorengan di semarang dan di bandung, supaya anda2 tidak bingung. Menu2 gorengan di bawah ini, adalah menu gorengan yang wajib disajikan bila anda ingin menjadi tukang gorengan:
  1. tempe. di semarang gorengan ini biasa dipanggil mendoan ato nama lengkapnya tempe mendoan. kalo di bandung, cukup anda menyebut tempe. bentuknya pun beda. lihat deh gambar di atas. gorengan tempe disini tuh tempenya diiris tipiiiiiiiiiisssss banget. jadi gorengan tempenya itu udah mirip bgt kayak tempe kripik..hehe.
  2. bala-bala. di semarang entah kenapa dinamain badak. serem bgt kan. dari dulu gw g ngerti kenapa nmnya ini. gw coba cari singkatannya,, g ada juga. wkt kecil, gw sempet ngira kl badak ini bikinnya dari daging badak makanya gw g mw makan. pdhl isinya jg sayur2 doang..hehe. yang masi bingung juga ni makanan apa noh itu lho yg gambarnya di bawah tempe. kl orang surabaya bilangnya ote2.. eh tp g tw y kl gw cuma sotoy.hehe. nama indonesianya adalah bakwan. gw lumayan ngiri juga sm gorengan.. nm mereka bisa macem2, kok gw cm satu yah?hmm... tar de gw bikin nickname laen
  3. gehu. gehu adalah singkatan dari toGE di dalem taHU. inilah uniknya gorengan disini. hampir semuanya pake singkatan. wahahahahahahaha. gehu itu nm indonesianya adalah tahu isi. kl di semarang, y nmnya tahu..that's it. beda sama tahu sumedang. klo tahu sumedang, isinya kosong,warna coklat. klo gehu, isinya kol,toge,kadang wortel dimasukin ke dalam tahu trus ditepungin. tp knp y yg tersohor dan ditonjolin cm toge?ini sungguh tidak adil!!!harusnya nmnya itu kworge-hu (baca: kworj-hu) singakatan dari Kol,WORtel,toGE di dlm taHu.. kan lebih keren tu kyk nm2 makanan belanda.. hehe
  4. pisang goreng. gorengan ni mah g usah dijelasin lg y. pastilah udah tw semua.
sekarang saatnya menu pilihan untuk setiap tukang gorengan yang di semarang ada di bandung juga ada tp g semua tukang gorengan nyediain:
  1. molen. gorengan yang berupa pisang dikasi baju lembaran tepung trus digoreng ni adalah menu yg gampang2 susah. enaknya molen tergantung kualitas tepung dan manis ga nya si pisang. kl pisangnya asem+kebanyakan garam, molen ni akan berasa nano2.. manis, asam, asin. wahahahahaha...ngaco
  2. singkong. gorengan ni juga kadang ada, kadang ga. suma singkong aja digoreng, udah. tp y dibumbui dulu si biasanya
  3. ubi. ubi goreng yg warna kuning ato kadang yg ungu ditepungin aja trus digoreng. di semarng biasanya nmnya telo. pengucapan o bukan seperti saat lo bilang donat tapi pengucapan o yang sama saat lo bilang kolor...wahahahahahahaha
  4. bihun. bihun ini adalah nm yang cukup rancu. kl di semarang, biasanya bihun diisi di tahu trus ditepungin baru digoreng.kl disini, nmnya lumpia. kulit lumpia, digulung pake mi. bentuknya y kayak lumpia. tapi kecil, isinya bihun dan of course...berminyak
  5. sukun. pd tw kan buah sukun yg digoreng gt aja. y itulah salah satu gorengan optional kita sekarang ni.
dan sekarang adalah waktunya kita bahas gorengan yg jarang ada dimana2 tapi bakal anda jumpai di bandung:

1.  cireng.

cireng adalah -again- singkatan dari aCI digoRENG. pada pengen gubraak g? kl pengen jg gpp, dilakuin lebih bgs. hehe. aci itu sebenernya adalah tepung kanji. setelah gw search di google, gw dapet gambarnya seperti ini:
        
 
the cir's-gank cireng

rata2 si isinya kacang. ato bumbu kacang yah?tw lah lupa. tp sekarang cireng udh banyak dimodifikasi. ada isi keju, daging, kosong, macem2 deh. kl yg kyk gt, biasanya bentuknya macem2 n' belinya jg bukan di tkg gorengan biasa. tp biasanya jual khusus cireng gt. bentuknya kira2 sperti ini:

   
cireng dng bentuk lucu

 2. combro

daaaaan again combro adalah singkatan dari onCOM dijeRO. rasanya pedes2 gmn geto.. q si g gt suka tp banyak orang yg suka. jd itu adalah parutan singkong diisi oncom yg udh dibumbu trus dibentuk bulet ato pipih trus digoreng. bentuknya kayak gini:


versi bulet                                                                             versi pipih

3. lontong

lontong adalah lontong. iya lontong yg buat makan sate itu, cuma ukurannya kayak lemper. lebih kecil2 gt. g ada isinya dan dibungkus daun pisang. gw jg g tw segi enaknya di sebelah mana makan lontong gt doang..yaaa tp mslh selera emg masing2 yg penting kita tetap satu jua. y ga?y ga?y ga?hohoho

sekarang waktunya kita bahas gorengan di semarang, yg disini g ada ato jarang ada:

1. tahu petis

hmm...this is one of my fav... sayang bgt disini g ada. bukan petis asli juga yg dimasukin di tahunya,itu mah g enak bgt. tahu yg dipake adalah tahu pong. mungkin singkatan dari tahu kopong.. tp g tw jg, gw ngaco. hehe. tahu yg dipake adalah yg kayak tahu sumedang tp ukuran gede jadi isinya g ada. petisnya itu udah dibumbuin. jadi enak bgt.


knp y cabe di tahu yg paling atas 3?kan yg lain 2?pst ini sebuah kode

2. pia pia

pia pia itu ampir mirip sm bakwan cuma bentuknya pipih rada cembung kayak ..mm.. tempurung kura2 versi pipih kali yee.. bagian yg pipih itu ada udangnya. mungkin lebih tepat disebut bakwan bonus udang = banusdang. tapi mungkin nm banusdang kurang keren di pasar makanya nmmya diganti pia pia. beda bgt deh sm yg namanya pia apalagi sm bakpia. g ada mirip2nya sama sekali lah pokoknya. berikut adalah the gambar of the pia pia:


kelihatan kan gambar 2 udang yg nampak bahagia di atas sana?

ok..kyknya udh semua de. ato ada yg kelewat??y yg mw nambahin, y tambahin aja deh apa yg belon dibahas. sebelonnya ngucapin thx bgt buat mbah google dan pihak2 yg telah upload poto di inet.. hehe maap aye numpang minta gambar abis males poto2 sendiri. hehe.. long live gorengan Indonesia!!!!!! wahahahahahahahahaha.. penting lho. apalagi kl ujan2, yg gw rindukan bukan pacar, bukan internet, bukan org tua di rmh tapi gorengan.. gile ye, g jelas bgt ni. wahahahaha.
selamat berkuliner........



Tidak ada komentar:

Posting Komentar