Kamis, 07 Juni 2012

Petualangan 5 cewek nekat di Thailand - Part 4 (Pat Kai Fever)

Selasa, 15 Mei 2012

Pagi ini, badan gw lebih kejam dari kemaren. kira2 jam 4 pagi, badan gw dilanda kebelet pipis yg kadarnya meningkat secara eksponensial dari menit ke menit. karena masi pengen bobo, gw abaikan saja gejolak itu. setelah itu, gw masi bisa molor dengan indahnya sampai mimpi pipis mengacaukan segalanya. yak benaarrr, gw ngompol dengan sukses. aaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhh!! untung blom banyak jd gw lgs buru2 ke kamar mandi buat mandi++. mksdnya, + nyuci2, +ngakak2 malu sendiri di kamar mandi. si chaty masi bobo gr2 emg masi jam 5 pagi wkt itu. selesai mandi+nyuci2, kira2 jam 6an. gw banguninlah si chaty trus gw copotin smua sprei dr kasur biar diganti sama mbak2 hotelnya. hahahaha. maap ya mbaaakk. ga tau kenapa di indonesia ga gini tapi di thailand kok kantung kemih gw ekspresif sekali. wkwkwk. selesai dng kehebohan di pagi buta, kita smua siap2 buat pergi jam 8. hari ini jdwlnya kita mw ke siam paragon sama pratunam. sebelum pergi, kita kembali sarapan roti bebong 7/11 kayak kemaren (ada di part 3). hehehe. selaen enak, murah, gampang juga dapetnya. abis sarapan, kita jalan ke pertigaan khao san road, belok kiri lurus terus sampe ketemu tanda bus stop. Di Thailand, bis cuma brenti di tempat yg ada palang bus stopnya. sepanjang jalan, ada yg jual nasi2 gt buat sarapan, tukang tuk2 juga ada banget dan masi juga dengan pertanyaan bahasa inggris dng grammar khas supir tuk2, "where are you come from"-nya. tp g tw knp mereka selalu ngira kita orang philipine. ah yah karepmu sajalah. dari khao san road ke siam paragon naik bis nomer 15. jujur aja kita2 pd ga tw tarifnya brp, jd y udh begitu bis nya dateng, kita asal naek aja. waktu di dalem bis, orang2 pada naik turun gt aja. g ada yg bayar sama sekali. kita jadi bingung. ternyata setelah nanya, ada beberapa bis yg emang gratis. jadi misal ni yah ada 10 bis jurusan blok m, 4 bis gratis, yg 6 bayar. yang gratis itu ada tandanya gt tulisan dng background warna biru. enak bangeet yaahh.

tulisan warna putih background biru di atas pintu itu bacanya, "bis gratis" (kalopun ga, anggep aja gt)
Setelah bertanya kesana kemari, kita (akhirnya)tau juga harus turun dimana. untuk ke siam paragon, kita g bs turun di depannya jadi kita turun di seberangnya MBK trus naik jembatan penyebrangan pake kaki. hehe. Naik jembatan penyebrangan disini ada aturannya. lajur kanan untuk mendahului. heee.. bukan juga si, dikira jalan tol ape ye. jadi disana itu klo kita mw naek jembatan, kita harus jalan di sebelah kanan, klo mw turun, baru di sebelah kiri. hal ini menyebabkan, cara jalan kami yang dispersi (terurai ke segala arah) dipaksa harus fokus. selain itu, di atas jembatan juga bersih banget. g ada yg namanya tukang payung, kaos kaki, keripik, anti gores, tas, kaos, buku,, yg dapat kita saksikan di jembatan - jembatan busway kesayangan anda. selain tukang jualan yg ga ada, di atas jembatan juga ga ada coretan2 semacam "ujang love kokom" ato "rindu padamu" ato "xtc" ato "satpol pp bangke", dan lain sebagainya. susah kali ye pok nulis aksara jawa pake pilog di jembatan. hahahaha. biar ga dikira hoax, gw kasi de ni poto2 di atas jembatan.
jembatan penyebrangan
Selaen jembatan yg rapi, mobil2 disana itu ngikutin aturan banget. g ada yg kyk disini maen seenaknya ngambil jalur busway sampe bikin macet gara2 buswaynya g bisa jalan. waduh.. sori2 jadi curcol.
 
mobil2 pada baris
Sampe di bawah jembatan, gw sempet potoin taneman yg ada di tengah2 jalan. emang dasar negara gajah yah, rumput juga dibentuk gajah sama mereka. obsesi mereka akan gajah nampaknya udah akut banget.
kedua gajah saling memandang sendu #tsaaahh
naaaaaaaaaahh, sekarang.. ayo kita maen tebak2an. ada apakah di sebrang jembatan ini? apa? ada MBK? iya si emang. tapi bukan itu si yg dimaksud. yang gw maksud adalah:

jjjrrrrrrrruuuuuuuueeereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnggggg..

This is exactly Heaven on Earth (sengaja ngajak ribut ngasi gambar yg gede .red)
ayo2 sekarang kita absen dulu ya, anak2. urutan dari kiri depan ke kanan blakang lalu berakhir di kiri blakang (urut2an yg rempong): sate kulit ayam, jantung ayam, sate ayam, sate perut ayam, sate sosis babi spicy(kanan blakang yg horizontal sendiri), sate sosis babi biasa, sate paha ayam, sate babi. nah semua ini bisa anda dapatkan hanya dengan 10 baht a.k.a 3000 rupiah sajah. huahahahaha. wkt itu gw beli yg sosis babi spicy, vira beli yg sosis babi biasa. hasilnyaa.. enakan yg spicy. setelah muka gw berubah jadi mirip Pat Kai, hayoklah kita move on dari per-babi-an ini.

Dari jembatan penyebrangan, jalan dikit, kita sampe di MBK. MBK itu singkatan dari mall of bangkok. ahahaha.. engga deeengg. yg bener itu singkatan Mahboonkrong. nah dari depan MBK ini, kita jalan lurus terus sampe ke Siam area. Siam Area ini adalah area mall2. disini ada Siam Center, Siam Discovery, Siam Paragon, Siam Square dan Siam2 kuku. eh.. bukan ding itu suam2. pasti pada nanya de ngapain jauh2 ke Thailand tapi maen ke mall? kalopun pada ga nanya gt, yah asumsi nanya aja de ya drpd kita berantem. *salaman* sebenernya tujuan kita yang utama ada di Siam Discovery. disini ada yg namanya Madame Tussauds Wax Museum. itu looh madame tussaud yg kayak di Perancis. isinya patung2 lilin pejabat negara, artis2, atlet2, dll yg dibuat sama persis se-tinggi badan and ukuran badannya. namun demikian, mall ini buka nya jam 10 dan ini masi jam 9. krik krik krik.. iya tau kepagian. akhirnya kita duduk2 dulu di depan mall sambil mengamati keadaan sekitar yg membuat kami menyadari beberapa hal:
  1. Kerja di Thailand itu enak banget. jam 9an itu org2 baru pada dateng ke kantor. jam 09:30 - 10 aja mereka masi pada keluar nyari sarapan. 
  2. Waktu siang di Thailand itu lebih lama. jam 18:30 disana itu penampakannya kayak jam 17:00 di Jakarta. jadi pagi-nya mereka juga emg telat. klo kita disini jam 6 pagi aja udah gonjreng mataharinya, disana masi gelap. trus disana itu mataharinya juga dendam banget kalo siang, panasnyaaa booooo. sakit gt de di kulit.
  3. Disini banyak banget bencong yg kami sebut dengan istilah "KW". di jalan, bis, mall, kantor, bandara, dimana2 ketemu KW. dan mereka punya kerjaan selayaknya org normal disini dengan tampilan tetep KW. KW fever for-evaah lah. hidup KW!!! lhoo..? wkwkwk
  4. Orang Thailand itu semuanya punya suara kayak org lagi pilek + idungnya mampet. rasanya pengen bgt beliin vicks inhaler klo lg ngomong sm mereka. kalo denger mereka ngomong, kebanyakan bahasa mereka itu akhirannya krap ato kap ato ka. sbnrnya itu biar lbh sopan aja si. kalo krub(baca:krap ato kap) itu buat cowk, sedangkan ka itu buat cewk. contohnya kayak salamnya sawaddee krub (baca:swadikap) ato sawaddee ka (baca:swadika). kalo terimakasih, Khap kun krub (baca:kapunkap) buat cowk dan khap kun ka (baca:kapunka) buat cewk. dah itu aja yg gw bisa selama 5 hari disono. eh ada lagi deh. bahasa thailandnya daging babi itu moo. hahahaha. tetep ya bo. jd disana kita ngarang sendiri bahasa thailand biar dikira bisa bahasa thailand. contohnya: body scrub (yg dibaca badiskrap) dan teng-ku-rap. yah mayan lah. mayan dikira sableng maksudnya.
  5. Thailand bagi kami bukanlah negara beras tapi negara babi. dimana2 babi. sampe2 menurut kita, air sama udara disini juga mengandung babi. abisan dimana2 kalo ga ketemu KW ya babi. fiuuh. 
oke. cape ngomongin ini itu, mall nya belum buka juga. akhirnya kita poto2 aja. kebetulan disini lagi ada dekorasinya di depan siam discoverynya.
ini tema-nya catur kali yah. entahlah
di luar sini, ada juga beberapa jejak tangan artis2. yg salah satunya kayak gini:
 
ini punya mantan gw, Christiano Ronaldo. ekekekek
ini di depan madame tussaud
Tiket masuk ke Madame Tussaud ini 800 baht. cuma waktu kita kesana ada diskon jadi tinggal 720 baht per org. sebenernya si ada tiket terusannya. jadi beli langsung madame tussaud + siam ocean world itu bisa lebih murah jatohnya. tapi berhubung kita mw ke madame tussaud, y udh de itu aja.
bukti otentik biar g dikira hoax
Di dalem madame tussaud itu, bukan kayak kita maen ke museum perjuangan gt yg cuma liat2 patung sama barang2. disini, ada patung2 tertentu yg ada propertinya. jd kita bisa foto sambil make properti yg disediain. selain itu ada juga patung2 tertentu yg ada mas2 fotografernya. tar bisa minta dicetak poto kita itu. bayar itu pasti, emangnye museum nenek babe lo minta gratisan? wkwkwk. oke gw kasi dikit de poto2nya dimari. pliiiss jangan jatuh cinta ya liat poto kita2.. plis. wkwkwk.
picasso-madonna-gerard. propertinya ada di deket patungnya. tinggal pake aja.
nge-band-cong. wkwkwk
jd bintang tamu oprah cuma bisa dimari.. naseb
disini bukan cuma patung2 looh, ada juga beberapa permainan gt. di deket patung gerard, beckham, ronaldo, ada permainan masukin bola ke gawang yg bolanya itu pake kayak cahaya bentuk bola. gawangnya juga kayak dr proyektor gt.
adu penalti dng poni eksis maksimal
selain main bola, ada juga main tenis pake semacem wii gt. ato emg wii? entahlah mbak2nya yg jaga yg maen wkt itu. trus ada juga main gulat. jd kita ngelawan raksasa yg ada di layar. nampak bodoh bgt si ninju2 angin tp yah kembali lg. g ada yg kenal ini. ihihihi. capek main2, kita keluar dari madame tussaud. begitu keluar madame tussaud, kita udh ada di mall siam discovery. kita turun eskalator sambil nyari jalan tembus ke siam center. ini mall nya emang tembus gt kayak plaza indonesia sama EX ato kayak PIM 1 dan PIM 2. aslinya si mau makan siang di siam paragon tapi berhubung udh pada kelaperan, wkt turun eskalator, ada restoran yg namanya.. mm.. ah sudahlah. jadi kita makan disitu ajah. dan inilah menu selanjutnya yg harus dicoba:
menu gw: mie tom yum seafood
tom yum di thailand beda banget sama disini. disana lebih asem. ga tau de ketek disana lebih asem juga apa ga. iiih jorok de iche. wkwkwk.. biarin. bagi yg ga suka makanan asem, mungkin ga doyan. tapi bagi yg suka, hadeuuhh ini makanan surgawi bangetlah.
ini menu no 91, lupa namanya apa, pokoknya ada babinya dan ini endang juga
Fish cake
ini kalo g salah menu no 75, lupa juga namanya apa, ada babinya juga cm rasanya agak aneh soalnya pake kyk arak gt.
aqua aja cap nya babi T_T negara babiii
Di meja, ada kuisioner yang bisa diisi sama org2 yg makan disitu. tapi bagaimana mungkin? membaca saja aku sulit.
Kuisioner Kerajaan Tarumanegara
Harga makanan2 itu rata2 seharga 30rb an rupiah jadi kita makan 5 menu mie + fish cake + minum, totalnya 600 baht. buat skala mall segede itu, gw bilang itu murah apalagi makanannya enak. yah worth it lah. cuma gw si tetep menganjurkan makan di foodcourtnya siam paragon aja. abis makan kita lanjut jalan liat2 mall sambil keluar dari siam center. kalo mau ke siam paragon, tinggal jalan aja lurus tar ketemu mall gede banget yg kayak GI nya disinilah. tp GI mah g ada apa2nya dibanding ini klo dr segi luasnya. tenang aja ada tulisannya kok itu mall apa dan yg terutama: pake alphabet tulisannya!!
penampakan depannya
sebenernya ada apaan si disini kok ngebet banget mw kesini? sebenernya kita mau nyobain ntn 4D disini. hehe. berhubung di Thai yg 4D wkt itu cuma avenger, y udh kita ntn itu (lagi).
gw baru nyadar kalo harganya 400 baht. mehong juga ya cuy. tp gpplah namanya juga nyobain. saran gw kalo mw ntn 4D disini, jangan pake baju yg pendek2. dingin booo bioskopnya. udah dingin, waktu ada adegan air, dicipratin dikit. ada adegan gedung tinggi sama terbang, dikasi efek angin. maaaaaaaaaakkkk... kurang dingin apalagi ini. jadi yg ada kita smua pada kedinginan di dlm. dasar wong ndeso. wkwkwk. selain sensasi angin, air, ada juga sensasi kursi yg digoyang2, sensasi getar juga ada. yah getarnya itu mirip kayak kita ngedudukin stick getarnya PS versi kursi lah. oh iya, sebelum ntn bioskop, ada kegiatan penting yg dilakukan di dlm bioskop. jd kalo disini sambil nunggu film ada trailer2 ato iklan, disana... kita semua disuruh berdiri, lalu video klip lagu kebangsaan Thailand akan diputer dan smua penonton nyanyi bareng2. ga cuma audio, sodara2.. video klip!!! sungguh ke-niat-an yg teramat sangat emg klo dipikir2. bener2 narsis tingkat akut emg pejabat disana. abis ntn film, kita masuk angin berjamaah. wkwk. keluar bioskop, kita menuju ke foodhall nya siam paragon yg ada di lantai bawah. di lift banyak abege2 dan satu cowk ganteng. di dalem lift, kita enak2 aja gt ngomong kenceng2.
"eh yg ini ganteng ni"
"yg mana"
"itu yg baju putih, yg tinggi"
"oh iya. cakep yah"
ini semua diucapkan di dalem lift, di depan orgnya dng volume suara biasa aja seakan2 kita cuma lg ngomong:
"abis ini kita mw kemana"
"ke foodhall aja"
wkwkwkwk.. ah indahnya di negri orang. waktu kita sampe di foodcourtnya siam paragon,, huaaaaa udh kayak lautan makanan. pilihannya banyak bangeeett. kita jd nyesel udh keburu kelaperan dan g jd nyobain makanan disini. disini tu bener2 kayak hansel n gretel yg nemuin rumah donat di hutan. banyak banget makanan besar dan kecil. nova sama ika beli gelato yg enak bangeeett dan harganya cuma 35 baht. jauh lebih murah drpd baskin robbin apalagi haagen dasz ato gelatissimo tp rasanya enak bangeettt. tempatnya di foodhallnya situ de ada counter gelato. nah kalo gw, beli kayak pia gt isinya green tea. yg jualan cewk KW. wkwk. mahal si satunya 30 baht tapi cuy.. enak banget cuy. dalemnya itu lembut banget trus kulitnya tu ga keras. jd nyesel cuma beli 1 :( sori ga ada potonya, kelupaan hehe.

Puas jajan, kita keluar Siam Paragon trus nyusurin jalan karena kita mau ke Pratunam. kita ga dapet weekend di bangkok jadinya ga ke chatuchak. oleh karena itu, belanja2 dialihkan ke Pratunam. disini itu ada pasar malemnya gt yg tempatnya sepanjang trotoar jalan. klo mau ke mall nya si ada juga. nah kalo ke pratunam ato market2 gini, harus jago2 nawar. trus kalo misal ketemu satu barang yg disuka, lgs dibeli aja. soalnya klo misal mw bandingin sama toko lain, rempong bgt klo balik lg. disini jual macem2. dari mulai sandal, sepatu, baju, mini dress, kaos, souvenir, makanan, dan lain sebagainya. apa aja dijual lah pokoknya. yang enak disini adalah kita bisa seenaknya ngatain penjual. misalnya:
"how much?" *sambil nunjuk kaos*
"500 baht"
"oohh okay"
abis itu di depan orgnya, kita bisa bilang "lima ratus gigi lo boneng" dan orgnya akan tetep adem ayem sambil senyum2. huahahahahaha. menyenangkan sekali ada di menara babel dimana smua bahasa kacau balau. sebenrnya si harga yg mereka tawarin itu udh termasuk murah klo dibandingin sama di Indonesia. ada baju terusan semacem mini dress gt yg gw beli cuma 60rb pdhl gw tw banget itu kalo di Jakarta, harganya bisa 150-200an. ihihihihihihi. harta karun. *goyang dombret* cape nyusurin jalan, kita brenti di bagian makanan2. makannya itu kayak klo disini pake tenda2 di trotoar gt tapi disana g pake tenda. nah ngerti ga? anggep aja ngerti de. kalo di indo, pasti udah ilfil gr2 ada semerbak bau got sama kena asep kendaraan. tapi di thai ga lhoo, g ada bau2 got, tempatnya jg bersih, asap kendaraannya juga ga bikin ilfil. kali ini kita udah mabok babi jadi kita makan ikan bakar.
ikan kena kusta
oke gw tw penampakannya emg g ada bagus2nya. jadi ini ikan dibalur pake garam di sekujur tubuhnya (tsaaah bahasanyaah). udah. gt aja trus dibakar. tar makannya pake lalapan sama sambel. enak bangeeeeeett. selain itu, kita jg makan cumi bakar + sayur apa gt ditumis. oia, selain negara babi, di Thailand ini juga terobsesi sama kol. apa2 pake kol. lalapan aja kol nya banyak bener. cumi bakar ditaro diatas kol. pad thai dikasi kol, spring roll juga pake kol. maniak kol lah pokoknya. cuma sayur mentah disini tu seger banget. rasanya kayak makan sayuran organik. ga kayak di jakarta yang kebanyakan pestisida. menu kita malem itu adalah ikan bakar 1 segede gambreng, cumi bakar, sayur tumis, nasi 5 + minumnya 5. semuanya abis 600 baht. murmer cyiint. kenyang makan, kami semua lanjut berburu harta karun. huehehehehehe. berburu harta karun sampe jam setengah 10an malem. tadinya kita mau nyobain naik MRT disana, tapi berhubung kita pada bawa kresek segede kantung sinterklas, akhirnya kita milih naek bis lagi. 

Dengan tercetusnya keputusan bahwa kita akan naik bis, brarti kita harus balik lagi ke MBK. okay, kita jalan aja cyiint kesono, deket ini. yah namanya pikiran kan kalo di-set positif kan baek yah walo kenyataannya waktu dijalanin,, T_T maaakkjaaaannngg.. jalur ini membunuhku. kita nyari2 bis stop ga nemu2. tadi wkt brgkt berasa deket gr2 kita ga bawa kantung sinterklas + mampir2 ke mall, sekaraaaangg??? huaaaaaa.. kaki ini rasanya kayak ga kepake. kita jalan udh ngalahin long march nya prajurit siliwangi de kyknya. mungkin kalo diukur2 kayak jalan dari semanggi ke bundaran HI kali yah. udh gt pake acara turun naik jembatan penyebrangan. huaaaaa.. bnr2 kangen Indonesia dimana kita bisa nyetop bis dimana aja. sampe di halte, kita nunggu2 bis no 15 ini g dateng2. kita sampe takut jangan sampe bis ini udah abis trus kita g bs pulang. akhirnya maen tebak2an, dari antara orang2 di halte ini, siapa yg kira2 dr mukanya bisa bahasa inggris. tapi tebak2an ini blom sempet di-eksekusi, bis no 15 udh dateng. bis yg dateng kali ini g ada tulisan background birunya. jadi bayar de. harganya 7 baht per org.

kondektur disana bawa2 kayak tabung yg agak2 elips gt. tabung ini panjang kira2 30 cm dari kayu. buat apa? buat tempat uang. jadi yah bisa anda bayangkanlah ya klo kita ga bayar, dijamin tabung itu lgs beralih fungsi jadi alat getok. wkwkwk. bis 15 ini ga brenti di depan khao san road tapi di jalan gedenya tempat kadin terletak. kadin singkatan dari KW Dinas. mksdnya bencong2 yg lagi mangkal gt. keren kan patokannya? *sigh* dari tempat kadin, kita jalan lurus trus nyebrang. udh de trus jalan terus sampe nemu khao san road. sampe di hotel sekitar jam setengah 12an dan sumpe deee ini kaki rasanya lemah lunglai tak berdaya. udah kaki berasa g kepake, badan juga berasa kayak abis digebukin 20 orang. walopun kita2 pada capek, tapi rasanya seneng + sedih juga si gara2 ini malem terakhir di bangkok. besok harus terbang ke phuket. huaaa sedihnyooooo... jadi daripada sedih, mending kita buka aja ini:
duren bangkok. harga sekitar 85-100 baht
keliatannya emang cuma dua, tapi daging durennya bisa dimakan 1 kelurahan. huahahahahaha.. lebay banget. dah ah setan2an makanannya.. takut digaplok sama anda2 semua. wkwk. bobo yah yah yah..
besok kita cari2 lagi.. hihi


to be continued..
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar