Selasa, 15 Agustus 2017

Cara Mengetahui Ovulasi dan Kehamilan Tanpa Testpack

Gimana judul blog gw? menjanjikan ga kedengerannya? hahahahaha... πŸ˜›
jadi begini ya, Buat anda-anda para wanita yg lagi program hamil, yang selalu galau menjelang waktu menstruasi antara hamil ato ga, info ini bisa membantu anda. bukan termasuk info baru si tapi blom banyak yg tau juga setiap gw share sm temen. 

gw adalah orang yang suka experimen dan riset terutama untuk hal-hal yg berbau anatomi tubuh manusia dan cara kerjanya. walopun gw ini berlatar belakang IT, namun sejujurnyaaaaaaa.. IT itu ga menarik sama sekali buat gw 😭 hahahaha. okay, kembali ke topik utama, jangan curhat!!
Akhir2 ini gw lagi banyak membaca tentang kesuburan, kehamilan dan hal2 seputar itu
karena gw memang sedang dalam season mencoba untuk hamil. caranya tentunya ga bakal ditulis disini secara rinci karena kalo gw tulis bakal jd blog 18+. Nah, yang mau gw jabarkan disini adalah gimana si caranya tau hamil ato ga bahkan sebelum telat haid juga udah tau. emang bisa? bisa banget😎
caranya adalah dengan mengukur suhu basal tubuh
Suhu basal tubuh adalah suhu terendah yang dicapai tubuh selama istirahat/dalam keadaan tidur. 
agak ribet si emang metode ini. tapi sejauh ini, metode ini yg paling akurat drpd gejala2 hamil seperti: payudara kencang dan sensitif, pusing, mual/muntah, badan agak panas, sering pipis, kram perut, sakit punggung, dll. oke, gw cerita sedikit ya. waktu itu pernah semua gejala di atas gw alami trus ga mens juga. cobain ah testpack. waktu gw tes, eh negatif mlulu. sampe 3x gw tes. orang-orang bilangnya sih bisa gt kalo kadar hormon hcg nya masi rendah. oke de gw tunggu aja. eh tepat 6 hari setelah telat, bocorlaaah itu darah sebocor2 mungkin. bulan-bulan seterusnya juga gw selalu merasakan tanda2 itu setiap mau mens. jadi mulai dari saat itu, gw memutuskan I don't give a f*ck to those signs anymore!! 😠
hahaha.. barisan sakit ati banget. 
sekarang gw bakal jelasin gmn caranya ngukur suhu basal tubuh:  (bukan sulap, bukan sihir)
  1.  Suhu diukur pada waktu yang hampir sama setiap pagi,di tempat yg sama, sebelum bangun dari tempat tidur. Alarm gw selalu nyala jam 05:00 (rombongan kereta sejati). jadi begitu alarm nyala, kerja ato ga kerja, yg pertama gw ambil adalah termometer kemudian ditaro di mulut, di bawah lidah, di ujung sebelah kanan atau kiri. harus konsisten ya. kalo di kanan, y kanan terus, jangan hari ini kanan, besok kiri. termometernya kalo bisa dapet termometer suhu basal ya bagus tapi kalo gw pake termometer digital biasa. kelebihannya ga ribet dan buat gw, yg suka ketiduran klo lg ngukur suhu, adalah termometer digital ini bakal bunyi kalo dy udh nemu suhu fix nya berapa. jadi pasti bangun lagi buat ngeliatin.
  2. Catat suhu dan gunakan catatan suhu di 10 hari pertama dari siklus haid untuk membandingkan suhu tertinggi saat kondisi tubuh normal dan tidak sedang sakit. Abaikan jika suhu tinggi disebabkan oleh demam atau gangguan lain seperti kurang tidur,dll. Tarik garis pada 0,05–0,1 derajat celcius di atas suhu tertinggi dari suhu 10 hari tersebut. Garis ini disebut garis pelindung (cover line) atau garis suhu. Nah kalo ga ngerti poin kedua, pake aja app fertility friend ato fftracker kayak gw. kita cukup masukin suhu harian dan tanda2 apa aja yg kita alami, tar dy yg bikin sendiri grafik, garis ovulasi dan cover line nya.
    trus gimana bacanya?
    perlu gw tekankan disini bahwasanya setiap manusia itu unik dan suhu normal manusia juga bervariasi. jadi, ini cm contoh aja. gw copy dulu dari artikel yg gw baca, untuk anda2 yg memilih utk ngukur manual dan ga pake aplikasi.



  1. Periode tidak subur dimulai pada sore hari, setelah tiga hari berturut-turut suhu tubuh berada di atas garis pelindung.
  2. Jika salah satu dari 3 suhu berada di bawah garis pelindung (cover line) selama 3 hari, kemungkinan tanda ovulasi belum terjadi.
  3. Suhu saat terjadi ovulasi biasanya lebih rendah dibanding suhu saat menstruasi.
  4. Suhu saat menstruasi sebesar 36.00 derajat celcius, terjadi selama 8 hari.
  5. Suhu setelah menstruasi berkisar antara 36.1-36.3 derajat celcius.
  6. Suhu saat ovulasi, biasanya 35.8 derajat celcius.
  7. Suhu setelah ovulasi, biasanya 36.4-36.7 derajat celcius.
  8. Jika suhu setelah ovulasi bertahan di angka 36.4-36.7 derajat celcius selama 18 hari, dan melewati tanggal menstruasi, mungkin saja Anda hamil.
  9. Tapi bila suhu setelah ovulasi tinggi, lalu esoknya drop ke suhu sebelum ovulasi 36.1-36.3, berarti anda akan menstruasi dan belum hamil

  10. nah ini adalah contoh dari artikel. sekali lagi gw tekankan bahwa tubuh manusia itu beda2 satu dengan yg lain. jd belum tentu patokan suhu itu benar. kalo gw si ambil kesimpulannya:
    1. suhu saat ovulasi itu biasanya bakal drop lebih rendah dr suhu menstruasi
    2. suhu setelah ovulasi itu akan lebih tinggi dari suhu menstruasi dan suhu normal.
    3. jika suhu tetap tinggi di atas coverline selama 18 hari(sampe telat haid), kemungkinan hamil tinggi
    4. tapi ketika suhu tinggi kemudian mulai turun dan drop ke suhu normal atau suhu saat menstruasi, brarti saatnya berbesar hati menanti kebocoran. haha.
     Untuk contohnya, mari kita lihat grafik gw:
    grafik di atas adalah grafik yg belum komplit karena belom 1 cycle dari mens bulan lalu ke setelahnya. selain suhu badan, gw juga pake metode cervical mucus atau lendir vagina. caranya bisa liat di celana ato di tissue setiap abis pipis. ada juga si yg pake masukin jari tapi... agak aneh ga si? haha. gw serem si jadi y udah di tissue aja.
    kotak2 merah menandakan ketika gw menstruasi. biasanya selama 7 hari dimana 3 hari darah mengalir deras, 4 hari tinggal flek2.
    garis horizontal adalah cover line, garis vertikal menandakan waktunya ovulasi. ketika cervical mucus(cm) mulai menunjukkan bentuk seperti putih telur dan bs kita tarik sampe 10 cm ga putus, artinya kita sudah mulai masuk masa subur(liat kotak2 warna ijo). ovulasi terjadi di hari terakhir cairan kita berupa putih telur dan biasanya suhu basal akan drop lebih rendah dr suhu masa subur. cm disini gw ada kesalahan. waktu itu gw kebangun(ga tau jam brp) untuk pipis. trus gw ukur de dan muncullah 36,3. abis tidur lagi trus kebangun jam 5, ngukur, eh 36,5 juga. ternyata yg dijadiin patokan ttp yg 36,5. jadi kalo malem2 kebangun, tidur lagi aja. ukurnya tetep di jam yg sama. dan jangan sering kebangun, biar akurat.  setelah ovulasi, mulailah suhu badan naik lbh tinggi dan disinilah biasanya kegalauan dimulai.

    tadinya gw mulai ge-er karena suhu naik terus sampe 9 hari setelah ovulasi. kemudian ini yg terjadi..
    grafik gw mulai cenderung turun di hari ke 10 setelah ovulasi, dan turun terus sampe tepat 28 hari siklus menstruasi, suhunya ada di bawah cover line yaitu 36,5. ya udah de tinggal nunggu aja. besoknya suhu badan gw 36,4. sama persis sm suhu badan waktu mens. jadi tau de kalo hari itu bakalan mens. eh, bener siang2nya dapet.πŸ˜₯

    jadi menurut gw, dengan suhu basal ini, bisa meminimalisasi drama dan kegalauan menjelang menstruasi karena sebelum telat mens pun kita udh tau bakalan hamil ato ga. Ribet si iya tapi ya namanya usaha daripada tebak2an ga jelas, rempong beli testpack, galau, curhat sana sini, ya mending kyk gini sih kalo gw. yang perlu diinget itu ya setiap manusia suhunya beda. ada yg suhu normalnya 36-36,3, tapi ada juga yg 36,3-36,5 kayak gw. ovulasi juga gt. rata2 ovulasi itu terjadi 14 hari sebelum menstruasi berikutnya atau 14 hari setelah hari pertama haid terakhir kalo siklusnya 28 hari. Tapi badan manusia itu bukan robot yg pasti sama siklus dan suhunya. kadang ovulasi bisa terjadi di hari ke-12,15,17 bahkan ada yg 20 tergantung siklus bulan itu. jadi, jangan males merhatiin badannya sendiri ya. dimana ada usaha, disitu ada jalan. πŸ’ͺ Yang penting kita sudah berusaha, selebihnya Tuhan yg menentukan. hehe. Usahanya jangan lupa lho ya. Jangan ngukur suhu tubuh doang. ingaaaaatttt.. anda tidak akan hamil hanya dengan memandang termometer!!! πŸ˜†

    bagi yg mau tanya2 boleh. cuma jangan tanya tips n trik ya. soalnya belom ada pembuktian keberhasilannya ni πŸ˜… jadi masih trial n error. hahaha. nanti kalo udah ada pencapaiannya, gw pasti share untuk kalian semua.

    selamat mencoba 😁

    1 komentar: