Selasa, 17 Oktober 2017

Program Hamil Iche - PART 1

Setelah 5 bulan mencoba, finally, it works!! 😁

Gw nikah emg udh 6 bulan tp emg nunda 1 bulan krn abis vaksin gardacil buat mencegah kanker serviks. Gw udh janji sm Tuhan kalo gw berhasil hamil, gw bakal share gmn prosesnya ke temen2. Tenaaaangg ga ada konten porno disini. Haha. 

Bisa dibilang pengalaman gw belajar sampai hamil adalah perjalanan bagaimana Tuhan menunjukkan kemahakuasaanNya. Tenang ini bukan blog kristen kok😄 gw cm mw mengubah pola pikir anda. Apapun agamanya bisa diterapkan.

Gw adalah org yg suka riset ttg hal2 kesehatan. Jd gw riset semua ttg fertility. Gw merasa tau semuanya. Bahkan gw lebih tau drpd temen2 yg promil ke dokter krn dokternya ga jelasin ini itu. Setiap gagal hamil, gw selalu evaluasi bagian mana yg salah. Sampai suatu waktu,
gw ga tau salahnya dimana. Cukup bikin frustasi si. sampai akhirnya gw blg
"okay Lord. I'm done doing it my way. Let's do it Your way."

Gw merasa Tuhan selama ini liatin gw yg berusaha sendiri, mengandalkan ilmu pengetahuan sendiri sampai gw lupa klo manusia boleh berencana tp Tuhanlah yg menentukan. Sejak saat gw nyerah dan mau nurut sm kehendak Tuhan, saat itulah Dia tunjukin apa yg perlu diperbaiki. Gw sadar selama ini gw cuma baca ini itu tapi gw ga nyiapin badan dan pikiran sebagai tanah yg subur buat benih itu tertanam.

Setelah momen sadar diri, ya tetep ga langsung jadi juga. I was about to give up. Apalagi ngukur suhu2an. Rasanya males dan sia-sia. Tp ada suara di dlm yg bilang 
"coba lagi, che. mungkin cm butuh sekali lagi mencoba." 
Ya udh de lanjutin dulu ngukur suhu basal. sambil terus berdoa ya Tuhan klo emg gw hamil dan blom tau, please kasi gw sign lbh awal supaya tau. And He did it.

Sebelumnya, perlu gw jelasin dulu klo manusia itu terdiri dari 3 bagian: mind-body-spirit. Jadi seseorang itu dikatakan sehat secara utuh jika mind-body-spiritnya sehat semua. Blog ini akan dibagi jadi 2 bagian ya. Di sesi ini tentang mind and spirit. Next kita bahas hal2 jasmani. Kenapa mind-spirit dulu?
Karena apa yg kita pikirkan dan kita rasakan jauh lebih penting drpd sekedar nyiapin tubuh jasmani kita. Selain itu, mengubah paradigma lebih sulit dilakukan drpd sekedar mengubah pola makan. 😁

Berikut adalah langkah2 yg diperlukan utk memperbaiki pola pikir kita terhadap fertility:

1. Have a faith in God

Pray pray pray. Doa itu mendekatkan hubungan kita dng Tuhan. Gw ga lagi berdoa mau hamil, mau hamil tapi gw bilang sama Tuhan, "Tuhan, Engkau tau aku pengen hamil tp Tuhan yg tau kapan waktu yg tepat. Jd terserah Tuhan aja kapan waktunya. Yang jelas aku ga mau sampe harus periksa ke dokter, promil di dokter,dsb. Aku mau dng cara yg alami dari sel telurku dan sperma suamiku."
Dengan tipe doa seperti ini, hidup gw jd lebih ringan. Iman gw ke Tuhan lebih bertumbuh dan gw jd orang yg lebih pasrah dan berserah. Jangan pernah ngarep sm dokter dan promil apapun. Periksa ke dokter atau ikut program dokter boleh. Tapi harus diinget, kita hanya bisa membeli usahanya, tapi kita tidak bisa membeli kehamilan. Jadi berharaplah hanya pada Tuhan dan sampaikanlah permohonanmu kepadaNya dengan detail disertai dengan ucapan syukur. Lakuin apa yg anda perlu lakukan untuk mendekatkan diri dengan Tuhan. Sebenernya kami berencana klo bulan oktober ini blom hamil juga, kami mau cek ke dokter. Tapi Tuhan adalah Tuhan yg menjawab doa jauh melebihi apa yang kita harapkan. Sebelum kami ke dokter, gw udah hamil. Praise The Lord.

2.Have a positive mind

Apa yg dunia katakan kepada kesuburanmu? Endometrium, pcos, kista, myom, blocked fallopian tube, sel telur kecil2, sel sperma abnormal, umur udah banyak, unexplained fertility? 
Jangan peduliin apa kata orang, peduliin aja apa yang Tuhan katakan tentang hidupmu. Berhenti mengingatkan diri anda akan kelemahan2 yg anda derita dan gantilah dng pemikiran,"Tuhanku adalah Tuhan yg melakukan hal2 yg tidak mungkin. Apa yg tdk mungkin bagi manusia, mungkin bagi Tuhan asal Dia mau melakukanNya."
Bukan berarti trus penyakitnya ga diobatin ya😅 diobatin tetep tapi terus perkatakan hal2 ini kepada diri anda. Gw sendiri punya beberapa kertas hasil ngeprint sendiri yang isinya kalimat2 positif. Gw tempel di dinding deket lemari baju supaya gampang dibaca. 
Mereka inilah salah satu bantuan gw untuk selalu berpikiran positif. Salah satu pikiran gw yg paling mengganggu dulu adalah "jangan2 gr2 gw naik kereta, lari2 ngejar kereta, capek, jadinya klo ada pembuahan jadi ga nempel trus ga hamil2 deh" 
Untuk mengatasi pikiran ini, ganti dengan kata2,"kalo udah waktunya nempel,ya nempel aja. Mw lagi naik kereta,pesawat,motor,bajaj, ya tetep aja nempel." Baca2 success story orang2 juga bisa membangkitkan pengharapan lho. 😉 Selain itu, gw punya kebiasaan kalo pas masa subur abis 'bikin PR', gw membayangkan perjalanan sel sperma nyari sel telor, mereka ketemu, berbuah dan akhirnya nempel. nonton aja di youtube trus bayangin itu terjadi di rahimmu. berharap kan ga bayar. yang penting ngarepnya jangan ngotot dan maksa2 Tuhan. lemesin aja shaay 😝
Bless yourself, do not curse!!

3. Be happy

Salah satu nasehat terakbar utk promil adalah: Jangan stress. 
Yup. It is absolutely true. Stres itu menghasilkan hormon kortisol yg berdampak negatif bagi tubuh. Usahakanlah ketenangan dan kebahagiaan hidup. jangan pernah berpikir ketika kita punya anak, baru kita bisa bahagia. Kebahagiaan kita tdk tergantung dr lingkungan sekitar tetapi dari keputusan kita untuk memilih bahagia atau tidak. kadang stres itu bukan cuma berkutat masalah pekerjaan tapi bisa juga tanpa sadar, kita ngotot bgt pengen hamil. apalagi lihat orang-orang yang nikah belakangan, udah pada hamil. bahkan udah anak kedua. Inget yaaa.. semua orang punya perjuangannya masing-masing. Dan punya anak itu bukan suatu lomba cepet2an berpacu dengan lingkungan dan umur. kalo stres tiba2 menyerang, selalu inget "kalo mau hamil, ga boleh stres" kemudian ambil napas panjang beberapa kali supaya lebih tenang dan kembali ke poin 1 dan 2

4. Have a good relationship with your spouse. 

Kerukunan suami istri adalah kunci berkat rumah tangga.  Kalo sekarang belom punya anak atau salah satu dari suami/istri divonis dokter sebagai penyebab ketidaksuburan, jangan saling menyalahkan. tapi berkatilah satu sama lain. berkati sel telurmu sebagai sel yg sehat, berkati sel sperma suamimu juga sebagai sel yang sehat. Apapun vonis dokter, selama Tuhan menghendaki dan ada pertemuan antara sel telur dan sperma, kehamilan itu selalu mungkin terjadi.

5. Keep doing what you need to do

Gw pernah denger khotbah dari Ps. Rich Wilkerson, dan dia bilang "Waiting season doesn't have to be a wasted season. Just because you're delayed, it doesn't mean you're denied." Jangan sampe pikiran dan kehidupan kita tersita dengan "NGEBET MAU HAMIL". tapi tetap lakukan apa yg Tuhan kehendaki dalam hidupmu. Cari dan genapilah apa yg menjadi tujuan hidupmu dan jangan lupa lakukan PR kita buat nyiapin badan sebagai tanah yang subur. tunjukkan ke Tuhan seberapa rajin dan sungguh-sungguh, anda berusaha menjaga kesehatan untuk mengembalikan kesuburan. Ketika Tuhan melihat usaha anda dan bagaimana anda menjalani hidup dengan bahagia dan melakukan kehendakNya, tiba-tiba, tanpa anda sadari, anda sudah hamil.

sebelum tes pake testpack, gw ada firasat kalo hamil. bukan karena tanda2 hamil yg biasa ada di internet itu. tapi: 
1. suhu basal tubuh gw naik terus. caranya pernah gw jelasin disini.
2. waktu di gereja, gw dapet ayat mazmur 66:20, "terpujilah Allah yang tidak menolak doaku dan tidak menjauhkan kasih setiaNya dari padaku.". jadi gw sempat berpikir Tuhan telah mengabulkan doa gw selama ini.
3. Ada dorongan untuk tes pake testpack. waktu itu hari kamis, gw tes masi negatif. emang belom telat. sabtu gw tes lagi. hari sabtu adalah sehari sebelum jadwal mens gw seharusnya. masi positif samar. hari selasa setelah telat 3 hari, gw coba dan udah jelas. gw sengaja pake 3 merk testpack untuk perbandingan. dan semua hasilnya udah jelas.


gw selalu membayangkan ketika nanti liat testpack positif, gw bakal nangis terharu. namun sesungguhnya momen terharu memegang tespek sambil pelukan sm suami hanya ada di iklan TV. Di dunia nyata, gw bengong aja trus gw bilang,"kayaknya hamil ni"
Dia juga bengong trus nanya, "yg km pipisin yg seblah mana?"
ternyata dy mw pegang testpacknya. 😂😂😂😂 suasana yang sungguh 'romantis'. 😂😂😂

Okay, so this is part 1. part 2 kita bahas soal diet, olahraga dan sex ya. 
Thanks for reading this blog. I hope you learn something 😉

1 komentar: