Selasa, 17 Oktober 2017

Program Hamil Iche - PART 2

Hello again..

Kalo anda belom baca part 1, gw sangat menyarankan untuk baca part 1 dulu sebelum part 2. Karena seperti yg gw udah bilang apa yg kita pikirkan itu jauh lebih penting drpd hal-hal yang kita usahakan secara jasmani.

Disini gw akan bahas gmn caranya nyiapin badan supaya kehamilan bs terjadi. Seperti tadi yg gw bilang, ibaratkan badan kita ini tanah. Supaya benih bs tumbuh, kita harus punya tanah yg subur kan? Begitu jg dengan badan kita. Badan kita perlu dipersiapkan supaya benih ini bisa tumbuh. Ibaratnya kalo kita mau nerima berkat dr Tuhan, ya kita harus siapin diri untuk menerimanya. Gw disini bukannya udah ahli tapi gw cm mau sharing hasil baca artikel2 yang super banyak, dikasih tips sana sini, hasil experimen diri sendiri yang membantu gw berhasil untuk hamil. jadi kalo ini emang membantu gw, kenapa ga gw sharing?
semua yang gw sharing disini harus dilakukan dengan rajin dan sungguh2 ya. kalo bahasa inggrisnya itu perseverance. jadi, dilakuin terus menerus walopun susah dan harus nunggu untuk mencapai suatu tujuan.

nah, langkah -langkahnyaaa adalah:



1. Vaksin pranikah 


kalo udah terlanjur nikah, gpp. cari waktu aja. tapi ini harus!! sebelum nikah, gw vaksin semua dari hepatitis 3x, mmr(rubella,campak jerman) 2x, gardacil(utk kanker serviks) 3x, tetanus sama vaksin buat penyakit gondongan apa ya. lupa gw. kalo blom pernah kena cacar air, sebaiknya vaksin juga. karena ketika kita hamil, kalo kena penyakit itu, dampaknya akan lebih bahaya ke janin drpd ke emaknya. semua itu mungkin abisnya sekitar 5 - 6 juta. mahal? ga sama sekali. 
apalah arti duit 6 juta dibandingkan dengan keguguran gara2 virus, kena kanker, anak lahir cacat?
lagian beli hp harga 6 juta mampu kan? bisa tahan brp lama hp jaman sekarang? paling lama 3-4 taun. sedangkan vaksin ini bisa melindungi anda sampe 10 tahun. jadi nabung de buat vaksin. 

2. Berhenti merokok, minuman beralkohol dan batasi konsumsi kafein.


Merokok udah pasti ga baik buat suami juga istri. minuman dan makanan beralkohol juga sebaiknya dihindari dulu kayak tape, duren, dll. kafein dlm hal ini untuk kopi, pria mungkin cuma segelas  aja sehari sekitar 300ml, kalo cewek sebaiknya stop. kafein ga cuma ada di kopi lho. ada juga di coklat dan teh. jadi ati-ati banget.

3.Diet dan Olahraga


Diet yg gw maksud disini bukan pola makan sok kurus tapi pola makan sehat yang sangat wajib hukumnya kalo mau hamil. boleh dibilang sekarang bukanlah waktu yg tepat untuk menguruskan badan dengan diet ga bener. kenapa? karena badan butuh energi buat bikin sel telur. kalo kita diet bikin defisit kalori, makan cuma protein tanpa lemak dan karbo, badan kita jadi malnutrisi dan berusaha sekuat tenaga untuk survive dengan menghemat energi. males deh dia bikin sel telur.
Olahraga wajib dilakukan baik suami maupun istri. untuk suami bisa memperbaiki kualitas sperma, untuk istri bisa merangsang ovulasi asal olahraganya ga lebay. 3-4x seminggu selama 30 menit udah cukup. kalo ga sempet, coba aja lebih aktif bergerak.
berat badan ideal juga wajib hukumnya. 
kekurusan: BMI < 18,5
healthy: BMI 18,5-24,9
overweight: BMI 25-29,9
obese: BMI > 30
Kalo anda termasuk kategori kekurusan, naikin berat badan dengan pola makan yg sehat. overweight dan obese, turunin berat dengan pola makan yg sehat. kalo anda mikir, ah ada tu temen gw gendut, hamil2 aja. okelah dia hamil, tapi anda gmn? hamil ga? mungkin dia beda tapi anda emang perlu usaha ekstra. jangan males buat usaha. mungkin tanah dy emg udah subur dr sananya tapi anda mungkin merusak kesuburan anda dengan pola hidup yg buruk. jadi inilah saatnya untuk memperbaiki. patokan pola makan gw ada di artikel ini .artikel itu menjelaskan secara detail apa kebutuhan badan kita di setiap fase, apa yg perlu kita konsumsi dan apa yg perlu kita hindari. Wanita mempunyai 4 fase reproduksi setiap bulan:

- menstruasi. 
merupakan hari pertama setiap siklus dimana kita akan kehilangan sejumlah darah. oleh karena itu, kita butuh zat besi, protein dan vit c untuk memudahkan penyerapan zat besi. olahragalah secukupnya. don't push yourself too hard terutama di hari pertama dan kedua. 

- follicular 
masa sesudah menstruasi dan persiapan menuju masa subur. disini level estrogen kita bertambah jadi makanlah makanan yg berkuntum kyk brokoli, kembang kol dan makanan mengandung vit e.
biasanya gw bakalan load buanyak sayuran disini buat bahan baku sel telur. olahraga juga teratur masih bebas olahraga apa aja.

- ovulasi
inilah saat keemasan kita dimana sel telur keluar dr sangkarnya. disini pola makan alkali diperlukan. kenapa? karena sperma itu lebih lama hidup dlm lingkungan yang bersifat basa. karena miss V kita itu sifatnya asam, jadi pola makan alkali diperlukan. gugling aja ya. selain itu juga perlu zinc, vit c, vit b, omega 3. kalo bisa jangan dlm bentuk suplemen tapi makanan aja. gw biasanya bantu dengan minum cold-pressed juice disini supaya ph badan bisa cenderung basa. tau ga kalo di miss v kita itu ada sekumpulan sel darah putih yang siap menyerang setiap benda asing(termasuk sperma) yang masuk? pada saat ovulasi, badan kita itu sengaja menurunkan imun tubuh supaya sel darah putih ga terlalu agresif. dengan membuat badan cenderung basa, sistem imun tubuh juga ga bakal terlalu gencar nyerang jadi para 'pasukan' bisa lebih bebas.  makanya pas mau mens, biasanya kita suka gampang sakit. inilah sebabnya.

- luteal
ini adalah masa menunggu. tandanya suhu basal badan meningkat untuk menjaga kondisi sel telur yg udah keluar. yah kayak telor ayam aja gt dah kan perlu diangetin biar netes. Dari masa ovulasi, ada atau tidak ada pembuahan, sel telur akan jalan menyusuri tuba fallopi selama kurang lebih 10 hari. kemudian dia akan implant di rahim kalo berhasil nempel. kalo ga berhasil, ya jadi mens. sejak hari ovulasi sampai 3-5 hari ke depan, makan nanas matang sebatang2nya yg di tengah. kandungan batang intinya nanas itu bisa bikin dinding rahim menebal sehingga membantu proses implantasi. di fase ini juga bantu dengan makan makanan yg mengandung beta karotene(yg warna oren) kyk wortel, ubi, pepaya, labu,dll. selain itu, makan yang anget2 dulu. jangan makan makanan mentah karena takutnya ada bakteri nyelip yg mengganggu pembuahan.

gw pernah baca tentang pengobatan cina yang menyebutkan tentang kondisi rahim yg dingin. kondisi rahim dingin ini biasanya dipunyai wanita yang suka makan makanan mentah dan suka makan makanan dingin. gw curiga kalo rahim gw dingin. karena gw suka makan makanan yg dingin, penggemar raw food, ga suka mandi air anget, ga terlalu suka minuman anget juga. waktu gw baca tentang rahim dingin, cara mengatasinya adalah dengan makan dan minum yg anget, mandi air anget dan tidur pake kaos kaki. percayalaaaaahhh.. gw lakuin semuanya. haha.
setelah ovulasi, pilih olahraga yg low impact seperti jalan cepet, jogging santai (jangan gempur terus sprint,marathon), aerobik jangan yg loncat2 bgt. gw biasanya cm jalan cepet, jogging, yoga dan pilates. gw sendiri ngelakuin yoga fertility. caranya bisa dilihat disini ato cari di youtube aja.
Untuk detail makanan per fase, boleh dilihat di artikel aja ya. Untuk setiap fase si gw selalu minum asam folat 400mcg dan vit e 250 IU tiap hari. bentuknya seperti ini:

,konsumsi 1/2-1 sdt bee pollen dan 1 sdt maca powder dicampur ke juice selama masa subur (untuk suami istri), mengurangi gula (dalam bentuk makanan dan minuman manis, nasi putih, makanan ber-tepung putih) dan berusaha gluten free(tepung terigu dan segala sesuatu yg mengandung gandum). gula bukan cm dlm bentuk gula tapi ada juga di dlm karbohidrat. gula akan menaikkan level insulin. level insulin yang tinggi, mengganggu kesuburan. pilih aja karbohidrat yang baik misalnya ubi, kentang, jagung dan nasi merah/coklat/item. gluten sifatnya mengganggu penyerapan nutrisi dlm tubuh. percuma kaaaan minum ini itu kalo abis itu ga keserap juga? gluten juga sering jadi penyebab unexplained fertility. jadi ya ga ada salahnya kan dicoba? anggep aja puasa. hehe.
Untuk suami, gw kasi vitamin surbex z yg diminum tiap hari juga. bentuknya kayak gini:

dan semangka. ada penelitian yang menyebutkan kalo pria yg rajin makan semangka, kualitas sperma nya meningkat dengan baik. selain itu, banyak makan sayur juga. apa yang gw makan, dy juga makan biar gampang ya, ibu-ibu. kerang si katanya juga bagus buat cowok tetapi mengingat laut jakarta yang sangat sangat tercemar, I won't take that risk.
protein untuk cewek pilih yg mudah cerna seperti telur dan kacang2an. ayam kalo bisa pilih ayam kampung,organik atau pejantan, ikan juga boleh tapi kurangi daging merah. daging merah adalah protein sulit cerna. jangan abisin energi cuma buat cerna makanan. kalo buat cowok, perbanyak protein(daging-dagingan,kacang,ayam,ikan) tapi imbangi juga dengan sayuran.
  
4. Pola Tidur


Tidur harus cukup yaitu sekitar 8 jam sehari. Ini penting banget buat memperbaiki kualitas sperma dan sel telur. kalo lagi capek, spermanya ga bagus juga si. untuk cewek juga sama, badan kerja ekstra keras juga jadi backup sana sini klo kita kurang istirahat. jadi usahakan istirahat yang cukup.
 
5. Aware dengan setiap tanda2 tubuh.
Ketahui kapan masa subur, ovulasi dan catat jadwal mens dengan baik. kalo mens ga teratur seperti 2-3 bulan sekali, konsultasikan dengan dokter. normalnya wanita itu setiap bulan mengalami menstruasi kecuali anda mendekati menopause. masa subur biasa ditandai dengan toket rasanya kencang, kram perut, cairan miss v berupa putih telor yg bisa stretch sampe 10cm ga putus. gw sendiri bantu pake ovutest dan termometer digital biasa. 


biasanya ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sejak hari pertama menstruasi. kmrn waktu malem sebelum ovulasi, perut kiri gw rasanya kram pegel sampai ke miss v sampe mau jalan rada susah gara2 keram. gw pernah kyk gini sebelumnya dan waktu itu gw besoknya ovulasi. tau darimana? suhu basal tubuh. cara ngukurnya disini .Abis ovulasi, biasanya suhu basal badan meningkat dan cairan miss v putih telur itu udh ga ada. gw sendiri pake 3 aplikasi tapi yg paling akurat adalah fertilityfriend yang gw pake buat ngukur suhu. selain itu gw pake clue dan ovia. 

Ini dari fertility friend. Di grafik bulan juli dan agustus, keliatan trennya sama. Naik di hari ke 9, lalu turun konstan. Kalo pagi, pas ngukur, suhu kita sama dengan suhu pas mens bulan lalu, sudah dpt dipastikan hari itu bakalan mens. Jangan pake baju yang terang๐Ÿ˜„ nah grafik bulan september, trennya beda. Gw udah curiga ni jangan2 hamil dan ternyata bener. Ya itulah gmn dahsyatnya Tuhan menciptakan badan kita.

6. Sex


Nah, ini dia jangan dilupakan. gw tau biasanya suami istri yang hidup di kota metropolitan biasanya udah terlalu lelah ya buat bikin anak. tapi ya harus tetep diusahakan. usahakan hubungan sex tiap 2-3 hari sekali sejak selesai menstruasi. waktu ovulasi wajib hukumnya bikin PR. Kenapa? Karena sel telur kita umurnya cm 12-24 jam. Kalo sperma sih bisa tahan antara 3-7 hari di dlm rahim. jadi misal ovulasi di hari 15, itungin aja mulainya hubungan brarti di hari ke 9,11,13,15,17,19. mau dilanjut 2 hari sekali boleh, mau brenti sampe selesai ovulasi juga gpp. yang penting kualitasnya, bukan kuantitas. kalo bisa si jangan tiap hari ya tar spermanya ga mateng-mateng. sehari juga sekali aja. intinya jangan sering2 buang sperma dan jangan disimpen terlalu lama juga. sperma lebih dr 4 hari biasanya udah melemah. makanya rumah sakit biasanya ga mau terima sperma yg lebih dr 4 hari kalo mau tes sperma. waktu hubungan, jangan pikirin "jadi ga ya, jadi ga ya". tapi nikmati aja. ga usah pikirin apapun. fokus aja gitu2an. masa subur cowok biasanya pagi hari. kalo sempet pagi, lakukan pagi hari. kalo ga sempet, bisa siang ato malam. Hal yg perlu diperhatikan adalah jangan terlalu capek aja seharian biar masi ada energi buat bertempur. abis selesai 'bertempur', jangan langsung dicabut. diemin aja sampe lemes dan keluar sendiri (you know what I mean๐Ÿ˜œ). abis itu, cewek nungging seperti posisi sujud selama 15-20 menit. abis itu, tiduran aja sekitar 30 menit sambil bagian panggul diganjel. jangan terlalu tinggi ya ganjelnya, maksimal naik 5 cm aja. udah de abis itu tidur aja. kalo mau bebersih, tunggu sejam tiduran deh. sel sperma tercepat akan menuju sel telur dlm waktu 45 menit. kalo yang jalannya sante2, mungkin butuh seharian. selalu ingat kalo dari berjuta2 sperma yang masuk, tetep cuma 1 yang bakal membuahi. kalo ada yang ngalir2 dikit dr miss v, jangan kuatir. itu biasanya cuma cairan pengangkutnya dan sejumlah kecil sperma2 ga jelas yang males gerak.

Oke de gitu aja paling tips n triknya yaa. 
Ribet? Ga lah. Percayalah ngurus anak jauuhhh lebih ribet drpd gini doang. Jadi klo dlm hal2 kecil kayak gini aja kita bisa setia, Tuhan pasti kasi kita hal yg lebih lagi untuk dipercayakan ke kita. amiinn

Sekarang dia udah 5 minggu. Doain yaa semoga semuanya sehat dan lancar.
Oiya satu lagi nasehat: Jangan gampang percaya sama anjuran minum ini, minum itu. Buat apa makan kurma muda terus tapi pola makannya masi ga bener, olahraga juga males. Intinya jangan cm terpaku sama shortcut aja ya. Benerin badan secara keseluruhan aja. 
Semoga berhasil, teman2 ๐Ÿ˜Š


1 komentar: