Selasa, 19 Desember 2017

First Trimester - Skin care, Sports, Apps, Gentle Birth

Ga kerasa juga tiap minggu liat aplikasi, eh tiba2 udah jalan 14 minggu aja. artinya First Trimester sudah selesaaaaiii!! yaaaayyy!! 😁 

gw pake 4 aplikasi di hp: babycenter, pregnancy+, ovia pregnancy, dan teman bumil. Sejauh ini yg paling enak buat catet2 data kehamilan adalah ovia pregnancy. Klo yg lain sih buat nambah wawasan aja baca2 artikel

dulu awalnya tau hamil tu tanda2nya:
  • suhu basal tubuh naik terus
  • air ludah berasa lebih bnyk dr biasanya
  • kram perut yg intens tiap hari
  • lebih sering pipis dari biasanya
  • gusi lebih gampang berdarah
kalo masalah mual atau pusing sih ga karena kalo mau mens, gw juga suka mual sm pusing. flek juga ga ada. jadi jangan cepet percaya sm artikel di internet karena setiap kehamilan itu tandanya beda. Yang pasti, setiap wanita pasti ada feeling kalo hamil karena pasti ada yg beda dari biasanya (kecuali emg tipe wanita ga ngeh). waktu periksa hamil pertama kalinya, yaitu waktu usia kehamilan 5 minggu, gw dibilang ada kista 2 cm kemudian dokternya bilang akan diobservasi bulan depan apakah membesar atau ga. tapi dy bilang sih santai aja, klo itu membesar, sakitnya beda dari kram perut biasa. waktu gw baca di internet, ternyata emg ada yg namanya kista yg muncul akibat hormon hamil dan biasanya bakal mengecil sendiri. Kyk gini potonya: 
yang kyk tompel gede itu kista, yang kayak titik kecil itu embrionya
Puji Tuhan pas 12 minggu gw cek ke dokter lagi, dokter bilang udah ga ada kistanya. yaayyy.. Trimakasih, Tuhan Yesus. 😘 pantangannya paling ga boleh makan protein hewani mentah atau sayur mentah yg tdk terjamin kebersihannya, pengawet, msg, pewarna, junk food, makanan bakar2 yg sampe item2 kena arang.

begitu tau hamil, gw ga pake lagi semua kosmetik yg mengandung paraben dan pemutih. banyak sih bahan-bahan kosmetik yang ga boleh kalo lagi hamil di internet. gw sih pake skincare dari sensatia. 
bukan endorse
kalo make up sih gw pake yg biasa dipake aja kecuali lipstick. soalnya kalo lipstick kan kecenderungannya itu ikut kemakan ya dan kita ga tau itu aman apa ga. jadi gw memilih untuk pake klo lagi ke gereja atau kondangan aja. sekali lagi ini opini gw sendiri, kalo bumil lain mau pakai, silahkan aja asal udh dipastiin lipsticknya aman ya😁 sabun mandi gw pake yang ga ada pemutih. kalo shampo si pake yang biasa aja. parfum jarang2 juga sih dipake. klopun pengen dipake, semprotnya ke baju, ga ke kulit. Stretch mark oil gw udh pake dr 5 minggu dari wangsa jelita.
bukan endorse(lagi)
untuk cat rambut sih aman, tapi ada syaratnya. gw ambil dari sini
 1. Gunakan cat rambut yang aman, terutama bersifat alami (natural) tanpa zat kimia, seperti terbuat dari minyak zaitun.
2. Cari produk cat rambut yang memiliki izin resmi. Kendati keamananya pada wanita hamil tidak bisa dijamin, tapi legalitasnya tetap bisa dipertanggungjawabkan.
3. Hindari cat rambut yang mengandung Para Phenylenedediamine (PPD).
4. Pastikan usia kehamilan di atas lima bulan.
5. Periksa labelnya dengan teliti. Pastikan tidak ada larangan bagi wanita hamil.

dari artikel itu sih ditulis kalo bagian kulit kepala tuh paling gampang menyerap bahan-bahan kimia karena banyak pembuluh darah. kalo untuk cat kuku, hindari bahan toluene dan formalin.  kemudian waktu kita ngecat kuku atau rambut, usahakan berada di tempat terbuka supaya bahan2 kimianya ga kehirup. ribet? iya banget. hahaha. kalo gw sih ya, mending menghindari aja deh. selalu ada waktu buat kekinian kan ya? kalo udah dikasi kesempatan utk hamil sama Tuhan, mending kita manfaatkan sebaik2nya. 😁 

Denger2 dari ibu2 hamil yang udah duluan di dunia perhamilan, first trimester tu biasanya masa mabok2nya tapi gw kok ga ya. πŸ˜… cuma mual dikit2 kalo lg kelaperan dan telat makan. begitu dikasi makan, eh ilang mualnya πŸ˜… morning sick jg biasa aja.  kadang-kadang aja. nyium bau2 apa aja, gpp. sikat gigi juga gpp. anak ini dari janin udh baik bgt sm emaknya ya. ga bikin muntah sama sekali. anak baik 😁 kebalikan juga dari ibu2 yg pada ga doyan makan waktu trimester pertama, gw malah doyan makan bgt. kalo biasanya gw ga gt suka nasi, pas hamil ini jd anak nasi banget,kk. ya udh de makan nasinya selain nasi putih aja. jadinya pas 7 minggu, gw udh naik 2 kg aja. di saat ibu2 lain malah turun gr2 ga doyan makan, gw naik dng sukses. haha. tapi ternyata itu cuma bentuk penyesuaian tubuh, karena sampe jalan 12 minggu ya tetep aja masi segitu berat badannya. jadi ya aman2 aja. selama hamil, gw masih menjalankan food combining walopun kadang jg cheating2 dikit. yah namanya juga bumil, suka ga jelas pengen makan apa. sarapan tetep buah aja, makan protein hewani juga (sebelumnya jarang), sayur mentah gw hindari dulu karena keterbatasan waktu untuk beli yang organik dan mencuci dengan tepat dan cermat😁 minum juga gw usahain minimal 2,5 liter per hari. susu hamil ga minum karena gw ga merasa perlu. vitamin minum blackmores pregnancy + tambahan kalsium dari dokter. tadinya sih mau ga minum vitamin tapi gw sadar sebagai wanita bekerja yg rumahnya jauh, gw ga bisa optimal sediain makanan yg bisa mendukung tumbuh kembang janin. oleh karena itu, gw tambah dengan vitamin.
awal2 hamil paling suka kram2 perut kyk mau mens gt. klo udah gt biasanya gara2 kebanyakan jalan, berdiri atau duduk. jd emg mesti imbang pergerakannya. lalu lebih gampang capek juga dr biasanya. gw yang ga bisa diem ini jadi harus belajar untuk slow down. sekarang sih lebih seringnya pusing terutama kalo kurang tidur ato capek ato abis nunduk. pusingnya tu bisa ber-jam2. kalo udah gt, biasanya minum air aja, dikompresin lap dingin sm pak suami trus bobo deh.

Olahraga kalo pas sempet biasanya sih kalo weekdays gw aerobic atau pilates aja dr youtube. ada kok pilates buat per bulannya. karena gw udh pernah belajar pilates, jadi basic2 gerakannya udh tau dan lebih enak aja sih. klo yg pemula, mungkin gw lebih saranin untuk nyari guru aja biar aman. aerobic juga pilih buat ibu hamil per usia kehamilan ya biar sesuai. kalo sabtu/minggu, biasanya gw power walk sekitar 20-30 menit sama pak suami. yoga hamil sih biasanya setelah 5 bulan. di youtube sih ada, tapi lagi2 kalo pemula, mendingan cari guru aja ya drpd cedera. yoga itu walopun kyknya pelan tapi ini adalah olahraga dengan tingkat resiko cedera yg tinggi kalo anda sotoy ga pake guru. Jadi, sebelum olahraga, selalu cek ke dokter dulu gmn kondisi kehamilan anda, memungkinkan ato ga buat olahraga. kalo ga mungkin, jangan maksa ya. πŸ˜‰ selama olahraga juga jangan maksa. Capek ya istirahat. Pusing ya duduk dulu. Atur2 ajalah ya.

Emang sih yg namanya bumil itu mood2an dan pengennya leyeh2 aja. Tapi berhubung rencana gw sampe saat ini adalah melahirkan secara gentle birth dengan home birth-water birth-lotus birth, gw sadar harus mempersiapkan badan sebaik2nya. ibarat atlet mau ikut olimpiade, melahirkan juga butuh tenaga yg besar sehingga kita, sebagai bumil, ga boleh males buat berlatih. sejauh ini persiapannya masih baca buku gentle birth
recommended book
Baca artikel2 tentang gentle birth, ikut  grup gentle birth, olahraga kalo sempet, sama ikut acara gentle birth. iyeessss.. gw pernah ikut kelas persiapan melahirkan gentle birth dimana gw sendiri yang masih 10 minggu, lainnya udah 27 minggu ke atas. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ kenapa ikut? pengen tau aja si apa yg bakal terjadi waktu melahirkan dan apa aja masalah2 dalam melahirkan. gw juga udah mulai tanya2 sama ibu2 yang pernah melahirkan, jadi gw tau apa aja kira2 permasalahannya dan gmn solusinya. nanti kalo udah deket, baru gw bikin roadmap nya supaya orang2 yang bakal mendampingi pas lahiran tau plan A,B,C,D sampe Z nya. lagi-lagi ini rencana. gw tetep menyerahkan sepenuhnya sama Tuhan gmn baiknya nanti. kalaupun ga bisa gentle birth, ya udah diterima aja. hidup ini kan ga selalu berjalan sesuai dengan kemauan kita. yang penting adalah gimana usaha kita untuk mencapai itu semua, selebihnya biar Tuhan yang menentukan karena Dia yang tau apa yang terbaik untuk kita.
masih kayak buncit kebanyakan makanπŸ˜‚
bayinya seukuran jeruk nipis😁
artikel buat dibaca: http://www.bidankita.com/30-alasan-bahwa-anda-mampu-lahir-secara-alami/

1 komentar: