Selasa, 12 Juni 2018

Second Trimester Pregnancy Update

Harusnya blog ini ditulis waktu trimester dua ya, tapi berhubung waktunya g ada, y udah pas udah cuti hamil gede aja. Di trimester kedua kmrn kehamilan gue berjalan semakin enak. ga ada lagi yg namanya pusing, mual, nafsu makan juga udah balik lagi, dan badan lebih seger rasanya. paling waktu 15 minggu ke 16 itu yang seminggu tiap jam 3 sampe setengah 7 malem gw berasa pusing banget sampe cuma bisa tiduran dan dikompres dingin buat ngurangin nyerinya. pernah sekali yg ga ketahan banget, akhirnya minum panadol biru. kata dokternya cuma boleh itu sih. hehe. begitu lepas 16 minggu, eh udah aja ilang 😅 

Di trimester kedua, pertambahan berat badan gue dibatasi cuma 2 kg per bulan. mayan susah juga tu jagainnya mengingat di kantor suka banyak cemilan lucu yang menggoda sanubari. jadi, y udah diimbangi olahraga aja. mulai 5 bulan si udah boleh yoga hamil. gw biasa olahraga pake youtube aja. ada pilates, yoga, aerobic, barre  + jalan santai 30 menit tiap hari.

gw mulai merasakan gerakan bayi waktu ukuran
17 weeks dalam bentuk kedutan dikit2. ga selalu berasa sih, kadang2 aja klo lagi diem, tenang gt baru berasa. jenis kelamin juga biasanya udah ketahuan di 15 weeks tapi pastinya itu biasanya waktu 20 weeks dimana kalo cowok, ada scrotumnya keliatan dan mulai turun.

keluhan - keluhan gw waktu trimester 2 adalah sebagai berikut:

1. sembelit
masalah perbokeran ini memang pasang surut sih ya di dunia kehamilan. pernah seminggu tu lancaaarrrr banget, eh seminggu besoknya susah bgt pdhl y masih sama aja makannya. gimana cara ngatasin sembelit waktu hamil?
  • makan - makanan bergizi dan berserat.
teman terbaik saat gw sembelit waktu itu adalah: buah naga dan pepaya. pepaya ga bole dimakan sama ibu hamil itu bener kalo pepayanya muda. jadi, klo ada tumis pepaya muda jangan dimakan. selama ini gw makan pepaya baik2 aja. malah anak gw sampe 38 minggu gini masih betah aja. 😆 nanas juga boleh dimakan kok asal bener2 mateng. kata dokter juga, butuh makan 11 nanas utuh sekaligus supaya nanasnya bisa bikin kontraksi. jadi, tiap mitos itu harus diteliti bener2 ya. di postingan yg trimester pertama, gw udah pernah bilang klo gw masih food combining walopun ga sempurna banget. pagi itu udh pasti sarapan buah aja sampe jam 11. abis itu makan siang, gw bawa sayur2an kukus dr rumah, lauknya tinggal beli deh. malem biasanya gw makan ga terlalu banyak. kadang beli sandwich quiznos yang vegetarian, banh mi (sandwich vietnam) juga yg vegetarian, salad, ya intinya tetep porsi sayuran itu banyaklah ya. makan roti juga yang gluten free atau yang whole wheat supaya ada seratnya.
  • minum air yang banyak
minum air ini juga mengandung banyak sekali manfaat. selain buat melancarkan pencernaan, bisa juga untuk mengatasi edema dan mencukupi kebutuhan air ketuban. gw sendiri minum sehari min 3 Liter. bisa lebih, bisa pas tapi ga pernah kurang dari itu, rasanya aus terus aja gt. gw juga combine dengan minum air alkali. tapi waktu minum vitamin, pake air biasa aja nanti jadi netral. minum air kelapa juga oke setelah 5 bulan dan ga dipake buat minum vitamin juga. 
  • perbanyak gerak
emang olahraga itu bnyk manfaatnya. klo kita rajin olahraga, metabolisme tubuh lancar, otomatis urusan boker juga lancar. olahraga buat ibu hamil itu yang penting masih bisa kontrol napas dan ga terlalu capek. 
  • konsumsi virgin coconut oil
kalo cara2 di atas udah ga berfungsi, saatnya senjata pamungkas: vco. vco beda y sama minyak kelapa biasa yg buat masak. pastiin di botolnya itu bener2 ketulis virgin coconut oil dan kalo bisa yang cold pressed. gw sendiri pake merk ini:

Cara minumnya: 1 sdm vco dicampur ke segelas air hangat. Boleh diminum 15 menit sblm makan atau 30 menit setelah makan. 1-3 sdm sehari sih oke tergantung kebutuhan. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
tapi berhubung gw males bawa2 ke kantor (tar dikira tukang pijet yekaan bawa2 minyak kemana2), jd biasanya sebelum berangkat, gw minum aja de tu 1 sdm abis itu baru minum air anget. Hasilnya lancaaarr dan ga keras. Gentle pup gt deh. 😂ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ khasiat lainnya dari vco: melancarkan pencernaan, meningkatkan imunitas, menstabilkan gula darah, asupan good fat buat janin yg bagus buat pertumbuhan otaknya, konon bisa melancarkan lahiran, dan masih banyak lagi kegunaannya krn dia berfungsi utk memperbaiki jaringan yg rusak, ngatasin iritasi dan sifatnya yg antifungal dan antimirobial juga jd bagus dikonsumsi siapa aja termasuk ibu hamil. 

kalo sembelit, jangan ngeden berlebihan ya. takutnya malah jd wasir karena ibu hamil rentan banget kena wasir.ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

2. edema/kaki bengkak
Biasanya kaki bengkak ini akrab banget sama ibu2 yang udah trimester 3 tapi gw 20 minggu udah mulai bengkak aja kakinya😓 gw sadar banget punya kebiasaan buruk nekuk kaki klo lagi di kantor, terus kadang kaki juga gantung kalo di kantor. selain itu, perjalanan pp rumah-kantor 4 jam naik mobil, semakin memperparah kaki gw yg mlenuk2.
sampe ngecap sepatunya😆
Cara mengatasinya:
  • minum air yang banyak
  • banyak bergerak
  • waktu duduk, kaki jangan digantung. waktu tidur, sangga kaki pake bantal sehingga posisinya lebih tinggi dari jantung.
  • pijat kaki (tapi jangan diteken banget) dari arah jari ke pergelangan kaki.
  • lakukan stretching ringan untuk kaki kayak video di instagram gw ini

3. linu panggul
Sempet waktu itu punggung bawah sebelah kanan gw berasa sakit. di depan dari otot psoas sampe punggung bawah belakang rasanya sakit bener. udah curiga waktu itu sciatica pain. tapi ternyata bukan karena klo sciatica pain, rasa sakitnya menjalar sampai ke belakang paha dan rada sakit klo kita nunduk buat pakai celana. nah, waktu itu cara ngatasinnya cuma kompres panas di punggung bawah, setiap duduk harus tegak punggungnya supaya ga neken lower back, yoga sendiri di rumah (pake youtube key nya: prenatal yoga for sciatica pain atau prenatal yoga for lower back), sama menjaga kesadaran untuk berdiri dan jalan dengan benar. posisi berdiri ibu hamil yang bener, kira2 ditunjukkan oleh gambar berikut ini:
ngerti banget sih klo perut makin maju, bawaannya pantat jd ikutan maju ke belakang. percayalah, ketika anda rajin melakukannya, niscaya sakit punggung bawah itu pasti bakal menghampiri. jadi setiap berdiri, tarik perut sedikit masuk ke dalem sehingga otot perut bawah bekerja, tarik otot pantat ke dalem biar ga nonggeng.

Nah, itu tadi keluhan2 gw selama trimester kedua. klo PR apa aja yang mesti dilakukan di trimester dua adalah:
  • mulai invest bra menyusui. ukurannya 2 nomer di atas ukuran normal. 
  • beli baju hamil jangan yang hamil2 banget. beli aja baju yg agak longgar2 gitu. jadi, abis hamil, masih bisa dipake deh.
  • cd hamil is a must!! karena cd hamil tu karetnya enak bangeeett. ga ketat, nyaman bgt pokoknya.
  • olahraga tiap hari min 30 menit. sisipin yoga juga klo bisa tiap hari min 15 menit. (jangan lupa konsultasi dulu sama dokter ttg olahraga yg aman krn tiap kondisi kehamilan beda)
  • minum air yang banyak min 3 L
  • ikut kelas persiapan melahirkan, gentle birth(klo ada rencana), hypnobirth dari usia kandungan min 25 weeks.
  • jaga postur tubuh setiap duduk, berdiri dan jalan.
  • makan - makanan bergizi. semakin susah kita untuk makan, berarti waktu makan, jangan asal masuk-kenyang-enak aja. usahakan selalu mencukupi nutrisi bayi dengan mengurangi junk food, makanan mengandung MSG, protein hewani mentah, sayur mentah non organik yang ga tau nyucinya gimana, makanan mengandung zat pewarna, boraks, formalin, dll. tahanlah buk cuma 9 bulan ini demi anak kan ya. klo anaknya kenapa2, nyeselnya seumur hidup loh. 
  • cari provider yang bener2 sreg di hati dan mendukung pilihan lahiran kita misalnya pengen normal, gentle birth, ga pake epidural, bisa milih posisi yg nyaman buat lahiran, bebas gerak waktu nunggu pembukaan, lotus birth, delayed cord clamping, dll. usahakan banyak2 baca ya, ibuk2. sehingga waktu nanya ke dokter, kita bisa tau rujukan dia untuk sc itu memang bener seharusnya demikian atau ga. gw sendiri kmrn sampe ganti dokter 2x buat nyari yg bener2 sreg. selain dokter, gw konsultasi juga sama bidan gentle birth. beda banget sih rasanya. setiap abis ke bidan gentle birth itu rasanya tenang dan lega. bayi kita juga diajak ngobrol sama dy, kita juga bebas curcol, enak deh.
  • selain dokter, RS yang kita tuju juga harus disurvey mendukung pilihan kita apa ga. ciri - ciri RS yang pro ASI biasanya ga ada banner susu formula dimana2 dan ga ada ruang bayi sehat. semua bayi dirawat gabung sama ibunya. gw sendiri memilih RSIA Kemang Medical Care buat alternatif kalau ga bisa home birth sama bidan.
  • rebozo shifting dan shake apple tree mulai di atas 20 minggu dilakukan minimal 5 menit.
  • bagi yang mau babymoon, di trimester inilah waktu yg tepat untuk melakukannya. karena kita berasa lebih fresh, makan apa2 juga udah enak, perut juga belom gede banget jadi belom bnyk keluhan. 
  • Mulai cicil2 beli perlengkapan bayi yang gede2 kayak box bayi, stroller,dll. karena perlengkapan bayi dan busui tu banyak banget. jadi, agar tidak terjadi peledakan pengeluaran, lebih baik dicicil aja ya, ibu2. ga usah percaya pamali2an. jaman now, ngikutin pamali mah bisa boncos dompet. ya ga? kan tujuan kita baik buat nyiapin kebutuhan bayi dan cicil pengeluaran. tiap niatan baik yang direstui Tuhan, pasti hasilnya juga bakalan baik. 
Oke, segini dulu ya sharingnya. nanti disambung lagi buat trimester 3. 
selamat mencoba. semoga sehat semua yaaa bumil😀😀

5 komentar:

  1. Ini nih yang aku tunggu2. Iyesss, akhirnya dirimu update blog lagi. Tengkiu Iche buat sharing nya, sangat2 bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iyaa.. yg trimester 3 soon yaah.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. makasih sudah berbagi ceritanya memabntu banget

    teknologi 5g

    BalasHapus