Selasa, 03 Juli 2018

Birth Story of My Firstborn


Yesaya 55:8-9 TB
Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman Tuhan. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Manusia boleh berencana tapi Tuhan yang menentukan.


Dari awal hamil sampe mendekati lahiran, gw selalu berusaha belajar, mempersiapkan segala sesuatunya demi mengejar cita-cita pengen gentle birth.
Tujuannya cuma satu yaitu: mengalami persalinan yg nyaman, tenang dan minim trauma buat gw dan si bayi.
Gw selalu pengen lahiran secara home, water and lotus birth.Tapi ternyata Tuhan berkehendak lain...

Rabu, 20 juni 2018
Gw kontrol ke dr.Ridwan di KMC. Hasilnya semua bagus kecuali satu; air ketuban gw tinggal 3 cm dimana hal itu sangatlah kurang.
Minggu lalu masi 7 cm padahal. Dlm seminggu ga tau drop kemana krn ga ada rembesan sama sekali. Beliau menyarankan langsung jadwal induksi aja. Tapi gw masi shock. Jd minta waktu dulu buat berunding. Dan pak dokter bilang masih bisa ditunggu sampe besok pagi. Beliau menyayangkan hal ini sih krn sebenernya dari posisi bayi, dll semuanya bagus tapi air ketuban aja yg kurang banget jd sangat beresiko klo mau nunggu kontraksi alami. Sedih banget rasanya. Seakan - akan semua cita-cita gentle birth selama ini musnah sudah. Waktu konsultasi ke bidan gentle birth, gw disuruh minum minuman elektrolit sama air alkali. Trus disuruh cari second opinion. Akhirnya besoknya kita bikin janji buat konsultasi ke RS di deket rumah. Malemnya gw kontraksi per 6-8 menit selama 2 jam. Gw cm tidur sekitar 4-5 jam malem itu.

Kamis, 21 juni 2018
Pagi ini gw masih kontraksi per 6-8 menit selama 2 jam. sesuai rencana, hari ini jadwalnya konsultasi ke RS deket rumah. Dokter disitu bilang ketuban masih 7 dan udh mulai ada penipisan jalan lahir. Kata dokternya kemungkinan selaput ketuban ada yg bocor tp ga tau sebelah mana makanya rembes. Kalo selaput ketuban udah bocor, kemungkinan besar bayinya bisa terinfeksi kuman. Dy minta gw ctg dan tes lab. Klo hasil sel darah putihnya banyak, mw lgs dikasi antibiotik. CTG itu alat buat memantau detak jantung bayi dan kontraksi rahim. Jadi dari situ dilihat klo pas kontraksi, detak jantung bayi gimana. sehingga kita bisa tau apakah janinnya aman atau ga di dalem. Keluar dr ruangan dokter, gw minta pulang aja. Ga mau ctg sm lab krn kmrn udh ctg. Tp susternya agak maksa. Perlu saudara2 disini ingat, syarat ctg yang no 1 adalah: ibunya harus dlm keadaan kenyang. Gw ga ditanya sm sekali udh makan apa belom dan gw kelaperan. Hasil ctg nya pun jelek buanget. Di tengah2 ctg, gw langsung dikasi selang oksigen, diambil darah buat lab sama mw dikasi antibiotik. Gw tolak antibiotiknya. Dokternya blg mw lgs cesar aja krn hasilnya kyk gt. Gw lgs nangis2 minta pulang sm suami. Pak suami mw lgs ke KMC tp gw minta pulang dulu soalnya masih pake baju yg sama wkt kmrn ke KMC. Hahaha ga penting. Lagian blom bawa koper,dll. Akhirnya pulang ke rumah, beres2 trus brgkt lg ke KMC. Sampe sana disuruh makan dulu sebelum ctg ulang. abis ctg, nungguin dokter deh buat visit. Hasil ctg bagus2 aja dan gw (masih) mencoba nego sm dr Ridwan bisa ga lusa kontrol dan ctg lagi aja. Beliaunya sih ga brani jamin. Gw bilanglah kalo di rs deket rumah, usg nya masih dapet 7 tapi beliaunya ga percaya krn waktu kontrol hari rabu, beliau merasa sudah sangat teliti memeriksa berulang2. Ya udah de gw pasrah diinduksi. 
Jujur aja gw nangis sedih banget rasanya. Antara blom bisa nerima kenyataan klo ga bakal gentle birth dan takut krn ga ada ide sakitnya bakal gmn klo diinduksi. akhirnya, gw WA curhat sama bidan gentle birth. 
gw bilang, "Bude, masih pengen gentle birth sebenernya."
kemudian beliau bilang, "udah. jangan maksa. coba kamu tanya hati kecilmu aja. jangan tanya ego. berdoa aja semua lancar dan diberi kemudahan. yang penting semuanya sehat" 
oke de. gw jd agak yakin sedikit. haha.
Jam 18:30 gw mulai dipasang induksi infus 12 tetes. Ini yg dosisnya paling rendah krn dokternya pengen prosesnya bertahap biar janinnya ga stres. Induksi infus itu, kata Pak Dokter, induksi yang paling aman karena bisa dikontrol prosesnya (bisa dilanjutkan, bisa distop walaupun waktu distop, efeknya masih berjalan sampai 6 jam). Semua sakit masih membahagiakan krn cm kyk kram menstruasi biasa. Gw usahain tidur tp krn ruang observasi barengan sm yg lain, jadi kebangun2 gr2 kontraksi, suara lalu lalang suster yg ngambil2 perkakas, suara ibu2 lahiran lain, dll. Jadi ga bisa tidur bgt juga. Suami gw udh ga bs tidur sama sekali. 
di ruang observasi
Gw berusaha dengerin aplikasi kontraksi nyaman, relaksasi, self hipnosis, dengerin lagu rohani, dengerin aromatherapy dan semuanya bisa bantu gw lebih tenang. 

Jumat, 22 Juni 2018
Jam 01:00 sakitnya udh mulai mengkhawatirkan tapi masih bisa diakalin dengan hypno2an. Hasil ctg masih bagus aja. Sekitar jam 03:00 gw mulai berdarah waktu pipis. Semangat nih krn ngerasa ada kemajuan tapi ternyata belom ada bukaan juga. Gw mulai sedih dan frustasi krn sakitnya udh mulai ‘berasa’ banget tp kemajuannya lamban. Semakin pagi, sakitnya semakin menjadi2.
Gw sampe nungging2, jongkok, duduk, berdiri. Ga ada yg ngefek. Disuruh makan sm suster, ya ga napsulah ya. Sakit begitu. Tadinya gw ga mau bikin ibu2 lain takut krn teriakan gw tapi kali ini udh ga tahan lagi. Sampe akhirnya jam 6 an gw minta induksinya stop. Efeknya sih ga langsung brenti. Karena efek obatnya masih ada selama 6 jam tapi intensitas berkurang.
Udh jeda semenit2 aja ini kontraksinya. Biasanya sakit kyk gini klo normal biasa mah udh bukaan gede tapi gw ga ada bukaan sama sekali waktu dicek dokternya. Akhirnya gw minta cesar aja. Gw udh ga kuat lagi.
Gw disuruh puasa trus infusnya diganti antibiotik. Minum air putih pun ga boleh pdhl udah haus berat gr2 teriak2 sm sakit. Tadi disuruh2 makan, sekarang minum aja ga boleh. 😕 Badan gw menggigil sendiri saking nahan sakitnya. Selama nunggu oprasi, gw masih kontraksi2. Sampe akhirnya jam 08:30 masuk ruang oprasi, disiapin anestesi. Biusnya setengah dari pinggang ke bawah. Disuntik anestesi sih ga sakit kyk yg org2 bilang. Lebih sakit diinfus klo menurut gw😄 selama oprasi, gw tidur bangun tidur bangun soalnya emang ngantuk bgt gara2 dua malem ga tidur. Badan menggigil dingin banget di ruang oprasi dan cuma ditutupin beberapa lembar kain yang kurang bermanfaat.😆 Tiba2 bagian bawah tali beha dipencet2 trus badan gw digoyang2. ga lama setelah terjadi gempa lokal, perut gw rasanya lega bgt. disitulah pertama kali gw denger anak gw nangis cuma sepatah2 sampe bingung ini suara anak gw atau dari luar. oh,ternyata itu suara anak gw.

22 juni jam 09:25, Kefas lahir. Beratnya cm 2,5 kg. Turun 0,5 kg dr prediksi usg.
Ternyata nafasnya udh megap2 dan ketuban gw udh ijo kentel krn si bayi eek di dalem trus diminum sendiri ketubannya saking stresnya. Harusnya sih ada sesi imd tapi berhubung dy udh megap2, skip aja sesi nya. Gw cuma diliatin si bayi bentar. dia lagi meringis2 nangis, ditempelin ke bibir gw lalu dibawa pergi. Ga lama pak suami masuk ruangan. Gw masih terkapar dlm posisi kayak disalib sambil nungguin dijahit yg lbh lama dr lahirannya. Abis itu baru dipindahin ke kamar rawat inap.
Sorenya lgs disuruh belajar tidur miring kanan kiri. Rasanya pusing dan mual. Efek obat biusnya sampe 24 jam.  didatengin dokter laktasi juga. Di KMC karena pro asi banget jadi tiap hari kita bakal dipantau asi nya gmn. pas dipencet sama dokternya, eh, surprisingly, udah keluar aja dan banyak. langsung deh disuruh pompa pake tangan trus ambilnya pake suntikan yg udh dibuang jarumnya. ga nyangka banget sih secara menurut khalayak ramai, ibu2 caesar itu asi nya lebih lama keluar. tapi punya gw mengalir deraaasss. hahahaha. di hari kedua aja, gw udh langsung pake breast pump sampe suster disana pada amaze. mungkin ini efek makan sehat juga selama hamil. haseeek. Puji Tuhan ini hiburan gw banget dikala masih sedih ga bisa gentle birth dan belum liat bayi.
Besoknya gw langsung disuruh latihan duduk, berdiri sm jalan. Sakit oprasinya sih ga. Ya sakitnya paling kyk kalo kita punya bekas luka kesenggol2. Tapi buat ketawa, bersin sm batuk sakit rasanya😂
Gw pulang hari senin tapi bayi gw masih dirawat. dia kena sepsis neonatorum yang ringan jadi harus dirawat sampe 2 minggu. Berat rasanya ninggalinnya tapi gw tau ini demi kebaikannya juga. Tiap hari rasanya pengen nangis aja kalo inget. Pulang dari RS, ga berasa lahiran karena bayinya ga dibawa pulang. Jadi ibuk2 yaaa, bersyukurlah kalo anda2 bisa lahiran lancar, anak dan ibu sehat, bisa rawat gabung, ibu pulang bisa bawa bayi. Hal itu bukan hal yang normal terjadi lho. tapi anda sedang merasakan yang namanya anugrah Tuhan. 
lalu apakah gw ga dapet anugrah karena gw gagal gentle birth, anak sakit sampe dirawat, pulang ga bawa bayi? 
tetep dapet tapi dalam bentuk yang berbeda😊 
mungkin dalam bentuk asi gw yang super lancar dan buanyaak sampe tumpe2, penanganan dokter dan pemulihan gw yg cepat. belakangan diketahui bahwasanya anak gw minumnya juga banyak. Persis kyk mak nya yg doyan makan. 
hari sabtu waktu temen2 pada dateng juga, gw udah dalam tampilan muka ber-make up dengan rambut catokan. padahal malemnya masih teler. hahaha. tentu saja karena masih diinfus, pemasangan eyeliner dibantu oleh asisten make up pribadi saya yaitu pak suami. haha. biar agak2 kate middleton gt lah yaa yang criiinnggg banget waktu keluar RS.
Senengnya di kmc itu, selain bnyk dokter yg ahli, semua staf nya ramah, rumah sakitnya homy banget, bayi selalu dikasih asi, ngasihnya pake cup feeder pulak, bukan dot. Jadi gw ngerasa aman jg naro anak disini.

Arti nama anak gw adalah hadiah Tuhan yang kuat. Sesuai namanya, dia memang anak yang kuat sejak awal hamil, dia juga ga pernah nyusahin mamanya. Hamil dia ini enak banget. ga banyak keluhan dan tepar2 ga jelas. walaupun lahirnya ada drama sedikit, tapi dia kasi waktu supaya gw bisa istirahat selama di RS, di kamar yang tenang dan waktu buat gw pulih dengan baik sampai waktunya nanti dia dijemput dari rumah sakit.

Seperti itulah jalan manusia. Kita cm bisa merencanakan dan berusaha maksimal, tapi otoritas Tuhan yg menentukan. Kita ga tau kondisi bayi di dalem gimana, hanya Dia yg tau jalan yang terbaik untuk semuanya.

Memang ga gampang buat nerima jalan yg digariskan Tuhan untuk bayi kita. Tapi yg terutama tentu bukanlah ego dan idealisme kita. Keselamatan ibu dan bayi jauh lebih penting dari segalanya.
Tuhan membuat sakit yg gw rasakan tdk tertahankan supaya gw segera memutuskan utk oprasi. Klo terlambat, mungkin kami berdua udah berpulang😅 

But, God is good all the time. Bahwasanya untuk selamanya kasih setiaNya. 



2 komentar: