Senin, 20 Agustus 2018

Daftar Belanja Perlengkapan Bayi Buat New Mom

Hai mom to be,

Kali ini gw mw berbagi tentang apa aja daftar perlengkapan bayi yang perlu dibeli untuk new mom. blog ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi sebagai calon ibu baru yang kebingungan tak tahu diri menahu soal perlengkapan bayi apa aja yg harus dibeli. Jd disini gw coba membantu dengan menulis daftarnya, yg tentu saja bisa berbeda tergantung pilihan dan keyakinan ibu2 dlm membesarkan bayi😆

So, here the list:

  1. Pakaian Bayi:
  • popok kain 3 lusin dan popok sekali pakai sekitar 90 buah sebulan. Gw sebenernya bercita2 utk menjadi ibu2 go green waktu hamil. Namun demikian, ku tak sanggup. 😓 Dan demi kenyamanan tidur bayi dan emaknya di malam hari, akhirnya gw pake metode popok mix dng komposisi dari pagi abis mandi sampe mw tidur pake popok kain. begitu udh masuk jam persiapan tidur malem, pake pospak(popok sekali pakai) deh. Paling sampe pagi rata2 butuh 2-3 pospak sih. Klo ibu2 mau yg praktis aja pake pospak all the time, brarti butuh lbh banyak. Newborn(sebelum 1 bulan) sih sering bgt ya eek. Klo udh eek, pospak mesti diganti biar ga ruam karena eek bayi tu sifatnya asam. Jd biar hemat, bisa diakalin pake popok kain dari pagi sampe malem. Biar adem jg buk pantat bayinya. Sejauh ini popok kain 3 lusin cukup asal pagi cuci, sore cuci lagi. setelah sebulan, eeknya agak lebih jarang. Bisa sekali cuci aja pagi hari. cm gw lanjutin dululah pake popok kainnya. nanti klo udah 3 bulan aja baru full pospak.
  • baju kutung/yukensi 4 buah. Nah ini biasanya gw pakeinnya pagi abis mandi sampe sore. Selang seling aja sm baju lengan pendek klo basah. FYI, baju bayi gampang bgt basahnya. Ntah kena pipis, kena eek, gumoh, muntah, keringetan. Pemakaian baju disesuaikan dng suhu ruangan aja ya. Gw ga biasain anak pake AC dari pagi sampe sore. Jd dia pake baju pendek2 aja oke.
  • baju lengan pendek 4 buah
  • baju lengan panjang 4. Baju ini biasanya gw pakein waktu udh mau tidur krn pake ac. Klo bajunya agak pendek/tipis, gw kasi singlet buat daleman. Tp kalo kalian tinggal di daerah dingin, Ada baiknya sedia rada banyak. Gw baca sih bayi sebenernya ga butuh pakaian berlapis2. Justru itu bakal memicu SIDS. Acuan baju bayi itu pakaian yg kita pake aja, tambahin selapis lagi. Misal kalo lagi panas bgt, kita pake baju tipis yukensi. Kasi aja bayi kita baju kutung atau baju pendek.
  • Singlet 4. Singlet dan baju2 kaos enaknya sih dipake klo pusernya udh puput. Klo belum puput, pake baju kancing depan aja. Singlet ini gw pakein kalo tidur malem buat daleman baju panjang.
  • celana pendek 6 (opsional)
  • celana panjang 6 (opsional) nah celana2 ini opsional sih. Anak gw sih ga suka pake celana. Hahaha. Jd klo lg ga pergi/ada tamu, dy cm pake popok. Celana pendek buat klo udara panas, dingin pake celana panjang. Tentunya klo pake popok kain trus pake celana, y butuh celana bnyk juga. Celana jg enaknya dipake klo udh puput pusernya.
  • kain bedong 1 lusin. Nah klo lg agak dingin/rewel, biasanya bedong ini membantu. Tentunya bukan bedong lurus kenceng ala ibu2 jaman dulu ya. Bedongnya ttp harus ada space supaya bayi bs bergerak bebas. Fungsinya biar anget aja. Kaki bayi semuanya emg nekuk kok. Udh gede ya lurus sendiri. Makanya kain bedong ini butuh bnyk. Klo kena pipis/eek kan diganti juga. Klo ga dipake buat bedong, bisa dipake buat selimut bayi jg kok.
  • kain alas tidur 1 lusin. Kain ini ga usah yg bagus2 banget sih. Fungsinya buat alasin perlak aja. Klo tidur di atas perlak langsung itu ga enaknya, ketika bayi keringetan/muntah/pipis, ngalir2 de tu air kemana2. Makin mengalir, Makin bnyk pulak bagian yg basah, Makin banyak pulak cucian Ibuk2. Haha.
  • baju kece buat pergi 2-3 buah. Nah sbnrnya ini perlu ga perlu. Soalnya newborn jg blom kemana2 sih. Paling ke dokter. jadi ga usah banyak2 belinya.
  • kaos tangan dan kaki 4 pasang. ini klo gw kepake banget sih soalnya klo blom sempet motongin kuku, bungkus aja. Haha. Berguna jg klo telapak kaki tangannya dingin. Begitu dibungkus,lgs anget.
  • topi 3. Topi jg berguna klo lg adem. Dulu awal2 klo tdr pake ac, kefas pake topi. Tp ternyata malah keringetan. Suka basah bantalnya. Jd ya dipakenya klo lg dingin aja karena kepala bayi itu termasuk bagian yang sensitif juga.
  • lemari bayi. Ini tentunya mutlak ya. Klo ga ada, bajunya mau disimpen dimana yekaan.
gw ga beli baju yg terusan gt si yang ketutup dari atas sampe bawah soalnya ribet klo pake popok kain. sekali basah, jadi ganti semua kan? klo dipake malem juga ribet klo mau gantiin pospak. mana malem2 udh ngantuk kan mesti copot2. jd yang praktis aja. gw sendiri paling suka sama merk velvet junior. bahannya enak dan tebel.

 2. Persiapan Tidur:
  • Perlak besar 3, Perlak pangku 2. Perlak besar ni berguna bgt. 1 bisa ditaro di box, 1 di kasur, 1 lg buat cadangan klo lg ada yg dicuci. Perlak pangku ini awalnya salah beli. Kirain gede, ternyata kecil. Namun demikian, ternyata berguna bgt buat alas car seat, stroller, sm alas klo lg nyusuin.
nah kayak gini deh penampakannya perlak pangku
  • Bantal peyang 3. Bantal bayi itu gampang bgt bau acem gaes. Jd klo bisa sih punya 3. Biar klo satunya basah kena gumoh/keringetan, masih ada 1 lg. Gw cm pake bantal peyang krn klo pake bantal bayi biasa, posisi kepalanya kyk ketinggian. Jadi dagu bayi lgs nyentuh ke dada apalagi klo dy makin gemuk. Ini bisa memicu SIDS(kematian bayi mendadak gr2 sesak napas)
  • Guling(opsional). Kebetulan kefas bukan fans guling walopun dy punya. Fungsinya si klo gw biasanya buat tdr malem. gw taro di samping2nya buat pager soalnya mak nya lasak tdrnya. Takut ketindih anaknya. 
  • Selimut tidur 2. Ini buat cadangan aja klo 1 nya kotor, masi ada 1 lagi. Selimut ini agak tebel jd gw pakein klo lg dingin aja/tdr malem pake ac.
nah kira2 begini singgasana kefas kalo tidur siang. itu kain biru yg dimaksud dengan kain alas tidur
3. Perlengkapan mandi:
  • Baby bather/ember mandi. Untuk newborn, gw lbh seneng pake baby bather. Walopun bayi suka mlorot2 juga krn dy gerak2, tp ga selicin ember mandi. Klo mw hemat beli ember mandi doang, y gpp. Cm mungkin dialasin handuk di dlm ember supaya kita ga terlalu capek meganginnya gr2 licin.
seperti ini
  • Sabun mandi bayi
  • Ember biasa buat tampung air(opsional). Ini wajib klo pake baby bather. Airnya pake air anget y. Ukur kehangatan air pake siku tangan kita karena daerah siku termasuk bagian kulit yg sensitif. Jd biar bayinya ga kebakar kulitnya gr2 kepanasan.
  • Kapas bersih. Gw biasanya bersihin pantat bayi waktu ganti popok pake kapas yg dikasi air. Lbh enak, cpt bersih dan lbh murah drpd pake tissue basah. Haha. Kapasnya kapas biasa aja. Klo yg bunder2 malah ga enak.
  • Tempat buat nampung air isi kapas basah/tissue basah. Klo pake kapas, tentunya harus ada tempat buat nampung airnya. Klo mau pake tissue basah, harus yg non perfume yah biar aman. kalo bisa sih yang komposisinya banyakan air daripada alkoholnya. Salah satunya merk nappy. Gw punya jg tissue basah yg perfume. Biasanya buat lap perlak aja klo pas kotor. Kasian bgt ni tissue non perfume udh kyk tissue kasta rendah dipake cuma buat lap kotoran.😅
  • Tissue kering. Ni buat ngelap2 aja sih waktu menyusui, ngelap gumoh, ngeringin pantat bayi, dll. Tp klo mw go green, better pake saputangan sendiri aja. Kefas si biasa pake saputangan kecil khusus buat ngelap ASI/gumohnya.
  • Washlap 3 buah. ini fungsinya buat mandi. Mandi yg nyebur ke air ato cuma dilap2 aja. Gw sendiri pake washlap cm buat sekali mandi, abis itu lgs dicuci. Mandi
  • Handuk 3 buah. Handuk ini biasanya gw pake beberapa kali. Klo pas abis mandi tiba2 handuknya kena pipis ato eek, nah baru de diganti.
4. Perlengkapan ASIP:
  • Cup feeder 2, softcup feeder 2 atau media lain. Gw bukanlah ibu2 pengikut paham dot. Jd berhubung di KMC anak gw dari bayi dikasi ASIP pake cup feeder, gw terusin aja. Dan supaya lbh gampang, gw pake soft cup feedernya Medela. kenapa ga pake dot? menghindari bayi bingung puting sih. memang ada bayi yg kyknya ga bingung puting tapi bisa berpengaruh juga sm kekuatan sedotannya dy. sedotan bayi itu lebih kuat drpd pompa asi manapun. ketika dy nenen langsung dari payudara, otot2 di mulut, lidah, rahang bakal kerja keras krn lebih susah nyusu di payudara drpd di dot. ketika nyusu di dot, bayi ga perlu kerja keras juga udh keluar asip nya. jd kekuatan hisapannya bisa melemah. udah banyak penelitian dan bukti nyata dari kejahatan dot. dibaca2 aja ya. di grup facebook AIMI sih banyak dibahas. join aja buat nambah pengetahuan dan support system. tapi ya sekali lagi, ini pilihan aja. tantangannya sih paling buat ngajarin pengasuhnya. karena lebih susah ngajarin pengasuhnya drpd bayinya.
  • Breast pump. Ini cocok2an sih. Klo Spectra, lbh kenceng nyedotnya dan cepet selesai. Klo biasanya yg putingnya sensitif, pake Medela. dulu gw pikir pake breast pump bisa ntar2 aja klo dah mau deket masuk kantor, ternyata siapa yang tau kan klo anak gw harus nginep di NICU. jadi saran gw, beli aja breast pump sebelum lahiran. pas nyusuin langsung juga kita perlu kok buat ngosongin payudara. semakin sering dikosongin, produksinya semakin banyak lhooo. karena prinsipnya produksi ASI itu supply and demand. klo sering kita pompa dan disedot bayi(demand besar), maka supply juga makin banyak. Kalo ada ASIP kan misalnya kita lg pengen sante, orang lain bisa bantu ngasih ke bayinya. Kalo mau cobain, boleh sewa dulu. ada kok yang nyewain.
  • Plastik asi/botol asi. Ini media penyimpanan ASIP ya buk ibuk. Gw sendiri lbh Suka pake plastik drpd botol biar gampang dibawa dan disempil2in di kulkas. saran dari temen sih mending beli yg 100 ml an aja plastiknya. soalnya bayi kan rata2 minumnya masih 60ml an, jd biar gampang cairin dan ga keburu basi sisanya. saran gw sih beli aja 1 ato 2 pack sebelum lahiran. siapa tau butuh kan? pasti kepake juga kok jd ga bakal mubazir. gw paling suka merk natur karena lebih gampang ditulisin pake pulpen apapun, di atas alas tulis apapun drpd merk yg lain.
  • Bantal menyusui. ini berguna sih biar ga pegel gendongin bayi klo lg disusuin. bentuknya kayak donat. bisa dipakai juga buat sandarin bayi abis nyusu biar ga gumoh. tapi jangan ditidurin disini ya bayinya klo ga ada pengawasan. takutnya dy merosot trus ketimpa bantal, sesek napas deh.
seperti ini
seperti ini
  • Apron menyusui. buat nutupin klo lagi nyusuin/pumping di tempat umum atau klo lagi ada tamu. boleh pilih yg full cover ato yg nutup depan doang. full cover si kadang suka bikin gerah ya klo pas g ada AC tapi klo anaknya udh gedean dan bisa nyingkapin apron, bakal keliatan sih klo cuma half. terserah aja enak yg mana buat anda.
  • Cooler bag buat ASI. buat bawa ASIP dan berguna banget waktu itu buat bawa asip dari rumah ke rumah sakit. 
  • Rak botol bayi. pasti pada mau bilang loh katanya ga pake dot, kok beli rak botol? 😆😆 ya kan pompa asi ada botolnya juga😆 botol asip yg kaca juga abis dicuci perlu digantung. jd ya emang perlu. 
  • Kulkas ASIP. Kalo emaknya kerja, mungkin perlu dipertimbangkan juga media penyimpanan di kulkas sendiri biar stoknya banyak. apalagi kalo anaknya minumnya banyak kyk anak gw.😆 bisa sewa, bisa beli juga kok. dipilih aja mau gimana.
5. Perlengkapan lain:
  • Gendongan. dari sekian banyak tipe gendongan, gendongan jarik is a must. selain bisa dibentuk macem2, gendongan ini murah dan anak gw paling pertama mau pake gendongan cm sm jarik ini. abis itu mungkin bisa dipertimbangkan stretchy wrap biar bisa hands free atau ring sling, dll. Sebelum beli, bisa cobain dulu sewa yg cocok yang mana.
  • Car seat. gw dapet lungsuran car seat bayi dari kakak gw. entah kenapa anak gw seneng tidur di car seat ini. jadi si car seat lebih sering nongkrong di dalem rumah drpd di mobil. karena ya anak bayi blum bisa dibawa kemana2 juga. klo pasang car seat buat anak bayi, bayinya hadap ke belakang ya. soalnya leher bayi kan masi blom tegak nopang kepalanya. klo ngerem mendadak, bahaya.
car seat bayi
  • Stroller. ini sih perlu ga perlu kalo masih bayi banget. selama masih kuat gendong sih, kemana2 lebih enak pake gendongan apalagi klo ada stretchy wrap. ga rempong sendiri sama stroller.
  • Termometer. ini benda wajib yang ibu2 harus punya. jangan modal tangan buat mastiin bayi demam apa ga. gw sendiri tiap hari ngukur suhu anak. klo suhunya lg rendah, ya pending dulu mandinya sampe dy ga kedinginan.
  • Gunting kuku bayi. kuku bayi cepet bgt tumbuhnya. gw lebih suka gunting kuku bayi yg bentuknya kyk gunting biasa bukan yg kyk gunting kuku orang dewasa. menurut gw lebih gampang pakenya. jangan lupa dikikir juga ya kukunya klo abis digunting.
  • Bouncer. untuk menghemat tenaga buat goyang2, pakailah bouncer. biasanya bayi mau krn berasa kyk digendong.
  • Playmat. ini klo gw bilang sih investasi yah karena bisa dipake sampe anaknya gede. klo ada rejeki lebih, boleh sekalian beli yg lumba playmat. biar aman ada pagernya buat dy maen, belajar merangkak, sekalian tidur. ga kuatir tar balitanya guling2 ato jalan kemana2 kan.
bouncer dan lumba playmat
  • Baby gym. ini berguna buat main sekaligus stimulasi bayi.
  • Box bayi + kelambu. dari pertama kefas pulang dr rs, ini box cm dipake beberapa kali. hahaha. ujung2nya ngetek aja sm emaknya. tp tetep harus dilatih si biar bs tidur sendiri. plus nya tidur di box sih ga makan tempat di kasur, kita tidurnya bebas, anak jg biasa tidur sendiri. minusnya kalo malem2 dy minta nyusu, kita mesti bangun, diangkat, disusuin trus taro lg. klo di kasur, bisa lgs sodorin.
  • Detergent bayi dan sabun cuci perlengkapan bayi(bottle,dkk)
  • Tas bayi. ini tas wajib buat pergi kemana2 ya. buat tempat popok, baju ganti, bedong, apron menyusui dan kadang dompet sm hp mak nya masuk sini juga. haha.
  • Jemuran buat bayi. percayalah walaupun keliatannya masi bayi mungil, tapi cuciannya buanyaaakkk. klo ga ada space khusus, beli aja jemuran yg bulet bisa digantung itu.
Sekarang keperluan emaknya ya:
  • Pembalut nifas
  • Bra menyusui. ini wajib bgt punya. sejak hamil, beli 2 nomer di atas nomer yg biasa dipake ya.
  • Baju yg mendukung menyusui. ini juga penting bgt. cari yg gampang aksesnya buat di rumah sm kalo pergi.
  • Breast pad. penting buat mengatasi baju basah gr2 rembes2. klo lg ga sempet pompa, trus kita lg di luar, kan malu yes.
  • Nipple cream. gw sih ga pake krn ga pernah lecet putingnya sampe yg gimana bgt. kalo kalian pengen beli buat cadangan, ya beli aja. kalo gw pribadi sih, kasi asi aja putingnya.
  • Korset/bengkung/stagen. sesuai preferensi aja ya. gw sih udh coba tiga2nya dan gw lebih suka stagen krn lebih kenceng, bikin tegak dan ga ribet pakenya. 
  • Asi booster. cemilan yang banyak. hahaha. nyusuin itu lebih laper loh drpd waktu hamil. jd selalu sedia. makan aja yg bikin bahagia biar asi nya banyak tapi tetep perhatiin nutrisinya ya biar kitanya ga kekurangan nutrisi.
Banyak ya?
Emaaaaannnngggggg 😄😄😄
namanya punya bayi ya, mom.. uang kita bukanlah uang kita lagi. jangankan uang, hidup kita juga 90% udah buat bayi. jadi, nikmatilah dulu masa2 hamil anda dengan sebaik2nya. 
Ga perlu dibeli semua juga kok. Kali aja ada temen yg nanya mw dikadoin apa, nah bisa juga jadi ide. Belanja barang2nya jangan sekaligus semua, bisa langsung boncos. cicil aja. apalagi klo ada pameran, cus aja langsung beli karena biasanya diskonnya lumayan.
gw ga diendorse oleh produk tertentu ya. ini murni berdasarkan pengalaman aja. 😁

Selamat Belanja, Moms.






4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Sering dibawa ke mana saja untuk menemani anak, nyatanya kebersihan baby stroller kurang diperhatikan. Apa tanda baby stroller tak bersih?
    klik di sini laundryperlengkapanbayiterdekatpekanbaru

    BalasHapus