Selasa, 05 Juni 2012

Petualangan 5 cewek nekat di Thailand - Part 3 (Wat - Ever)

Senin, 14 Mei 2012

Good Morning, Bangkok. 

Akhirnyaaaah ini adalah pagi pertama kami di bangkok. rasanya ruaaarrr biasaaaa. haha. lebay. rencananya hari ini kita mau ngunjungi sejumlah tempat wisata, lebih tepatnya si temple2, di bangkok. temple bukannya temennya tahu? itu tempe -__- jadi awalnya kita mau berangkat dari hotel jam 8 pagi. namun demikian, karena tragedi paspor yg udh gw tulis di part 2, (yg ga ngerti baca part 2 dulu yak) kita smua jadi nungguin si bapak supir yg janji nganter jam 10. gw sendiri ngarep bisa bangun agak siang karena semlm capek bgt tapi.. apadaya.. badan gw ini kayak udah ke-setting otomatis setiap rentang jam 6 - setengah 7 pagi selalu bangun kayak biasanya. T_T oia, sebelumnya gw jelasin dulu pembagian kamar. disini kita sewa 2 kamar. gw masi bersama chaty dan ika,nova,vira masi bersama juga. semuanya masi barengan belom dituker tambah. pagi2 bangun, liat keluar masi gelap, chaty juga masih molor. akhirnya gw memutuskan untuk... mandi! hahaha.. jarang2 ni bangun tidur sung tergerak buat mandi. Di hotel ini ada air panasnya jd ga struggling2 amat lah buat menghimpun kekuatan buat gerak ke kamar mandi. abis mandi, gw bbm kamar seberang. bukaaann.. bukan gw kecentilan tadi malem udah nanyain pin bb kamar seberang tapi yg nempatin kamar seberang itu ya temen2 gw sendiri. waktu gw bbm, ternyata mereka udah pada bangun juga. akhirnya gw bangunin si chaty buat siap2 jadi tar klo si bapak taxi dateng, sung capcus deh. selesai siap2, kita semua nyari sarapan. berdasarkan referensi temen gw, roti2 di 7/11 thailand itu enak2. banyak haramnya drpd yg halal. jadinyaaaah, kita semua semangat pengen nyobain roti ngok2 itu. 
all pork breads.. ihihihi


sarapan gw: susu low fat, roti full fat biar balance. hehe
Dunia ini bener2 terasa indah bisa nemuin roti bebong di mini market. hahahaha. buat kalian yg ga pantang sama bebong, nyobain roti2 di 7/11 wajib hukumnya!! rotinya yg merk 7/11 ato Le Pan itu enak. buat susunya, cari yg ada tulisannya low fat. soalnya susu meiji yg ga low fat itu kemanisan gt de rasanya. kan gw udah manis bo, jd g usah manis2lah minumnya. yiuuukk. harganya itu yg ada angka di bungkus roti. yah segitulah. murmer,cyiint. kalo di Indo ada alfamart, indomaret, yomart dan sekumpulan keluarga mart lainnya,, di Thailand, mini marketnya dikuasai sama 7/11. jd beda berapa meter itu pasti ada 7/11. g tw de apa bedanya 7/11 dimari sama 7/11 100 meter di depannya. beda luas aja paling. wokeh, selesai sarapan, kita smua masi nunggu si bapak taxi. ya udah de nonton tv aja di kamar. namun demikian, kembali lagi the subtitle of the movie bikin speechless.
Ini nonton tv nya piyeee


jadinya ya udah de, mari kita tes Listening Comprehension. hahaha. jam 9, 9:30, 10 belom juga nampak penggenapan janji dari si bapak supir. akhirnya nova nelpon ke bandara pake telpon hotel. ingaatt!! sim card kami bisa dipake ngapain aja kecuali telpon. sim card yg aneh. wkt nova telpon, dr pihak bandara bilang minta ditelpon pake bahasa thailand, g mw pake bahasa enggres. woot?? bandara macam apa ini? y udah de minta mbak2 resepsionis lagi buat nelponin dan dikonfirmasi katanya 45 menit lagi, doi nyampe. di luar hotel, ada beberapa supir tuk2. ga salah ketik kok. beneran tuk bukan truk. klo di luar hotel banyak supir truk2 kayaknya gw ga lagi di bangkok tp lagi di pantura. tuk2 itu semacam bajaj nya sono. yg jelas si bentuk dan asap tuk2 lebih bs ditoleransi dengan akal sehat drpd bajaj kita. tapi soal skill nyupir, supir tuk2 lebih asoy. yah kayak naik roller coaster tanpa pengamanlah. hahahaha *tawa panik* jadi, biasanya sejumlah supir tuk2 ini bakalan g cape2nya nanya "where are you come from?" (iya g tw knp mereka kepo bgt. udh kepo,salah pula enggresnya.wkwk), trus abis itu mrk bakal nawarin paket tur ke grand palace,dll dng harga lumayan. hati2!!!ini trik!!! biasanya klo kita mau, kita bakal dibawa ke tempat4 lain dulu yg biasa2 aja trus tar dy alesan gt grand palacenya tutuplah ato renovasilah ato pindahlah.. mm.. yg trakhir, ga mungkin si. jadi mending tolaklah smua bujuk rayu supir tuk2 itu krn itu akan menjerumuskan anda!! waspadalah!! Di depan hotel ini, gw berasa kayak lg di taman eden dengan gw sbg hawa dan supir tuk2 ini sbg ular yg bikin sesat. hahaha.. ketinggian imajinasinya. di tengah2 perhelatan akbar melawan supir tuk2, tiba2 bapak taxinya muncul jam 11 siang. sikonnya udh panas beneeerr, jd drpd berpanas2 ria, kita negoin aja tu bapak taxi nganter ke grand palace. sblom brgkt, si nova disuruh foto gt sama paspornya buat bukti klo si bapak taxi udh ngembaliin. hahaha. aneh. untung si nova ga jatuh cinta sama si bapak supir. klo tiba2 naksir, yah setdknya kami tw lah peletnya dpt drmn. wkwk. di jalan, kami baru menyadari sesuatu. sesuatu itu adalah ternyata pejabat Thailand ini narsis2. raja Thailand aja ni yah fotonya dimenong2 bo. dipajang di depan kepolisianlah, depertemen apalah. dan ukurannya juga ga kecil, tp segede baliho. ga cuma rajanya si, tp ada juga yg kami curigai sebagai mentrinya. jadi misal disini di kementrian keuangan, dipajanglah foto mentri keuangan sama pak sby segede papan reklame di depan pagernya. wakakakakak.. narseeiisss mampooouus. 

letak khao san road ke Grand Palace ga gt jauh paling sekitar 20 - 30 menit. nah di Grand Place ini dilarang pake baju yg tipis, menerawang, sexy, celana legging ato celana panjang ketat, celana pendek, rok mini, dll pokoknya harus di bawah lutut lah bawahannya. jadi mending klo mw pake celana pendek, bawa aja kain bali ato apa gt buat nutup. disini si ada persewaanya. modelnya kita deposit uang dulu tar wkt ngembaliin kain, uang kita dibalikin jg tp boo ngantrinya itu loh. nah berhubung kita semua bercelana pendek kecuali ika (yah jd ketahuan de ika yg mana) ,wkt di-stop sm petugas, kita udah siap sedia.
Jadi gini deh penampakannya
itu kita ga sengaja looh kompakan pake baju putih. hehe. tiket masuk ke Grand Palace ini 100 baht per org. kalo pake guide, tambah 100 lagi buat 1 grup. berhubung kita2 pd niat hemat, g pake guide deh. toh wkt masuk kita dikasi brosur gt isinya peta sm penjelasan. jadi yah dibaca sendiri aja de ya kyknya. grand palace ini panasnya minta ampoonn. jd pake sunblock dulu kalo mw kesini. isinya yah candi2 gt yg lapis2 emas, trus ada tempat berdoanya, ada istana juga, gede bangetlah pokoknya. ini beberapa potonya:


ada kejadian unik disini. wkt itu kita2 pada pengen foto sendiri. jadi gw sm chaty barengan cari spot. lagi mw poto, tiba2 ada orang thailand bertiga nyamperin kami berdua. trus minta poto bareng. pertama the ibu sendiri poto bareng gw sm chaty. abis itu gantian the remaja2 yg minta poto bareng. wakakak. rasanya pengen nangis terharu lhooo. seumur2 baru kali ini jadi turis trus diajak poto bareng sm penduduk lokal. wkwkwk. cuma di thailand emg, di indonesia dah kaga mongkeeenn. Setelah puas2 maen di grand palace sampe sekitar jam 1, kami semua laperrr. kita jalan keluar grand palace, nyebrang ke trotoar yg ada ruko2nya trus jalan ke kiri teruuusss lurus sampe ada pasar, nyebrang disitu, masuk ke dalam pasar trus ketemu de sama tempat makan rekomen temen2 gereja gw. makanan ini haram kw super. makanya kita makan dimari. ehehehehe. nama makanannya antah brantahlah. pokoknya itu kyk nasi hainam+sosis babi+daging babi g tw dikasi saus apa gt. kyknya si jarang ada turis kesini jdnya pegawe2nya pd bingung. tempatnya emg bukan kyk restoran. kyk warung makan biasalah. tapi makanannya booo super endang bambang, cyiint. jadi wkt makan, pake bhs inggris sekenanya + bahasa tarzan.
simple tapi mamamia lezatos
Di thailand, g banyak yg bisa bhs inggris. jd klo kemari ni ye, ga perlu bhs inggris yg aneh2+grammar yg indah2 soalnya mrk bakal bingung klo bhs inggrisnya kita kepinteran ato kecepetan ngomongnya. jd harus pelan2. di resto ini, klo blg menu itu udh sold out, mereka bakal bilang "finit" mksdnya finish. org thailand g bisa ngomong kata2 yg akhirannya s. s bakal jadi t. jadi kalo nama lo kentus, sudah dpt dipastikan lo bakal ganti nama jd kentut. haha. ah udhlah knp jd ini yg dibahas. lanjoot..

kenyang makan, kita jalan ke arah perempatan pasar itu trus belok ke kiri. ngapain? kita mw ke wat arun. nah buat ke wat arun, kita harus nyebrang sungai chao phraya. disitu ada jam2nya gt kapan kapalnya dtg. kapalnya itu juga ada beberapa pemberhentian. jd tergantung kita kemana. tarifnya 30 baht gt. kapalnya ini bukan semacem perahu getek ato perahu kayu gt. please de imajinasinya jng indonesia bgt gt de(aseeekk.. wkwk) kapalnya itu yg dari bahan kyk plastik itu lho.. apa si namanya itu? y itu de. tempat duduknya jg bgs. nah kita nyebrang paling cuma 5 menit soalnya emg deket. wkt kita turun, kita berlima kan ngomong mlulu sampe berisik. nah keberisikan kami ini didenger sm seorang bapak2. dy tiba2 blg, "eh org indonesia yah?kita punya tiket wat arun ni masi 3." udah de trus dikasi aja gt. yaaaaayyyy.. lucky us. tinggal beli 2 lagi de. nah sbnrnya t4 apa si wat arun itu? wat arun itu kayak kawasan candi gt. nama lainnya temple of dawn. g tau de mungkin dulu dipake buat shooting breaking dawn (ngaco dot com) tarif masuknya 50 baht per orang. Disana, candi itu bahasa thailandnya wat. jd misal ada percakapan antara turis asing dng warga lokal, mungkin akan terjadi perselisihan semacam ini:

turis: "where do you want to go?"
lokal'ers: "wat"
turis: "mm.. where do you want to go?"
lokal'ers: "I said wat"
turis: "I ASKED YOU WHERE YOU WANTED TO GO!!"

Dan perulangan itu mungkin bakal terjadi terus sampe slh satu di antara mereka berdua mati. wkwkwk. Waktu nyampe, mata gw lgs terpaku pada stand penyewaan baju khas thailand. yup, ini adl cita2 akbar gw klo ke thailand. gw pengen poto pake baju adat lengkap sm kukunya yg puanjaaaaang. sewanya 150 baht per org itu bisa poto segilanya. mantap kan cuy?
kartini-an di thailand
Di wat arun itu ada candi yg tinggi banget. anak tangganya banyak bgt. candinya itu yg ada di bacground poto kita. disini kita bolak balik dicurigai sm ibu2 yg jaga tiket gr2 cuma beli 2. doi curiga kita pake tiket bekas. jd wkt mw masuk, si satpam meriksa lg de. tp akhirnya ibu2 itu yg gondok. ga tau aja tu ibu kita dpt tiket berkat nepotisme rasis. oia, di wat arun, masi ga bole membuka aurat. jd kain2 yg td dipake di grand palace, wajib diberdayakan kembali. nah, abis poto2 disana, kita semua naek kapal lagi buat nyebrang ke wat pho. kapal yg ini lebih kecil dan murah meriah cuma 7 baht. nyampe di shelter-nya, sbnrnya kita smua g ada yg tw dimana wat pho tp kita smua jalan aja lurus terus sampe keluar shelter. abis itu di perempatan keliatan kayak ada wat gt. waktu kita liat, yaaak ternyata itu emg wat pho. di wat pho ini, kain2 td g perlu dipekerjakan kembali. disini lebih bebas. klo di wat pho ini, yah sama aja kawasan candi tp bedanya disini ada patung Buddha tidur yg gedeeeeeeeeeeeeee bangeeeettt. dan patungnya itu dr emas. rasanya pengen nyongkel de. wkwkwk. dasar orang indonesia, jiwa malingnya kuat. wkwk. tarif masuknya 100 baht. bisa si diskon jadi 50 baht tapi kita harus nunggu sampe Buddha-nya bangun :p
kami nampak semakin kurcaci
udah liat2 di dalem, kita keluar dr area patung buddha itu. nah berhubung smuanya pada kebelet pipis stadium 4, kita lgs meluncur ke toilet. di toilet itu, kita lihat ada mbak2. jd kita smua pipis disitu. yang aneh adalah toiletnya jd satu gt antara cewk dan cowk. kita sampe bilang kalo di thailand ini pelit bgt gr2 toiletnya nyatu. waktu itu toilet sepi, jd kita masuk smua. kita berempat udh selesai kecuali ikaz. waktu kita keluar, banyak cowk + bpk2 gt di luar. trus ada turis jepang yg lgs geleng2 gt liat kita. kita lgs nyadar kalo toilet ini adalah toilet cowk. wuahahahaha. kita lgs ngibrit sampe lupa kalo ikaz masih di dlm. begitu ikaz keluar, lgs de dy ngomel2. abis itu baru de kita liat ada gambar cowk nyempil di sudut kamar mandi. hadeuh T_T untung ga lg pada pipis dengan biadab itu cowk2 T_T

okay, dari grand palace, wat arun, wat pho,, udah cukup buat bikin kita eneg liat candi. kita akhirnya keluar mw ke chinatown gr2 pengen nyobain thai tea. kita smua naek 1 tuk2.
gepeng di tuk2
Tuk2 ini cuma sampe di perempatan. jadi selanjutnya, kita jalan sendiri ke chinatown. nah disini itu ya, g ada kekompakan informasi antar penduduk. nanya sama yg ini, ada yg bilang udh tutup, ada yg bilang buka jam 7 malem, ada yg bilang sepanjang jalan ini udh chinatown, ada yg bilang chinatown cuma di gang itu.. aaarrrgghhh hentikan!! cukup!! kami lelah dengan semua ini!! wkwkwk.. ga si, ga gt juga. akhirnya kita jalan2 aja di sekitar situ. disana banyak toko emas dan toko2 lain cuma ya emg udh pd tutup jd g banyak tukang jajanan disana. yah secara kita2 baru dtg jam 5 lewat. udah gt sepanjang jalan banyak yg jual mainan dimana bentuk dari mainan ini adalah sesuatu yg hanya dimiliki oleh seorang pria jika pria tersebut tidak melakukan operasi transgender. yah you know lah. takut kena UU pornografi kalo disebut. ihihihi. udah tadi salah masuk kamar mandi cowk, sekarang disuguhi replika-nya... hadeeuhh matakuu.. sungguh cemar dirimu hari ini. T_T tapi yaaah disini kita nemu toko kacamata yg bentuknya macem2 gt. dr yg normal sampe yg ga normal ada semua kacamatanya. unik2 gt de. harganya 18rb an sajaaaah. moahahahaha. nah gara2 ga nemu apa yg kita mau, akhirnya kita mutusin buat balik aja ke khao san road krn disana sangat berlimpah makanan + kita mau ke susi road yg ada di kawasan khao san situ. susi road ini bentuknya kyk gang kecil yg di dalemnya ada yg jualan souvenir, baju, thai massage dan banyak lagi. tempatnya deket2 kfc situ. kita2 balik ke khao san road naik tuk2 lagi. di sepanjang jalan, banyak juga wat2 lainnya yg udah ga tau lagi apa aja nama2nya, jadi kita namain aja semua wat itu dengan wat ever. thank you.

Nyampe di khao san, berdasarkan rekomendasi dr temen gereja(lagi), kita nyobain salah satu menu kfc disana yg namanya egg tart. egg tart disana kyk menu gocengan disini. rasanya buuunng.. mantaaaab surantaaab.
versi agak gosong tapi tetep enak
kita yg tdnya cm beli 2. akhirnya nambah dan nambah lagi. hahaha. keluar dr kfc, kita lgs nyamber tukang sate babi di depannya. disana, gorengannya itu sate babi, sate ayam bakar 1/4, sate ayam, sosis babi, dll. itu smua ada di pinggir jalan dan harganya cuma 10 baht. elit bgt ya bo gorengannya?wkwk.
Sate babi yg gendut, bikin yg makan juga gendut
kyknya gw klo ngekos di thailand tinggal masak nasi+modal 3rb lg udh bs makan nasi sm sate babi yg klo di indo pasti udh mehong T_T abis itu kita jalan2 ke susi road. keluar dr susi road, kita beli spring rolls(lagi) dan beberapa jajanan lain sbb:

Mango Sticky Rice hanya 20 baht
Mango sticky rice ini ketan sama mangga. bagi yang pernah makan ketan duren, rasanya hampir kyk gt cuma bedanya itu berasa duren yg ini mangga.

Pancake Nutella hanya 40 baht

Pancake Nutella ini sebenernya lebih mirip kayak kulit martabak kosong digoreng. waktu digoreng, dalemnya diisi pisang gt. tar toppingnya tergantung pilihan kita. kalo yg kita beli dan merupakan favorit dari para kalangan pembeli, toppingnya itu selai nutella + susu. Dan hasil dr semua ini adalah.. perut kami buncit maksimal. hahaha.

gara2 kita smua makan di pinggir jalan dengan cara makan yg agak2 brutal, bule2 yg liat jd pd kepengen trus pd nanya belinya dimana. wkwkwk. klo ga nanya, y mrk ikutan beli sambil liatin apa yg kita beli. mupeng ya,bul? kita2 emg penampakan kurcaci tapi tangki, tronton boo. wkwk. abis makan kenyang, pulang de bobo buat persiapan besok.

nah bagi anda2 yg suka wisata bule, jangan kuatir. dateng aja noh, klinterin aja itu grand palace sm smua wat ever itu. bule cakepnya buanyaaaaaaakk buaaangeeeett. dan enaknya, kta bisa ngomongin itu bule cakep apa ga, tepat di depan orangnya. wkwkwk. kaga ngerti ini. kapan lagi coba ngomongin org di depannya tp orgnya g marah? wkwkwk. klo misal g pake guide trus mw ambil poto, bisa minta tolong kok sama para bule2 itu. biasanya bule2 itu baek2. klo org asia, malah suka jutek ato agak2 setengah hati gt de waktu ngambil poto.
okay, see ya ;)

To be continued..

4 komentar:

  1. Gokil cheee...
    Jd pengen kesana de... ;)

    BalasHapus
  2. iya,cha. kesana de.. enak2 makanannya. asiklah pokoknya

    BalasHapus
  3. ah gw jadi pengen lagi ini...pengen kulinernya...pancake nutella banana...

    BalasHapus
  4. samaaaaa,ket. spring rolls, pancake nutella, pad thai, sate2... huaaaa jadi ngiler ni pagi2

    BalasHapus