Jumat, 13 Juni 2014

Maen ke negeri laskar pelangi - Final (Jajan di Bangka)

Setelah menikmati indahnya Belitung, tiba saatnya kami semua hengkang dari pulau belitung menuju ke pulau bangka. bangka ya. a yang paling blakang jangan diganti jadi e tar beda artinya. pagi2 kami semua udah standby di pelabuhan soalnya kapalnya jam 7. untungnya bangun jam 5 juga masi keburu, kebayang kalo di jakarta pasti minimal bangun jam 3. zz..zz.
tiketnya kayak gini:
pinky pinky
Beklah.. kalo ga salah, waktu itu agak molor2 de berangkatnya ini kapal. jadinya si jam setengah 8 baru berangkat. tapi ya sudahlah yah. nyebrang dr belitung ke bangka sekitar 3 jam jadi kami
baru nyampe sekitar jam 11an. si bapak rental mobil jemput jam setengah 12an dan berhubung itu jumat, dy mw sholat dulu. ya udah de kami minta ditinggal di tempat makan. kami ditinggal di deretan tempat makan gt di pangkal pinang, yang ga tau namanya apa. hahaha. berhubung udah overload protein, kami nyari sayur2an disini. pilihan gw dijatuhkan kepada selada sayur gara2 gw penasaran apa itu selada sayur
ini dia si selada sayur
gw bayangin ini kayak karedok gt soalnya si bapaknya bilang sayurnya mentah2. (tetep yew dasar kambing, nyarinya sayur mentah :p ) ternyata waktu dateng, beda. dalemnya beda. ini ada tahunya gt deh diiris tipis2 gitu. kuah kacangnya juga rasanya beda sama yang ada di semarang, bandung, sama jakarta. emang bedanya apa? ya beda aja. soalnya kalo kuah kacang yang di semarang rasa cinta sih. huahahahaha hoeekk pret. si chaty pesen gado2. kalo disini, gado2 itu ada mie nya gt. kuah kacangnya rasanya sama si kyk si selada sayur. default kali yah bikinnya langsung banyak biar efektif.
gado-gado
have I told you lately that I'm a fan of red beans? nope? okay, now I tell y'all. hahaha. penting ga penting yang penting, penting bangeeeettt. masi inget ga kuis itu? ingeet doong biar gw ga berasa fosil. jadi sebenernya gw mw ngomong apa? gw mw ngomong kalo gw pesen es kacang merah buat dessert. sori kalo pembukaannya bertele2. hehe.
es kacang merah
makan disini itu yah murah meriah menyenangkan bingit loh. nih gw potoin menunya. hehe. ga jadi dinamain restoran "ga-tau-namanya" deh.
Setelah perut kenyang dan aman, kita capcus ke botanical garden gara2 liat di internet. kita semua ga ada ide si mau kemana termasuk si bapak supir. yah dia aja yg orang sini ga ada ide, gimana kita. zzz.. zzz.. bangka ini lebih panas menyengat drpd belitung. sampe di botanical garden juga puanassss bangeeeett, kk. bagusnya si kyknya kesini kalo pagi2 yah biar kerasa suasana asrinya.
biar panas, foto2 tetap lanjut
ini arah mau masuk ke dalem
sebenernya botanical garden ini kecil si. ga segede kebun raya bogor. cuma ada kebon2 sama peternakan sapi gt tapi ya ga terlalu menarik jadi kami bentaran doang disitu. gw juga takut ngerusak pohon2 disitu gara2 takut daun2nya gw ambilin buat raw food. hahaha. wokeeh sung cus aja ah ke hotel. hotel yg udah dipesen adanya di sungailiat jadinya agak jauh dari pangkal pinang. salah pesen hotel emang tapi ya udahlah. di perjalanan ke sana, kami mampir ke Martabak acau 89 sama Warung kopi dan ropan tung tau. lokasinya sebelah2an si walaupun warung kopi tung tau ini sebenernya ada dimana2 di bangka. martabak acau ini termasuk martabak yg terkenal di bangka. di tempatnya aja, ada poto sandra dewi sm abang2 tukang martabak, dan artis2 lain.
lumayan keliatan ga si harga +menunya?
martabak tipis coklat keju
martabak pisang coklat
sepintas kayak kue lekker
ini agak lebih tebel dr kue lekker tp enak bangeett
ini alamatnya
Martabaknya enaaaaaaaaakkk.. sebenernya si rasa martabak manis yang enak sebenernya ya seputar2 situ aja cuma makan ini di daerah asalnya rasanya gimanaaaaa gitu. hehehe. tp buat yg penasaran, ini recommended lah. mungkin ini yang dinamakan sugesti rasa. sugesti rasa itu kayak misalnya lo makan di tempat tertentu yg khas banget/mahal sambil ngarep bakalan beda padahal sama aja tp demi menghibur diri lo bilang kalo ini beda. sama aja kayak misalnya lo naksir sm orang, nembak trus ga diterima. sebenernya lo udah tau kalo emang dy nya ga suka tp untuk menghibur diri, lo menumbuhkan keyakinan kalo dy cuma bingung aja sm perasaannya dan masih ada harapan buat lo usaha. ini kenapa jd bahas perasaan? lagi bahas martabak ini,mbak. haha..oke2.

kalo ga tau sugesti rasa, gpp kok. itu gw yg bikin istilah sendiri. hahaha. Sambil nunggu martabak, kami nemenin kak polma cari kopi di warung tung tau yang terkenal banget di bangka. roti bakar disini juga terkenal banget. kirain ya roti bakar y gmn si ya, ternyata emang beda(kali ini beneran beda, bukan sugesti rasa). roti yang dipake itu kayak roti yg kalo di bakery2 biasanya diisi pisang, keju atau coklat gt. best seller nya : roti bakar telor. ya udah de cobain yg itu. 
roti bakar telor
bungkusan keramat
di foto ini, rotinya kelihatan kecil padahal ini gede banget. isi telornya banyak dan ga amis. biasanya kan telor rebus suka amis yak tapi yang ini sih ga. menteganya juga ga lebay jadi ga berminyak banget gt rotinya. aaahh enaaakk de pokoknyaaa. selaen martabak acau dan warung kopi tung tau, kami juga mampir ke otak2 ase. otak2 ase ini juga terkenal di bangka. btw, banyak aja sih jajannya, mbak2? hahahaha.. dibungkus kok semuanya. makannya tar :D
penampakan tokonya
otak - otak
kulit
 
keladi
Otak2 ase ini harga satuannya 2000. gorengan yang lain kayak keladi sama kulit juga 2000. sambelnya ada 3 macem tauco, cabe, terasi. sambel yang tauco ga enak tapi. ga tau deh, ga cocok aja sm lidah kami berempat. keladi ini dari singkong gt. ini juga ga gt enak. mungkin gara2 udah tua.. tua tua keladi *krik.. krik.. krik* kalo gorengan kulit ya kyk yg di pempek. 

Setelah beli jajanan macem2, sung cus ke hotel di sungailiat. emang bener lhooo.. jauuh cyint. sekitar 1 jam-an lah. udah gt salah pesen hotel pula. kyknya di agoda fotonya lumayan tapi aslinya... T_T mendingan yah buat yg mau ke bangka, cari hotelnya di pangkalpinang aja. kalo ke sungailiat, jalan2 aja deh. begitu sampe di hotel, naro barang2 + ganti baju dll, kami langsung pergi lagi ke pantai parai. disini ya emang hiburannya pantai aja. hahaha. pantai yang lain si sama aja, tapi yang paling bagus ya di parai ini. di pantai ini ada resort yg namanya parai beach resort and spa. bagus si tempatnya, ada water sportnya juga. sebenernya ada 2 bagian. kalo ke kanan, pantainya lebih sepi ada kayak dermaga + perahu2 gt. kalo sebelah kiri, pantainya di depan resortnya jadi lebih rame orang yang renang sama yg water sports.
ini dermaga pantai kanan
pantai yg deket resortnya
pantai yang sebelah kanan
ini jalan menuju resortnya
kita di pantai ini sampe kira2 jam 6 an dan ga keliatan sunset. hahahahaha. gatol. di pantai inilah segala macam cemilan yg dibeli tadi siang ludes dibabat 4 wanita kelaperan. muahahahaha. abis dari sini, kami ke warung kopi tung tau lagi buat ngasi makan si bapak supir. kami si pesen minum aja gara2 udah kenyang sama cemilan. beneran koookk cuma pesen minum.
pesenan gw: teh rempah
teh rempah ini rasanya mirip wedang jahe tp ada juga rasa2 lainnya yang terkandung di minuman ini seperti rasa yang telah sirna dan rasa ini lagunya vierra. ribet juga si minumnya gr2 semua rempah masih ada disitu, ga disaring. ya kalo disaring, ya kaga enak lah ya. hahaha. Dan teh rempah inipun menutup kuliner kami di bangka - belitung. besok paginya, kami udah pulang ke jakarta. gw suka banget bakpia. jadi waktu ke belitung begitu ada toko yang jualan bakpia, langsung deh gw beli. hehehehe.

gede pisan
isinya kacang ijo
bakpia ini modelnya kayak bakpia garing tapi kulitnya lebih tebel dan lebih kayak kulit pastry gt. hampir ke roti malah. rasanya sih enak. cuma makan 1 aja udah lumayan. hahaha. ukurannya se-pia legong sih. oke deee.. sampe disini dulu yaak jalan2 di bangka-belitungnya. moga cukup ngasi informasi buat yang mau kesana. :) buat yang belom pernah kesana, ya kesanalah. asik kok ;) mau bayarin gw buat kesana lagi juga gpp. hahahaha kode maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar