Selasa, 13 Mei 2014

Maen ke negeri laskar pelangi - episode 2 (East Belitung Timeeee!!!)

Berhubung hari ini libur, jalan2 kali ini akan dipandu langsung oleh kak Eka dan suaminya. horeee. tadinya mau sarapan di mie atep tapi penuh banget, ya udah de kita ke pantai tanjung pendam dulu. Di pantai ini bentuknya lebih kayak ancol gt si dan ga terlalu bagus. kalau ga salah si masuk kesini bayar cuma kemaren waktu kesini ga ada yang narikin tiket juga si.

 pulau yang di tengah itu katanya dipake juga untuk adegan laskar pelangi tapi ga tau adegan yang sebelah mana. hehe. pantai disini ga dipake berenang soalnya pasirnya suka ngisep. oke. puas foto2, kita lanjut nyari makanan tapi udah pada abis, y udah de kita balik lagi ke mie atep. ternyata antrian udah agak lumayan. cuuusss cyint. berhubung orang2 disitu udah dikit, kami dapet tempat duduk deh. waktu nunggu, lah kok lama banget? ternyata ada orang2 1 bis yang kasat mata. maksudnya, mereka duduk di dalem jadi ga keliatan dari luar. T_T pantesan lama. mie atep ini
termasuk yg terkenal di belitung. poto si tante yang punya ini sama artis2 sampe politikus ada semua. hitz bangetlah tante ini pokoknya. setelah menunggu sekitar 20 menitan, mie nya dateng juga.
tadaaaaaaaaa.....
Mie atep ini mie biasa pake kaldu udang. isinya mie, kentang, udang 2 biji, tahu, timun, sama emping. sepintas rasanya kayak mie kopyok yg di semarang tp ini enak kok. Tapi masih enak mie babi kemaren. Hahahaha teteeeuppp yaah book. Okelah mari kita move on saja dari mie2an ini. Kita lanjut ke belitung timur. Belitung timur ini adalah wilayah kekuasaannya pak ahok dulu jaman masi jadi bupati. Kalo sekarang, udah diganti sm adeknya. Belitung timur ini sebenernya agak monoton wisatanya. Ga kayak belitung barat yang we-o-we banget dengan pantai2nya. Di timur ya lebih ke all about laskar pelangi. Jujur aja gw bukan termasuk fans laskar pelangi. Cuma kayaknya udh kesini, masa ga sekalian. Jadi ya sudah mari kita ngapelin ibu muslimah.

Perjalanan ke belitung timur kira2 1 jam. Disini kami nglewatin kampong lintang. Ini kampongnya si andrea hirata dimana disini terletaklah sd laskar pelangi. 
SD laskar pelangi dan geng rempongnya
ini ruangan kepala sekolahnya
toilet
ruang kelas
kalo keluar kelas pemandangannya kyk gini si, asoy bener yak
ini bukan anak sd nya
 Kata kak eka si sd nya sempet dipindah2in gitu waktu shooting,dll tapi lokasi aslinya y emang di tempat yang kami kunjungin ini. Tanahnya emang kondisinya kayak pasir pantai gini. 

Salut juga ya dengan kondisi sd kyk gini, ada guru yg mau setia ngajar. Kejadian lucu disini adalah waktu itu kan bareng sama grup bapak2 ga tau drmana pake bis. Waktu kami dateng, mereka malah pada moto2in kami. Nah lhoo dikira artis kali ya? Artis dangdut organ tunggal keleus. Haha.

Abis dari sekolahnya, kami lanjut ke museum kata-andrea hirata yang diklaim sebagai museum sastra pertama di indonesia. Isinya y quote2, riwayat buku laskar pelangi, perkembangannya sekarang, sampe ada warung kopi di dalamnya.
salah satu contoh tulisan yg dipajang

warung kopi yg ada di dalem
kecil2 gini deh gelas kopinya
makanan2 kecil pendamping si kopi yang dijual dimari


dalem museum
ini yang beli kopi
Daerah manggar ini emang terkenal sebagai kota warung 1001 kopi saking banyaknya. Jarak 1 warkop dengan warkop lainnya itu kayak jarak indomaret dan alfamart kalo disini. Nyaris tak terpisahkan. Hehe. Jadi emang kopi manggar ini terkenal. Di museum kata ini, kami kembali bertemu dengan geng rempong 1 bis tadi yg poto2in kami. Dan mereka masih saja rempong poto dimana2 sampe susah kalo mau liat ini itu.

Mari kita tinggalkan saja geng rempong tadi dan balik bahas manggar lagi. Walopun kota 1001 warung kopi, simbol di kota ini bukanlah kopi tapi patung kuda. Kata kak eka, ini dibikin sm pak bupati (tentunya tukang yang ngerjain, bukan pak bupati yang bikin patung sendiri) buat simbol biar mereka itu cara berpikir dan kerjanya cepet. Kalo gitu kenapa simbolnya ga lampu aja ya? Kan biar tolak ukurnya bukan tenaga kuda tapi kecepatan cahaya. Mm.. mungkin kecepetan kali ya kalo pake kecepatan cahaya? Tar mungkin kalo udh bisa kerja kyk kuda, baru diganti jadi patung lampu. Teteeupp.. maksa harus lampu. hehe. Okeh abaikan saja, lebih baik kita makan siang. Makan siang kali ini kami dibawa kak eka ke ikan bakar fega. Fega ya bukan tega. Kalo tega itu rossa. Salah satu judul lagunya rossa maksud gw. 

ngerti kan yaaa? *mata-menatap-penuh-asa* #asekbangetbahasagw #bisakalijadijudulsinetron
Ah sudahlah *frustasi-sama-kejayusan-diri-sendiri* 

Resto ini kyknya resto paling hitz di manggar. Lokasinya di pinggiran danau ex penggalian timah gitu trus ada dermaga kecil2an, ada kapal juga yg disewain buat yg mw ngambil tour. 
ini penampakan kapalnya
dermaganya
Waktu kesana, kami barengan sm geng rempong lagi T_T, rombongan reuni smp angkatan 63(kalo ga salah), dan rombongan lainnya. Lagi rame soalnya emang lagi hari libur. Waktu pesen orangnya bilang kira2 1 1/2 jam lagi baru dateng makanannya tapi ternyata ga nyampe sejam juga udah ada :D tempat makannya si menarik. Ada pohon2an, taman, gazebo, ada tempat makan yg di atas, ada yg di bawah. tempat makan yang di bawah ini maksudnya masi di darat yah, bukan di dasar danau. Okelah pokoknya. Kami pesen ikan bulat(ikan kuwe) bakar, udang saos padang, cumi goreng tepung, tauge ikan asin, tumis kangkung, dan gangan. Gangan ini makanan khas belitung. Kayak kuah kuning gt si tapi bedalah. Bagian ikan yang dipake juga cuma kepala dan pakenya kalo ga tengiri ya ikan ketarap. Kemaren kami makannya si ikan ketarap. Pemakaian p, t dan r di nama ikan ini jangan dibolak - balik yah tar jadi ikan ke*ar*t. Haha. Overall, rasa makanannya enak semuaaaaah. G ada yg ga enak. Udangnya jumbo buangeeet. Makan 1 aja rasanya udh puas. Gile de selama di belitung, gw overload protein sama carbo bangeeet. Lupa sama raw food. Haha. Kalo diliat dr porsinya, makan disini termasuk murah. Kami ber-6 abis 400rb an aja tapi bisa makan sampe gila. 
foto dari jembatan dermaga tadi ke dalam resto
tempat duduk kami di pinggir danau
taman di dlm resto
gangan kepala ikan ketarap
udang jumboooo saus padang
ikan kuwe bakar
cumi goreng tepung
nih buktinya kalo ga percaya
Oleh-oleh yang terkenal dari manggar adalah keripik sukunnya. Katanya si beda dan digoreng pake mentega. Jadi gw belilah beberapa buat oleh2. Abis dari ikan bakar fega, kami ke A1, bukit samak. Disini emang kayak bukit gt, ada villa2 gt juga buat disewain. tapi tenang aja disini ga ada mang2 bawa senter sambil bilang, " a', pila nya, a'. pila.. pila" soalnya ini di belitung bukan di puncak. Dari sini keliatan pemandangan pantai lalang. Kalo mw nginep disini,agak susah si kalo g ada mobil. Tapi kyknya emg jarang2 angkot di belitung ini. Apa emang ga ada? Ga tau deh. Bukit A1 ini mayan gede juga. Karena kalo ga gede, namanya ganti jadi A4. Aaahhh.. Maap yaahh gw ga tahan kalo ga ngejayus. Walopun namanya bukit, tetep aja panas. jadi jangan dibayangin bakal agak dingin. hehe.
 
dari atas bukit a1
ini pilla - pilla yang buat disewain itu

Dari sini kami menuju ke pantai burung mandi. Jangan tanya burung siapa yang mandi apalagi dimandiin sama siapa. Plis jangan tanya biar blog ini lulus sensor. Soalnya emang ambigu banget namanya. Pantai burung mandi ini ada di daerah desa suka mandi. Ga tau ni disini orang2 pada suka mandi banget sampe burung juga ikutan suka mandi. Kayaknya gw ga cocok tinggal di desa ini. Hahaha. 
pantai burung mandi yg ga ada burungnya samsek
mbak mbak.. kapalnya jangan dicuri
selfie sukaesih berjamaah
Di pantai ini, ada tempat duduk gt bisa buat kongkow dan disini ada beberapa perahu nelayan gt. Naah di salah satu meja kursinya ada buah bentuknya kayak perkawinan kelengkeng sm duku. Jadi gedenya itu diantara kelengkeng sm duku itu. Waktu dibuka, aernya banyak banget dan makannya tu langsung disruput gt deh. Ga merasa berdosa banget makanin buah orang. Hahaha. Kaga nyuri juga si orang itu ditinggalin. 
namanya buah rambay
Abis dari pantai burung mandi, kami mampir bentar ke vihara dewi kuan im. Vihara ini naik ke atas gt si. Bentuknya ya biasa aja si, kurang spesial kalo menurut gw. Di bawah ada warung tukang kelapa. Disini kelapanya lebih murah 5rb dari di pulau lengkuas itu. Cuma kelapanya emang agak tua si sampe kita minta si engkohnya buat kerokin. Kerokin kelapanya maksudnya bukan kerok punggung. vulgar bener kerokan di warung kelapa. hahahaha
setelah tangga mercusuar, mari kita daki lagi tangga ini

kelapa muda yg lebih tepat disebut kelapa tua sebenernya.haha
Lanjut lagi ya cyint kita ke pantai bukit batu. Ga bosen ke pantai mlulu? Ga sih. Abis pantai disini bagus2 dan beda2 sih. kesamaannya ya paling sama2 ada lautnya. yaeyalaaaahhh.. masa iya ada asapnya nya. ini pantai apa metromini. Lagian pantai bukit batu ini punya keluarganya pak ahok, makanya kita penasaran. Pantai ini sepi juga tapi udah tertata ada tangga sama jalan kecil2 yang dibangun buat menuju ke pantai. 
keliatan kan jalan setapak yg segaris-segaris itu?
udah kyk pantai tak berpenghuni :D


bukan si manis jembatan ancol. ehehehe. sekali2 mejeng di blog sendiri
sedikit kegilaan di kala senja
Eh, daritadi maen2 ke tempat2 wisata hari ini, semuanya ga ada yang ditarik fee yah. Gratis semuanya. Udah capek foto2 tamasya, kami pulang. Perjalanannya sekitar 1 jam lagi. Sampe rumah udah letoy kebanyakan pemotretan tapi kami harus keluar lagi buat ngurus tiket. Ya udah de sekalian beli makan. Kali ini kami makan di chinese food yang halal namanya diva. Disini ada juga lho makanan khusus vegetariannya. Kami pesen capcay seafood, nasi goreng kepiting, bakmi goreng jamur, sama caisim gara2 berasa kangen sm sayuran. Haha. Enak juga kok masakannya dan lumayan rame juga makan disini. gara2 udah keburu laper, ga inget de sama yg namanya foto memfoto. udah lah yaa udah banyak drtd potonya. tar gw terlalu terkenal kan ga enak juga. *ngok*
Hadeeuhh indah bener de belitung ini. Betah gw gr2 makanannya enak2. Hehe. 

besok kita jalan2 ke bangka yaah ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar