Selasa, 29 Oktober 2013

So, this is Sorowako - Part 1

Tanggal 12-16 oktober 2013, gw pertama kalinya menginjakkan kaki ke celebes dalam keadaan sadar ingatan. maksudnya, dulu pernah si ke makassar tapi gw masi kecil banget jadinya g ada secercah memori yg membekas di otak besar ataupun di otak kecil. semua memori itu telah kandas ditelan waktu. tsaaahh. so, sabtu 12 oktober 2013, gw naek airasia pagi jam 06:40. dari kosan jam 4 pagi, naik blue bird sampe gambir kena 40rb gara2 kalo manggil, minimum paymentnya segitu dan gw baru tau T_T ini adalah rekor naik taxi termahal dari kosan - gambir. dari gambir ke bandara, gw naek damri tercinta yg harganya udah naek 10rb sejak lebaran (KGS - Kalo Ga Salah - ini gw bikin singkatan saingannya CMIIW - ga penting jg si dibahas) jadi 30rb. naik damri dari gambir ke bandara jam 04:30 pagi itu hanya memakan waktu 30 menit sajah. mhoahahahahahaha. bener2 waktu tempuh ideal yg seharusnya terjadi menurut mbah google maps. tapi ini jangan dijadikan patokan, kembali lagi gw tekankan ini subuh2. kalo udah lewat subuh, don't you ever dare to try it!! just don't!

Sampe di bandara, ternyata rame bangeeett. yah mungkin gara2 ini long weekend Idul Adha jadinya org2 pada melancong. MELAdeni beNCONG. krik krik.. oke, kita lanjut sajah.
jam 06:00 udah boarding, jam 06.30 pesawat udah siap di landasan tinggal capcus. ini kalo ada yg telat, kasian juga bakal ketinggalan pesawat. oia, FYI, ini pertama kalinya gw duduk deket jendela di pesawat. gw tadinya emg ga gt suka duduk deket jendela soalnya pertama, gw udh parno duluan kalo liat ke bawah. kedua, males kena matahari. haha.. alesan kedua ga banget. tapi.. yah mungkin gara2 gw check in nya cepet makanya bs dapet kursi deket jendela. sebenernya si ya kalo gw bilang, duduk deket jendela di pesawat itu relatif aman daripada duduk deket jendela di bis ato kereta soalnya kalo naik pesawat, g bakal ada orang yg nglempar batu ato benda apapun ke jendela pesawat. kalo di kreta ato bis kan suka ada gt ya orang iseng, yg g tw apa kamsud sebenernya, maen nglempar batu sembarangan ke kaca. ya eyalaaaahh.. jagoan aja bisa nglempar sampe ke jendela pesawat. wkwk. sebenernya si ada suka dukanya duduk deket jendela itu. dukanya itu kalo mw pipis, nyusahin orang2 di sebelah2 gr2 mereka harus ikutan keluar buat ngasi jalan sama kita. *curcol* sedangkan sukanya ya bisa liat pemandangan. ternyata ga serem sama sekali lhooo. ga kayak yg gw bayangin selama ini. justru gw enjoy banget liat2 pemandangan pulau2 kecil di sekitar sulawesi.
ini pulau apa yaaaaaa
berhubung udah lama gw g belajar geografi, gw ga tau de itu pulau apa. hahaha. kebanyakan si pulau di Indonesia ini. *alesan* perjalanan dari jakarta - makassar kira2 2 jam 30 menit tp gr2 perbedaan waktu 1 jam, gw nyampe disana jam 10:05. nyampe disana, sesuai petunjuk kakak gw, gw nyari info buat penerbangan selanjutnya ke sorowako. pertama, nanya sama petugas deket t4 keluar, dy bilang gw harus naek ke atas ngelapor ke bagian transit. waktu gw mw naik, lhooo gmn ini kok eskalatornya turun doang, yg bagian naek pake tangga manual. hmm.. okelah kalo begitu. saatnya mempertaruhkan hasil fitness!! gw naek tangga manual sambil angkat2 koper 9 kg pake wedges. sip buangeeet!! hahahaha. yah untungnya otot gw ini udh lumayan terlatih jadinya koper ini kerasa biasa aja waktu diangkat tapi y tetep aja bisep gw terancam melahirkan gara2 kontraksi maksimal. sebenernya bandara makassar ini termasuk bandara yg gede dan bagus cuma penataannya agak2 nyusahin org yg baru pertama kali kesini. gw di terminal mana aja di jakarta kaga nyasar, disini nyasaaaaarrr. halah emang dasar hobi nyasar aja pake alesan. dulu jaman pertama2 pindah kosan di jakarta, gw aja pake google maps buat nyari gang kosan gw, apalagi de.

setelah sukses ngangkat koper ke atas, gw menuju ke bagian transit. disitu ada beberapa maskapai tapi gw bingung karena g nemuin maskapai yg cocok sama tiket gw. akhirnya gw tanya aja sm mbak2 yg ada disitu dan dy g tau. akhirnya gw ke bagian informasi. nampak dua mbak2 abege yg nampak kayak bocah baru training. mm.. meragukan si tapi.. mmkaaayy.. mari kita coba tanya. waktu gw tanya, mereka justru balik nanya, "pesawat apa ini,bu?" hadooooh deeeek.. kalo saya tau, saya g bakal kesini T_T mereka bingung, saya juga bingung yang penting bisa ketawa.. lhoo.. bukaaann begitu!! akhirnya gw telpon kakak gw nanyain ini pesawat apa dan dikasi tau kalo namanya IAT (Indonesia Air Transport). namun demikian, duo adek2 ini masi ga ngerti juga dan gw disuruh ke bawah ke counter check-in. dek,, tahukah engkau,dek??gw abis angkat2 koper ke atas dan sekarang???inikaaah instruksimu,dek??ke bawah lagii?? haaaaaaaaaahhh.. T_T di sekitar gw, ada 2 bapak2 yg maen alat musik khas sana buat di bandara. bagus si sbnrnya buat perkenalan kebudayaan cuma berhubung gw lg pusing, jdnya malah rame banget dan agak bikin suara pengumuman jd saingan sm suara musiknya. jadi daripada kasian, duo babe ini gw poto ajah biar ga mubazir udah dandan. yiiuukk.
penampakan the babe2
okeh, dari atas kalo mw ke counter check in, adanya cm eskalator ke atas. jadi ke bawah, gw harus angkat koper lagi. kalo mw jalan lain ya, turun ke lobi kedatangan, keluar trus masuk lagi ke keberangkatan.. dan ini jaraknya jauh. y sudahlah ya. akhirnya gw turun sambil angkat2 koper, nanya sama petugas disitu dan dy blg check in nya di ujung sana. gw ke ujung sana, nanya sm 1 petugas, dy ga tau. nanya sama petugas lain, dy blg t4 check in nya di ujung sana deket petugas yg gw tanyain pertama tadi T_T gw bolak balik ampe gempor gara2 org bandara ini geje banget. akhirnya gw temuin juga itu tempat check in pesawat IAT. pertama koper gw ditimbang. abis itu gw ditimbang se-tas tentengan semuanya. fiuuuhh akhirnya check-in juga. setelah berhasil check-in, gw check-in di path. eeaaaa.. penting banget gt ya, kk. penampakan tiket pesawatnya, lebih mirip sama tiket beneran daripada tiket pesawat airasia yg lebih mirip kayak struk blanjaan.
tiketnya pake karton bukan kertas biasa walo nama gw ga diprint disitu :D
penerbangannya jam 12:30 dan jam gw masi menunjukkan jam 11:00 wita. orang2 udah mulai makan siang tp gw belom berasa laper gr2 perut gw masi kondisi perut jam 10:00 wib. hmm.. okaayy.. nyari kfc sama rotiboy titipan kk gw aja di bandara. rotiboy tempatnya ada di deket pintu keluar lobi kedatangan sedangkan kfc ada di jalan berliku2 menuju lobi keberangkatan.. beklah mari kita kencangkan segenap otot betis dan paha!! setelah gw jauh2 keluar demi rotiboy, ternyata rotinya abis blom bikin lagi T_T ah y udah de beli roti o aja. walopun mirip2 rasanya, menurut gw tetep lebih enak rotiboy. btw, bencong kalo dikasi makan rotiboy terus menerus bs jadi lebih laki ga yah? mm.. au dah. g penting jg dipikirin.

Berbeda dari airasia yang kalo ditulis penerbangan jam 06:40, maka dy akan bener2 terbang jam 06:40, pesawat IAT ini menganut paham jam 12:30 adalah waktunya boarding. wokeeh mari kita menuju sorowako!! kita diangkut naik bis2an kecil yg ada di gate ke pesawat. waktu gw liat pesawatnya.. jreeeeeennnnggggggg..... shock gw!! gw bakal naek pesawat kecil fokker 50. aduh maknyak.. 
gmn yak ini rasanya..? 
bakal goyang2 ga ya di atas? 
selamet ga ni gw? 
tar kalo ada angin gede, ni pesawat gmn yak? 
gw bakal mabok kaga ya naek pesawat ini?
gw mesti gmn ya ini?
dan pertanyaan2 lainnya yg ada di otak gw. kalo bisa didengerin, ini otak gw rame pisan siah. hahaha. daripada bingung2 ga jelas, lebih baik gw poto2 aja de ini pesawat.
saking galaunya sampe udh males nyari angle bagus
oia, perlu gw kasi tw disini kalo si pesawat kecil ini harga tiketnya jauh lebih mahal drpd jakarta makasar. pp nya bisa 1,6an. mungkin tagline maskapai ini: ukuran bole kecil, yang penting gw mahal cuy. ini gw ngarang sendiri yak, bukan beneran. berhubung gw keluarga karyawan jadinya disc 50% tapi bisa gratis juga kalo si karyawan berbaik hati ngebayarin lo. yah kayak gw gt de. hahaha. bangga banget modal gratisan. setelah naek pesawat, ternyata g serem sama sekali. ya sama aja kayak naek pesawat2 gede cuma disini bangkunya 2-2 kayak di bis. perjalanannya sekitar 50 menit dan di pesawat dikasi snack. huehehe. di depan gw duduk ibu2 dengan 3 anaknya yg logat ngomongnya kayak ponakan gw semua. default sorowako kayaknya ye. mendekati sorowako, pesawatnya agak goyang2 tapi amanlaaaaahhh. And finally, sampe juga di sorowako. waktu nyampe, udara di soroako mendung2 gimana gt. bandaranya kecil. lebih mirip pool baraya drpd bandara sebenernya. ya namanya juga bandara yg ga dipake buat komersial.
ini bandaranya
landasannya
ini pesawatnya
gw langsung duduk nungguin kakak gw jemput. waktu doi jemput, gw langsung jalan aja sampe dy nanya, "lho, km bawa ini aja?"
gw bingung, "ya iyalah, mas. emang mw bawa apa?"
"ga bawa baju?"
bengong2 ga jelas, "oiyaaaaahhhh.... "
gw lupa kalo bawa koper. wkwkwk. iyeee koper yg bikin bisep gw melahirkan. wkwk. akhirnya gw balik lagi, nungguin mang2 bandara ngambilin koper buat ditaro di pintu keluar. yo'iii.. claim baggage-nya itu jadi satu dengan pintu keluar jadi tolong diinget2 barang bawaannya.

Rumah2 disana modelnya kayak rumah panggung. bukan karena penduduk disana hobi manggung (eksis banget coy), tapi gara2 suka ada babi hutan, monyet, dll. ada yg rumahnya dibuat dari container, ada yg dibuat dari kayu yg konon diimpor dari kanada. ga tau deh bener apa ga. jarak antar rumah juga ga mepet2 kayak di kota soalnya di sekeliling rumah ada tamannya. penampakannya kira2 seperti ini:
poto rumah panggung
kebon nanas samping rumah
enaknya punya rumah yg halaman gede itu bisa nanem macem2 yak. kakak gw aja sampe bikin es buah dari hasil kebon sendiri. kalo di jakarta si yah, ga ngimpi de rumah begitu.

jadi sebenernya tempat apa si ini? oke gw jelasin ya, bapak ibu sodara sodari. jadi disini gw tinggal di perumahan INCO yg udah diganti nama jadi VALE dimana perusahaan ini ngurusin yg namanya tambang nikel. Kebetulan, entah sengaja apa ga, di mobil kakak gw ada batu nikel. kayak gini de bentuknya:
ini yg belum diolah
luar biasa edukatif sekali yah postingan gw kali ini kayak pelajaran geografi. hahahaha. narsis banget. pas udah sore2an, gw sama keluarga kakak gw maen ke Danau Matano. ini poto yg gw ambil pake fitur panorama. yah walopun agak2 miring, gpp lah ya.


dermaganya
ponakan gw with her hot auntie. ekekekekekek
Disinilah kolam renang terbesar orang2 Sorowako. hehe. bisa poto2, mancing, renang, olahraga air, jalan2, duduk2 sampe masak rendang juga bisa. wkwk. rempong bener masak rendang.

Dan beginilah hari pertama liburan gw di Sorowako. besok2 gw posting lagi lanjutannya kalo sempet. deeeeuuhhh sok sibuuukk nyeee si mpookk. genggeess banget de. hahaha. okelah kapan2 disambung lagi :D

4 komentar:

  1. Ntar ikutan kenzie ke pomalaa ce...

    BalasHapus
  2. beli tiket pesawat makasar-sorowako dimana yah?

    BalasHapus