Selasa, 08 Mei 2012

Korban kekupretan sistem

Sebagai manusia pada umumnya, gw juga pernah sial. kali ini bukan sial lucu tapi sial yg bikin dongkooooooooooooollllllllll  mampuuuussssss. gw udh lama banget ga marah besar kayak gini. trakhir kali gw marah besar kayak gini sekitar 3 ato 4 taun yg lalu gt. dahsyat banget kadar sebelnya sampe kalo di marvel,, gw mungkin udah berubah jadi hulk. hahaha. kejadiannya baru kemaren dan sukses banget bikin gw jd pendiem mendadak. gw tau banget si sifat gw kalo lg marah besar gini. orang2 bisa ikutan kena semprot walopun mereka cm bcanda ato apa gt, jd daripada kita ga temenan lagi, mendingan diem aja. hahaha.

ceritanya adalah sebagai berikut, tanggal 22 februari 2012, gw beli tiket kereta buat tanggal 25 maret dari Semarang ke Jakarta. gw beli lewat telpon lalu bayar lewat internet banking Mandiri. waktu gw bayar, transaksinya gagal. yah selayaknya di bank, pasti prosedur reversal langsung dijalanin dan duit gw lgs balik. di internet banking tgl 22 februari tercatat record transaksi gagal dan transaksi reversalnya. akhirnya gw telpon ke KAI buat nanya status tiket gw yg itu. mereka bilang transaksi tiketnya berhasil di mereka. tapi sekarang masalahnyaaaaa.. gw ga bisa cetak tiket karena gagal. akhirnya dari pihak KAI nyuruh gw ke mandiri buat nyetak tiket disitu. gw pergi ke cabang dan mereka bilang itu transaksinya gagal jadi lebih baik minta KAI nya batalin aja. oke. gw telpon lagi itu KAI minta batalin trus gw beli lagi. transaksi yg kedua ini berhasil. gw berhasil dapet tiket dan yah begitulah. end of case.

di bulan april awal, gw cek internet banking dan tiba2 gw menemukan ada pendebetan otomatis tanggal 19 maret 2012. waktu gw liat2, nominal yang didebet sama persis kayak harga tiket gw wkt itu. gw coba trace lagi traksaksi tanggal 22 februari tadi. waktu gw liat lagi, record transaksi gagal + reversal itu udah ga ada. dan sebagai gantinya ada record pendebetan otomatis di rekening gw tanggal 19 maret 2012. ini jelas2 tidak bisa dibiarkan!!!! langkah pertama gw saat itu adalah pergi ke cabang mandiri terdekat. gw sampaikanlah komplain gw itu dan dibikinin komplain tertulis gt yg bakal ditindaklanjuti 14 hari kerja. si mbak2 cs pun janji bakal nelpon gw. okay, ditunggu ya mbak telponnya.

gw pun dilanda banyak urusan yg bikin lupa sama duit gw wkt itu. lagian si mbak belum nelpon juga kan ya? setelah kira2 1 bulan, gw putuskan buat datengin cabang. waktu gw datengin, si mbak bilang, "oh iya ini udah ada balesannya tapi kok saya kelewat yah, lupa nelpon" (_ _!!) ternyata balesan dari mandiri pusat adalah: mandiri tetep bayar karena dianggap transaksi berhasil oleh KAI. jadi si mbak2 cs mandiri nyuruh gw confirm KAI (again) buat mastiin. dan ga cape2nya gw telpon PT KAI buat konfirmasi. dari pihak KAI ngasi jawaban katanya mereka si bisa trace transaksi tapi soal debet mendebet itu urusan bank, bukan urusan mereka. jadi gueeeeeeee... sekali lagiiii.. disuruh konfirmasi ke mandiri. daripada capek ke bank, gw mendingan telpon 14000. dari cs mandiri di 14000 itu nyuruh gw ke cabang karena gw udh bikin pernyataan tertulis disitu dan status komplain gw itu masih menunggu konfirmasi dr cabang jd masi bisa banding.

besoknya, gw ke cabang buat konfirmasi ulang. mbak2 cs mandiri udah mau banding tapi dy pastiin dulu ke siapa gt lah. nah dari sononya ngasi jawaban kalo transaksi itu menurut PT KAI berhasil (padahal wkt itu gw udh minta dibatalin T_T) jadi dari mandiri ditagih buat bayar lagi. jadilah rekening gw didebet. nah mereka minta gw buat minta refund ke KAI. ditambah lagi komen mbak cs yang bilang klo seharusnya wkt itu gw tetep minta aja tiketnya ke KAI. plis deh mbak... kita itu hidupnya masa sekarang bukan masa lalu. jadi tolong sarannya diucapin pake grammar present tense, jangan past tense!!

okelah, untuk yang ke 3 juta kalinya gw balik telpon KAI lagi dan dengan entengnya mereka bilang klo transaksi gw udh lebih dari 1 bulan jadi dianggap udah selesai dan katanyaaaaaahh.. database mereka udah diapus. jadi yg ada cuma data 1 bulan. wow.. gile keren banget ya kinerja KAI. database cm ada dlm waktu 1 bln. sedangkan di kantor gw aja ni ya, data nasabah 15 taun yang lalu juga masi ada. ( w tunjukkin ni kalo ga percaya.) si mbak cs KAI pake acara setengah nyalahin gw pula gara2 kelamaan. gw lgs aja semprot dengan bilang kalo gw nunggu konfirmasi dulu dari mandiri. akhirnya dy cuma bisa bilang maaf karena emg gt prosedurnya. trus dy lanjut cerita kmrn2 ada yg kehilangan jg mw reimburse tapi g bs gara2 udh lebih dari 1 bulan juga. huaaaaaaaaaaaaaaaahhhh.. duit gw secara resmi ilang. yang bikin bete itu sebenernya bukan cuma uangnya. tapiiiiii.. dalam proses ngurusnya juga,, udah lelet, dilempar kesana kemari, suruh bolak balik nelpon sana sini,, eeeeh ujung2nya cuma muncul maaf dan duit gw ga balik. T_T seangus2nya, kan gw udh suruh bataliiiiiiiiiiinnnnnnn!!!! kenapa tetep dieksekusiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii?????????????????? itu kan duit oraaaaaannnggggg, pantesan KAI rugi mlulu, cara kerjanya aja kyk gini. gw ngebayangin gt org2 yg ga pny internet banking trus tiba2 ngalamin kejadian kyk gw.. maaaaann, dy ngeceknya gmn? g nyadar dong orgnya tiba2 duitnya udah kedebet??

Dulu nyokap gw pernah ngalamin hal kayak gini juga tapi sama mandiri. waktu itu ngambil duit di atm, duitnya ga keluar tp transaksinya dianggep berhasil. ujung2nya duitnya ilang juga gara2 mandiri nya g ngakuin. ada juga nyokap temen gw, dan temen gw si a, temen gw si b, dan masi banyak lagi. huuuffff... kesel gw sm perusahaan yg pny sistem gajebo gini. ya mandiri, ya KAI. sama aja ngeselinnya.

seandainya kata "maaf" itu ga pernah ada, mungkin orang bakal lebih tanggung jawab sama kesalahannya. sadar ato ga, kata "maaf" itu seringkali jadi tameng orang buat nganggep remeh sesuatu. klo udah salah, mikirnya.. ah udh gampang, minta maaf aja si a pasti bisa ngerti kok. padahal si a selaku pihak yg menerima akibat kesalahan si org tadi merasa dongkol luar biasa. -______-

jadi, siapapun yg baca ini, hati2 aja de kalo transaksi. ini adalah curahan sakit ati gw ke Mandiri dan KAI karena.. ah sudahlah baca aja di atas karena apa. gw ga akan naik kereta lagi kalo ga kepaksa dan sedang memikirkan untuk nutup rekening gw di mandiri. hahahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar