Kamis, 22 Desember 2011

My Mom, My Princess

3 hari sebelum natal, 22 Desember adalah hari ibu buat orang Indonesia.
Apa si sebenernya arti ibu buat lo?

buat gw, my mom is my best friend. orang yang selalu ada sebagai tempat curhat, temen maen, temen diskusi, pemberi nasehat, dll.

gw adalah anak bungsu dari 2 bersaudara. jarak antara kami berdua adalah 11 taun. tet teret tereeeettt!!! iya emang jauh banget. banyak yang bilang kalo gw adalah anak hasil kebobolan. maliiing kaleee gw ngebobol2. wkwkwk. tapi yang sebenernya adalah, gw anak yg diinginkan :D setelah kakak gw lahir, nyokap gw keguguran 2x. berapa kali? 2 kali. Dokter bilang, nyokap gw udah ga bole hamil lagi tapi nyokap gw pengen anak cewk. Then, God granted her wish dan voilaaaaaaaaaaaaaaaaaa.... saya dataaaaaannngg. hehe. sori ya mas, ente gagal jadi anak tunggal! >:) moahahahahahahahahahaha.

kakak gw pergi kuliah ke ITB waktu gw masi SD kelas 2. hasilnya adalah... gw hampir kayak anak tunggal di rumah. kalo temen2 sekomplek lagi ga ada, temen maen gw ya cuma nyokap. sekarang coba bayangkan, anak cewk, bungsu dan berasa kyk anak tunggal.... udah?.. oh belum.. y udah 2 menit lagi ya bayanginnya. 

2 menit kemudian...

oke waktu habis. kira2 gimana kelakuan gw waktu kecil? sudah dapat dipastikan, gw adalah anak manja sekali. gw sangat menyadari sekali kalo gw adalah anak yang sangat menyusahkan nyokap waktu kecil. berikut adalah daftar kesusahan2 yang gw kasi ke nyokap waktu kecil:
  • masih di-susu-in sampe umur 2 taon. pernah nyokap gw sampe ngolesin kunir di "pabrik"nya biar gw jijik tapi gw nangis2 sambil nyeret nyokap gw ke kamar mandi buat dicuci. anaknya lebih licik >:)
  • selalu berantem setiap bangun pagi buat sekolah. ini terjadi sampe SD. abisan males de bo skolah lagi, skolah lagi. bosaaaaannn aku dengan penat kan ya.
  • minta ditungguin waktu sekolah TK. gw adalah anak yang pemalu sebenernya (ga percaya,y udah) apalagi sama orang baru. cm dulu waktu kecil lebih ekstrim. setiap pertama kali masuk sekolah TK ato SD, nyokap gw harus selalu terpantau di mata gw. klo ga, bisa langsung mewek dengan sukses. yg ngenalin ke temen2 gw, yah nyokap gw. jadi tar nyokap yang sibuk kenalan trus nyari temen duduk buat gw biar ga kesepian gt ceritanya.
  • selalu dibuatin aer panas buat mandi. di rumah gw, ga ada mesin pemanas aer otomatis. jadi klo mw mandi aer panas, ya masak aer. sebenernya si, Semarang itu kan super hot yak. abis mandi pake aer dingin aja keringetan, apalagi deh. wkwkwk. cuma nyokap gw sangat perhatian. tiap hari gw dimasakin aer panas buat mandi. tapi sampe SD doang de. SMP udah ga.
  • disuapin sarapan tiap pagi sampe SMP kelas 2. gw adalah anak yang lelet dlm hal siap2 di pagi hari sampe sekarang. hahahahahaha. maklum klo pagi2 bangun kan nyawa belum kekumpul semua, jd gw suka bengong2 sendiri dulu sampe beberapa saat. jd jangan ngajak ngomong gw di pagi hari, mungkin lo bakal ngomong sama 1/4 gw ato bahkan 1/7 gw. jiaah kyk voldemort aja ni nyawa disebar2. wkwk.
  • dianter jemput pake sepeda sm nyokap waktu TK. skolah gw deket sama rumah. jadi nyokap gw selalu nganter jemput gw naek sepeda lalu stand by disono sampe pulang sekolah. untung banyak ibu2 yg lain, jd kongkow de mereka. hehehe.
  • selalu bobo sama nyokap gw dimanapun. kalo nginep di rumah sodara ato di rumah orang, gw harus selalu bobo sm nyokap gw. kalo ga, gw ga bakal bisa tidur, dilanjutkan dengan kegiatan nangis. wuahahaha.. cengeng banget si gw dulu. ga banget de. wkwkwk
  • ngompol sampe kelas 4 SD. haha. iyaahh gw tau.. malu2in. gw dulu masi bobo pake perlak sampe kelas 4 SD. entah apa yang terjadi dengan kantung kemih gw sampe begitu aktif berproduksi walopun gw udh bobo T_T
  • ngajarin setiap ada ulangan. selama TK sampe SD, nyokap selalu ngajarin gw. bahkan kadang sampe marah2 sendiri kalo gw ga ngerti2. hehe. 
Itulah beberapa kesusahan yang gw kasi waktu kecil walopun gw tau itu cuma sebagian kecil dari sekian banyak masalah yang gw bikin :D Jangan dibayangin nyokap gw adalah ibu2 yang normal, kalem dan lemah lembut. kalo anda2 melihat betapa gilanya gw jd manusia, demikian jugalah nyokap gw. cuma doi sedikit lebih normal-lah. kalo di rumah ato lagi telpon, gw selalu bcandaan sampe sakit perut. dimanapun, kapanpun, selalu ada hal2 yang bisa ditertawakan berdua. walo begitu, ga selalu hubungan kami baik. ada kalanya kami berdua berantem buat hal2 kayak gini: kadang gw pengen pake baju yang ini, tapi nyokap pengen gw pake baju yang itu. ato ga dibolehin pergi2 sama temen2 gw, ato ga dibolehin beli kaset/majalah, ato disuruh2 ikut aktif kegiatan ini itu tapi gw ga mau, ato diaduin ke bokap kalo gw bertindak macem2. yah hal2 simple kayak gt yang kadang bikin gw ngambek sm nyokap.

namun demikian, kasih Ibu itu sepanjang masa. nyokap gw ga pernah complain, semuanya dijalani dengan tulus. sampe gw gede pun perhatiannya ga pernah berubah. dari mulai dibawain bekel tiap gw harus les pulang sore, dianterin daftar ulang di kampus, ditungguin + dibantuin waktu ospek, dicariin kosan di pekalongan waktu gw harus OJT disana, dll. walopun ga semua perhatiannya bisa gw terima dengan baik karena kadang gw ngerasa udah gede dan bisa ngehandle smuanya. kayak waktu mau tanda tangan kontrak, gw adalah satu2nya orang yang dianterin nyokap T_T pdhl gw udah ga mau, tapi nyokap maksa krn mau sekalian bantuin nyari kosan. kadang2 nyokap gw juga ga selalu tau apa yang gw mau. kayak kalo beliin baju, kadang gw ga cocok sama modelnya. tapi semuanya itu sebenernya adalah tanda bahwa nyokap sayang banget sama gw.

nyokap gw bukan tipe romantis yang biasa bilang I love you ato makasih ato kalimat2 sweet ala ibu dan anak. tapi perhatiannya itu gede banget buat anak2nya. waktu dulu jaman di bandung, klo gw pulang ke rumah, nyokap gw selalu masak apapun yang gw suka. selaen itu, di atas kasur ato di dalem lemari, selalu ada baju baru ato daleman baru. pernah juga nyokap gw tiba2 beli sprei intermilan. waktu gw nanya, "lho ma ini kok ada sprei intermilan?" 
"lah kamu kan suka sepakbola to?kata yang jual,ini sprei milan"
eeeeaaaaaaaa... padahal gw sukanya AC Milan. tp ya udah terlanjur akhirnya gw terpaksa harus tidur beralaskan sprei rival sekota. panas booo panas rasanya penuh dendam dan amarah beralaskan logo intermilan. hahaha.. lebay

Sekarang, nyokap udah ga kayak dulu. Dulu, dia aktif dimana2. di gereja, PKK, kelurahan, kelompok ibu2 kristen sekomplek, dll. Sejak sakit, nyokap gw udah ga aktif lagi. pergi ke luar kota pun ga. paling2 cuma pergi buat acara gereja. sometimes, gw kangen saat2 hang out sm nyokap buat shopping ato makan bareng tapi yah harus diterima dulu keadaan yg sekarang sambil berharap Tuhan bakal segera nyembuhin nyokap gw seperti sedia kala. Keadaannya pun sekarang brubah. kalo dulu nyokap gw yang selalu perhatian dan ngurusin gw, skrg gantian gw yang berusaha untuk merhatiin nyokap walo apa yang gw lakuin ga sebesar apa yg udah nyokap gw kasih selama ini.

Lagu di bawah adalah lagu yang selalu gw dengerin setiap kangen sama nyokap. klo dikasiin ke doi, percuma. kaga ngerti basa inggris orangnya. wkwkwk. liriknya dalem, lagunya so sweet banget, videonya bagus, yang nyanyi juga mirip sama gw. wkwkwk.. teteuup ujung2nya narsis. cekidot =>

 

She used to be my only enemy and never let me be free
Catching me in places that I knew I shouldn't be
Every other day I crossed the line
I didn't mean to be so bad
I never thought you would
Become the friend I never had

Back then I didn't know why

Why you were misunderstood (Mama)
So now I see through your eyes
All that you did was love

Mama I love you, Mama I care

Mama I love you, Mama my friend
You're my friend

I didn't want to hear it then but

I'm not ashamed to say it now
Every little thing you said and did was right for me
I had a lot of time to think about
About the way I used to be [harmony]
Never had a sense of my responsibility

But now I'm sure I know why (I know why)

Why you were misunderstood
So now I see through your eyes
(See through your eyes)
All I can give you is love
(All I can give you is love) 

 
Mama I love you, Mama I care
Mama I love you, Mama my friend
Me loving you, you loving me
A love that's true and guaranteed
Me loving you, me loving you
You loving me, you loving me
A love that's true, a love that's true
And guaranteed, so true
Me loving you, you loving me
A love that's true and guaranteed
Me loving you, me loving you
You loving me, you loving me
A love that's true, a love that's true
And guaranteed, so true

Mama gw mungkin ga sepinter ato secantik Mama orang lain. tapi tetep aja sosoknya ga bakal tergantikan oleh apapun. Bentuk perhatiannya juga ga selalu bisa gw ngertiin. mungkin nanti ketika gw sendiri jadi seorang ibu, baru gw bisa ngerti gimana berat dan capeknya jadi seorang ibu. kalo bisa gw bilang, ketika seorang wanita menikah dan punya anak. Dia hampir ga punya kehidupan sendiri. Hidupnya jadi milik suami dan anak2nya. tapi gw yakin pasti ada kebahagiaan dan berkat tersendiri di balik itu semua.

Happy Mother's Day, Mommy
Thanks for always being there for me.
I will always love you :)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar