Senin, 12 Desember 2011

Inspirational Movie on Sunday

2 minggu yang lalu adalah hari yg penuh dengan kegagalan dan kemendadakan. ada g si bahasa kemendadakan? bukannya kemendadakan itu adalah hak segala bangsa? eeaaaaa... kemerdekaaaaaaaann kalee itu. jadi dari hari sabtu, gw sudah membulatkan tekad untuk ke gereja hari minggu ikut SERVICE 1 jam 07.30!!! yeaaaaahhh..!!! ternyata, keesokan harinya, waktu alarm gw nyala jam 06:00, entah mengapa jari2 ini reflek buat matiin. http://www.emocutez.comuntuk kemudian terbangun dengan utuh di jam setengah 8. abis itu siap2 ke gereja, ngajar skolah minggu jam 9, trus baru ikutan service 3 jam 12:30. abis service, diajak pulang bareng sm vina. kebetulan waktu itu lagi gereja bareng mbak ester sm chaty. ya ude barengan de. tadinya chaty mw ke semanggi, mbak ester mw beli helm. jadi kami semua memutuskan untuk pulang ke kosan. di tengah jalan, mendadak vina pengen makan di tinoor. kebetulaaaaannn!!! kita2 jg mau. jadi de 4 cewk, makan dengan biadab di tinoor. http://www.emocutez.comsetelah hasrat perut terpuaskan, sung capcus pulang ke kosan. sampe di perempatan sarinah, kembali si vina mengeluarkan kalimat sihir, "machine gun preacher yg kmrn ditonton efrat tu kyknya bagus lho."
gw: "jadi gmn?ntn kita?"
vina: "baru mw ngomong"
lah trus bagaimana dengan chaty dan mbak ester? temen si chaty ga jd ke semanggi sehingga rencana batal, mbak ester lebih milih buat beli helm di lain hari. hakz2. okelah kalo begitu sung capcus ke FX!!! abis beli tiket, kita muter2 nyari tempat hang out, ngobrol2 dan akhirnya ntn film itu jam 17:45. kira2 ini penampakan posternya:

oia, buat yg blom nonton dan pengen nonton dan ga suka spoiler, lebih baik jangan dilanjutin baca postingan ini soalnya kalimat2 berikutnya bakal mengandung spoiler. hehehehe. kata mbak ester, film ini sadis. jadi gw udah ngebayangin film macem Faster- nya Dwayne Johnson yg darah dimana2 soalnya awal2 film emg rada2 bikin sesak napas adegannya. cuma setelah film berjalan... filmnya tidak sadis sama sekali (menurut gw) tapi justru sedih, menggoncang iman dan takwa kepada Tuhan YME. ditambah lagi, film ini berdasarkan kisah nyata. jadinya makin.. http://www.emocutez.com
Alkisah Sam Childers yg baru aja keluar dari penjara dijemput sama bininya. Sam Childers ini adalah anggota geng motor. ga tw de anggota XTC ato Brigez. Sam dipenjara gara2 ngerampok Circle K. wuahahaha.. ga deeee emangnye geng motor abege di bandung. waktu sam keluar penjara, istrinya udah tobat dari kerjaannya jd penari striptis. waktu keluar penjara, Sam masi dengan kebiasaannya yg lama. masi mabok2an, pake narkoba, nyerang orang2 pake senjata, dll. sampe akhirnya,, karena sesuatu terjadi, Sam akhirnya mau ke gereja and tobat dalam tempo yang sesingkat2nya. sejak saat itu, kehidupan Sam berubah total. Dia jd tanggungjawab banget sama keluarganya. Dia kerja sana sini sampe akhirnya dia bisa bikin usaha kontraktor sendiri. nah, pada suatu ketika, Sam ikut misi ke Sudan buat bantu nyelesein proyek perbaikan rumah disana. naaaaaaaaaaaaaahhhh.... ternyataahhh... jeng jeng jeng jeng!!! perjalanan inilah yang mengubah hidup seorang Sam. wkt temen2nya mw pergi hang out ke kota, dy milih ke Sudan selatan. eh, selatan apa utara ya? selatan kayaknya. ya kalo salah, tinggal naek kopaja-lah ke utara. jauh deket 2rb kok. hahaha.. ngaco. sesampainya Sam di Sudan selatan, dia bener2 jadi tergerak buat ngebantu anak - anak yatim piatu yang orang tuanya pada dibunuh sama LRA. FYI, LRA itu singkatan dari Lekong Rempong de Aaach. laaaah.. organisasi bencong dong. wkwkwkwk. ga ding. itu semacam kumpulan pemberontak kristen gt lah disana. cuma menurut gw yah g bs disebut kristen si soalnya mereka memberontak dengan ngambilin anak2 kecil buat dijual, dijadiin budak, diperkosa, dikorbanin buat ritual2; padahal Tuhan kita kan penuh kasih ya cyiint? yiiuukk. oke.. sampe mana tadi kita sodara2? jadi lupa.. mm.. oh iya. setelah Sam selesai kunjungan ke Sudan, pulanglah ia ke ribaan paman sam a.k.a Amerika (biar agak gemanaaa geto bahasanya). Di amerika, perasaan Sam makin galau. Dia langsung nge-desain gereja disana buat orang2 mabok, kecanduan narkoba, prostitute biar ga ngerasa di-judge wkt ke gereja + desain panti asuhan buat anak2 di sudan. Perjuangan dia bener2 maksimal lhoooo. awal2 bangun panti, pasukan Lekong Rempong Ah dateng buat nyerang pake high heels sm lipstick. wuakakakakak.. ini mah panggil satpol PP juga beres. Sam yg dulunya preman, udah terlatih banget buat pegang senjata. sehingga, setelah serangan demi serangan dr pasukan LRA, dia mulai geregetan. doi mulai ngajakin tentara2 yg bantu dy, buat nyerang LRA. bener2 gokil de. Di amerika, dy sharing di gerejanya tapi begitu balik ke afrika, sung nyari anak2 yg diculik sm LRA sambil bawa2 senjata kemana2.

Sam sempet down banget waktu sahabatnya meninggal karena OD, John Garang (wapres+politisi perdamaian sudan selatan yang ngedukung sam) meninggal karena kecelakaan helikopter dan bantuan dana yang makin menipis. Dia udah hampir bunuh diri di Sudan tapi kemudian ada satu anak kecil yang tadinya ga pernah ngomong, sekali ngomong langsung.. tsaaaaaaaahhhh.. nancep sampe ke ubun2. Sam ga jadi bunuh diri, semangat lagi dan mulai berjuang lagi. walopun dia jadi bolak balik Amerika - Sudan, keluarganya masih utuh, gerejanya jg masih jalan sampe sekarang.


Kalo gw bilang, bisa jadi Sam Childers ini kayak Rasul Paulus jaman sekarang. sebelum ganti nama jadi Paulus, kan om Saulus ini pembunuh. Sam juga pembunuh. berarti harus ganti nama jadi Pam juga dong? mm.. ga gt jg si. Nah, setelah Tuhan memanggil dan diikuti oleh respon dari mereka, kehidupan mereka menjadi jauh lebih baik. apa yg terjadi kalo rasul Paulus udh didatengin Tuhan tapi masi aja ngeyel? pasti ga ada tuh kitab korintus, roma, filipi, efesus, dll. dan tentu saja rasul paulus pasti masih buta. begitu juga sam. kalo dy ga ngrespon panggilan Tuhan, otomatis dy masi jd pemabok ato malah udah mokat gara2 OD juga.
Tapi tapi tapi.. hidup mereka setelah ngrespon panggilan Tuhan toh masi g enak.
  • Rasul Paulus = bolak balik masuk penjara gr2 menginjil, dianiaya, disiksa.
  • Sam = harus hidup ekstra waspada gr2 diburu sama LRA, hidup seadanya di sudan pdhl dy pny macem2 di amerika.
 iya si emang. trus bedanya apa? bedanya, walopun mereka ada di situasi yang ga enak tapi mereka masih bisa jadi berkat buat orang lain. mereka bisa tetep ngerasa sukacita di tengah penderitaan. hidup mereka jauh lebih berguna, ga kosong dan yg paling penting, Tuhan  itu ga pernah berhutang. If we take care of God's business, He will surely take care of ours. walopun Sam hidup dengan bolak-balik afrika-amerika, keluarga dan gereja yang dy bangun tetep utuh dan terpelihara. begitu juga rasul Paulus, kebutuhannya selalu Tuhan penuhi. 


Rasul Paulus, Mother Theresa, Sam Childers adalah sebagian kecil dari banyak pelayan2 Tuhan (yang ga ke-expose) yang rela ninggalin semua yang mereka miliki demi hidup untuk melayani orang lain. Pada dasarnya, kita semua diberi hidup untuk melayani orang lain sesuai dengan teladan Tuhan Yesus yang selama hidupnya didedikasikan untuk melayani. Ketika Tuhan memanggil mereka, mereka langsung merespon dan melangkah dengan iman tanpa banyak alasan. Gimana dengan kita? ketika Tuhan mengetuk hati kita untuk melayani orang lain, respon seperti apa yang kita kasih?
iya?
tidak, dengan sejuta alasan2 yang di-zip trus di-attach jd pendamping kata tidak?
ato malah not responding? 


klo not responding, ati2 lho. jangan sampe Tuhan nge-klik tombol end now. hahahaha. ga ding bcanda (iya tau bcandaannya serem)


wokeeeehh... 
Have a good monday, everyone :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar