Rabu, 09 November 2011

Especially to my DATE SP5

Ada pertemuan pasti ada juga perpisahan.

ini adalah satu2nya kalimat yg paling gw ga suka. tapi sebagai manusia yg masi idup, pasti banyak bgt hal kyk gini bakal kita alami. gw adalah org yg suka berteman. dari dulu, gw pengen bgt selalu in touch sm org2 yg gw kenal tapi hidup itu ga statis, hidup itu dinamis. hidup itu selalu bergerak, season to season, bikin lo selalu ketemu sama orang2 baru, karakter2 baru, ngebawa lo ke tempat2 yang baru, bahan pembicaraan yang baru, pengetahuan baru, dll. ada orang2 yang diijinkan Tuhan terus nemenin kita, ada yang cm dateng di 1 season, ada yang dateng cm buat bikin masalah, ada jg yang on-off datengnya. yang jelas... mereka diijinkan Tuhan hadir di hidup lo untuk sebuah tujuan. mereka adalah alat-alat Tuhan untuk mendewasakan kita, memberi kita pengenalan ttg berbagai macam karakter manusia, ngajarin kita gimana cara handle masalah, dan untuk mendorong kita menjadi lebih baik.

adalah DATE..

sebuah komunitas yang gw pikir ga jauh beda dari kelompok sel lain di gereja yang pernah gw ikuti. sebuah komunitas yg gw ga tw kenapa disebut second home sampai kemudian gw memutuskan untuk join. gw dateng bertiga. ga ada yang gw kenal di date itu selain 2 org temen gw tapi mereka ramah banget. sebagai org yg ga pinter basa basi ato memulai suatu pembicaraan sm org baru, otomatis gw belum nyambung2 banget, yah well selain krn gw masi baru juga. selasa depannya, sebagaimana wajarnya anak baru, gw dateng date klo temen gw dateng soalnya emg blum kenal2 banget sm yang lain. gw mulai coba lebih deket sm mereka. makan siang bareng tiap jumat, hang out, nonton, date tiap selasa. disinilah baru gw temukan bahwa mereka lebih dari sekedar teman, they are my new family in Christ.

mereka bukan org2 yg sempurna. mereka semua punya kelebihan dan kekurangan, tapi itulah keluarga. segimana kurangnya anggota keluarga lo, mereka tetaplah keluarga. mantan teman mungkin ada, tapi ga ada yg namanya mantan keluarga. gw kira itulah kenapa kami jadi satu keluarga, supaya kami bisa bertumbuh sama2, bisa saling ngingetin satu sama lain, bisa bantu kalo yang satu punya masalah, bisa bantu temennya nemuin potensi dlm dirinya, dan terutama bisa saling motivasi satu sm lain.

Date ini baru aja anniversary yang pertama tapi gw belum setaun join disini. walo begitu, udah banyak banget moment2 yang kita share bareng. di antaranya ngerayain ulang taun temen2 date, outing di warung tekko, bikin video buat perpisahan Tina, karaokean bareng, outing ke bandung, date anniversary dan sejumlah moment lainnya yang bikin hidup gw lebih berwarna.

tapi.. seperti yang udah gw bilang, "ada pertemuan, ada juga perpisahan" jumlah kami udah terlalu banyak dan tempatnya udah ga muat kalo dateng smua. ini yang menyebabkan kami harus multiplikasi. walopun kata leader gw, multiplikasi itu bukan perpisahan. berasanya tetep kyk gitu. multiplikasi lebih seperti salah satu anggota keluarga kita menikah dan ngebentuk keluarga baru. iya, tapi ga nge-date bareng lagi itu tetep bikin sedih. waktu awal pengumuman multiplikasi, ada yang merasa lebih cocok dengan yang ini ato lebih cocok sama yang itu. gw?? gw sendiri ga masalah mau stay ato pindah ke date baru karena bagi gw, semua org punya kelebihan dan kekurangan masing2. lagian gw jadi berasa kayak ada di perceraian trus suruh milih ikut papa ato mama. pilihan yang sulit kan? segimananya papa ato mama, kalo disuruh milih, lo pasti ga bisa krn mw digimanain lo sayang mereka berdua. jadi apa yg bikin sedih? gw lebih sedih misah sama temen2 waktu date barengnya aja. tapi yah harus gimana lagi, ini harus dilakuin. dimanapun kita, siapapun leader kita, dengan siapa kita bertumbuh, pada akhirnya tetep kita sendirilah yang harus ngasi pertanggungjawaban buat pertumbuhan kerohanian kita ke Tuhan. segala sesuatu diijinkan Tuhan terjadi untuk sebuah tujuan. tujuan yang mungkin kita ga tau arahnya tapi bisa kita percaya kalo ujung2nya pasti untuk kebaikan kita sendiri.

Seorang sahabat yang baik memang lebih berharga daripada uang, emas ato apapun di dunia ini. ada org yg cm bisa nangis sm lo, tp ga bisa ikut seneng wkt lo seneng. ada org yg cm jd temen wkt lo seneng, tapi wkt lo sedih ato butuh, dy ga ada. tapi seorang sahabat yang baik, menaruh kasih setiap waktu dan menjadi saudara dalam kesukaran.





maybe it's not blood bonds that make us a family, perharps it's the love that God has put in our hearts.

no matter what we go through, no matter how much we argue, at the end, we'll always be a family in Christ.


so, have a great new family, DATE PAV 3!!!!
we'll miss you all :)

3 komentar:

  1. Just read the article. A very honest, thoughtful & unselfish view of multiplication. Thanks for sharing, Iche.. We need more & more people like you in DATE :)

    BalasHapus
  2. makasih buangeeeeeetttt Ps. Alvi buat kunjungan dan komennya. saya terharu :')

    BalasHapus
  3. sama2, pak Martin. trimakasih sudah berkunjung :D

    BalasHapus