Senin, 06 September 2021

Solusi BB Anak Irit

Setelah mencari, mencari dan mencari.. akhirnya gw nemuin juga solusi buat BB irit anak bocah.
Jadi, seperti yang gw pernah cerita, anak gw kan banyak food sensitivity nya. Nah ke-sensitif-an ini mengganggu proses tumbuh kembangnya. Dari mulai BB dan TB yang irit, kognitif, dll.

gw udah coba segala macem:
  1. Pake cara DSA, tambah lemak2 dll, ga ngaruh.
  2. Pake puyer racikan dokter, ngaruh tp ya ga bole sering2 karena ada anti alergi nya. bisa ga mempan lagi. jadi aneh juga karena klo ga minum puyer, ga naik bb nya.
  3. Pake cara naturopati, gw tes IGG dan diet eliminasi. ini berhasil ningkatin imunnya. karena dulu dy itu 2 minggu sekali batpil, panas. BB nya naik dikit, abis itu stuck lagi.
  4. akhirnya balik lagi ke puyer dokter krn udh mepet BB nya, tp ya gitu biduran tiap hari, konstipasi mlulu dan suka mimisan.
Finally, gw putusin harus GAPS diet setelah berkali2 denial. GAPS itu repot banget sebenernya. cuma ini satu2nya yg belum gw coba. 
Gw baca2 buku trus coba2 sendiri, bingung.. akhirnya cari coach GAPS aja.
Setelah jalanin GAPS, awal2 turun dulu BB nya karena dy ogah2an makannya. minta nasi, cookies mlulu, nangis2. 
Kebetulan karena anakku konstipasi, mulainya di full GAPS dulu tp jatuhnya diet eliminasi. jadi ga semua yg di full GAPS dimakan.

Btw, daritadi gw GAPS2, jangan2 pada ga ngerti. haha
GAPS singkatan dari Gut and Psychology Syndrome. Diet ini ditemukan oleh Dr. Natasha Campbell seorang dokter syaraf yang punya anak berkebutuhan khusus juga. Diet ini diaplikasikan ke anaknya dan pasien2nya. awalnya cuma buat anak berkebutuhan khusus tp makin lama relevan juga buat anak2 lainnya karena ya emang makanan2 jaman sekarang udah makin dimacem2in sehingga ya lahirlah anak2 yg pencernaannya ga bagus dari ibu2 yang pencernaannya juga ga bagus. Sebenernya diet ini mirip dengan diet SCD atau Keto. Cuma ya tetep ada bedanya.

Balik lagi ke journey tadi. Setelah seminggu ogah2an makannya dan sempet turun 0,5 kilo, akhirnya BB nya bisa naik di minggu berikutnya dan langsung naik 600 gram. abis itu, tingginya naik 1,5 cm. Poopnya bagus bentuk sosis dan bisa lancar poop tiap hari. Memang kadang2 muncul konstipasinya kalo lg ada yg error. tapi biduran udah ga pernah, mimisan juga ga, kuku kakinya bagus, dll.

Seneng akhirnya BB nya bisa naik. cuma tetep aja sensitifitasnya masih mayan banyak. jadi gw harus masuk ke GAPS intro. nah buat masuk ke GAPS intro ini yg masih perjuangan. haha. Harus siap perang sm bocah!!😆

Jadi buat ibu2 yang punya anak BB irit, boleh dicoba banget GAPS diet ini. Worth it banget!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar