Kamis, 20 November 2014

How to Deal With Conflict

beberapa waktu lalu gw pernah nulis status yang gw ga tau bakal menuai banyak comment karena ada pro dan kontra tentang status di socmed. waktu itu gw nulis intinya daripada nyindir2 orang atau curhat di facebook, mending selesein masalahnya. ada disini: https://www.facebook.com/hendriceelisabethbessie/posts/10204984318068196

banyak yang ngasi masukan ke gw, kalo ga suka sm status2 curcolnya atau ngerasa keganggu, ya udah unfriend aja. bukan disitu sih maksud gw. ya itu si bisa dilakuin juga tp maksud gw, kalo lo punya masalah sama seseorang, ya berlakulah seperti orang dewasa. hadapi orang itu, selesein masalah bukan
lari dr masalah trus sibuk nulis di socmed atau gosipin orang itu dimana2. masalah lo sama orang itu ga bakal selesai. gw mw share catetan khotbah dari Ps. Kenny Goh dari jpcc yang gw dapet wkt ada ibadah di gereja. walaupun ini khotbahnya dalam konteks pelayanan tapi ini menolong gw banget. jadi ya semoga ini menolong anda2 juga. hehe.  =>

Default kita bukan cari truth tp cari comfort. jadi ketika ada konflik dengan orang lain, kita lebih suka menghindar daripada nyelesein. kita lebih suka gosipin orang itu sama orang lain atau nyindir2 orang itu di socmed.
Efesus 4:13-15 => padahal sebagai murid Kristus, semakin lama pertumbuhan kita harus semakin ke arah Dia. gosipin orang dan nyimpen perasaan jengkel tentunya ga sesuai dengan pertumbuhan ke arah Kristus. An honest conversation builds mature relationship. Perlu mature relationship utk kita bisa solve problem dengan orang. Dalam setiap konflik, kita harus mulai dulu utk nyelesein sama orang itu. kalo ga, masalahnya ga bakal selesai. 
Tips untuk penyelesaian konflik:
  1. Yuk ngobrol yuk. Tips ngobrol: ingat bahwa dia bermaksud baik(mungkin cara penyampaiannya salah,dll tp inget dia mw volunteer jd dia bermksd baik)
  2. Bertemu muka dengan muka. Lebih baik tunggu sampe ketemu langsung biar jelas semua masalahnya.
  3. Mendengar utk mengerti. bukan untuk memecahkan masalah. 
Fake unity itu kita ga nyampein kalo kita punya masalah/orang itu punya masalah sama kita. jadinya munafik. Tapi kalo real unity, kita bener2 bisa ngobrol satu sama lain terus menerus. 
sebenernya ini simple message sih tapi kadang kita jadi orang suka lupa. gw ada konflik dengan seseorang baru2 ini. jadinya kayak perang dingin. di depan baik2 aja pdhl sebenernya emang ada masalah. gw udah maafin sih tapi rasanya tetep ganjel karena ya emang masih ga enak aja suasananya. berasanya tu gw munafik banget jadi orang karena ngakunya orang kristen tapi ga bisa love your enemy. gw bingung dan akhirnya gw tanya ke Tuhan harus gimana. then, this message comes to me. singkat cerita, gw datengin someone ini, minta maaf, talk about the problems and all things clear. yah, that simple.. but it is so haaaaaaaaaaarrrdddddddd,maaaaaannnn!!!! hahaha. awalnya emang susah sih. mw ngobrol aja gw harus maju mundur cantik ala syahrini. hehe. but finally, I did it. jadi jangan takut kalo ada konflik yah. dihadapi dan diselesaikan aja. jangan nyimpen2 dendam, nulis2 di socmed, gosipin sama orang2.. ini ga dewasa lho. kalo lo pengen masalahnya selese, ya selesaikanlah. kalo ga pengen masalah ini kemana2, ya nikmatilah tapi jangan ngeluh ini itu karena bisa jadi orangnya ga tau kalo lo ada masalah sama dia.

that's it. demikian sharing pendek dari gue. happy menjelang wiken!!!

1 komentar: