Kamis, 23 Oktober 2014

Pelayanan <> Jenjang Karir

Jumat - Sabtu kemaren 17-18 Oktober, gereja gw ngadain retreat buat guru sekolah minggu. retreat untuk anak2 udah kita adain wkt liburan sekolah. sekarang saatnya buat guru2nyaaaa.. kebetulan gw jadi panitia dan ini adalah pertama kalinya gw ikut outing setelah 3 taun mengabdi di jpcc kids #tsaah acaranya rame full games, talkshow lalu di hari kedua ada sharing session oleh Jonny Herjawan. It was a great reminder for me. banyak banget di gereja2, orang yg kyknya ambisi banget buat jadi majelis atau berasa sombong kalo pelayanan yg dikasi ke dia itu 'penting'. I think this is a very nice message to share. ini gw ambil dari catatan khotbah gw yg gw catet sebisanya. mungkin ada yg sepotong2 tp gw harap kalian bisa nangkep mksdnya. tanda <> di judul adalah tanda tidak sama dengan. biasanya kalo coding di java pakenya itu. zzz.. zzz.. udah deh langsung ajah. hahaha.


Apapun bentuk pelayanan anda di gereja, do not take this lightly, gereja jd dikenal karena kita semua doing our part. 
Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul di gereja:
Who are you?
What's your name?
What's your ministry?

1. Who are you?
Kita sering merasa ga penting atau kecil kalau apa yg kita lakukan di gereja keliatan ga signifikan. Kalo kerjaan kita di gereja itu2 aja, jangan merasa ga maju. Let your mind be renew
Hamba Tuhan itu seringkali identik dengan pendeta. padahal sebenarnya, siapa hamba Tuhan? Kita semua.
kalo kita bukan hamba Tuhan, kita hamba siapa. apakah cuma full-timer yang bisa disebut hamba Tuhan? trus kita yg part time hamba siapa?
kita semua adalah hamba Tuhan full time. Pekerjaan kita sekarang di dunia adl cara Tuhan memberkati kita. Lukas 6:38, 
"Give, and it will be given to you. A good measure, pressed down, shaken together and running over, will be poured into your lap. For with the measure you use, it will be measured to you" 
Bagaimana cara kita mengasihi/melayani sesama adalah ukuran yang akan Tuhan gunakan untuk memberi berkatnya kepada kita. When you give yourself to Heaven, God gives something through your job. Kita adl hamba Tuhan full time that just happened kerja di pekerjaan kita sekarang dan pekerjaan kita adalah cara Tuhan memberkati kita.

2. What's your ministry?
Pelayanan di gereja itu sering dianggap seperti gambaran bait Allah. ada yg cuma di luar, yang kroco2. kalo udah bisa masuk ke teras, udah level up. lanjut gt terus sampe kita merasa ada di level tertinggi kalo udah bisa masuk ruang maha kudus.
Pola pikir kita dlm pelayanan sering melihat pelayanan sbg jenjang karir. Merasa kalo tadinya kita ada di pelayanan yang dianggap 'penting' kemudian dipindah ke pelayanan yg dirasa 'krg penting', kita merasa sedang didemosi.
contoh di alkitab:
Mat 20:20-21 => ibu zebedeus minta kepada Yesus agar anak2nya bisa duduk di sblh kiri kanan seolah2 itu jenjang karir. 
Mat 20:24 => di ayat ini digambarkan bahwa kesepuluh murid yg lain marah. di dalam versi bahasa inggris dikatakan,"they were indignant". indignant => feeling or showing anger because of something that is unfair. Jadi kesepuluh murid tersebut bukan marah karena apa yg dilakukan ibu zebedeus tidak benar tp karena itu tdk adil. ternyata, murid yg 10 juga merasa ini jenjang karir.
Matius 20:25-26 => respon Yesus:
"25 Jesus called them together and said, “You know that the rulers of the Gentiles lord it over them, and their high officials exercise authority over them. 26 Not so with you. Instead, whoever wants to become great among you must be your servant, 27 and whoever wants to be first must be your slave— 28 just as the Son of Man did not come to be served, but to serve, and to give his life as a ransom for many.”
The world rules people because of dominion,authority or power. Siapa yg mw jd besar dia harus bisa jd hamba bagi yg lain. Semakin besar kuasa/power harus digunakan untuk melayani. ada quote dari Lord Acton: "Power tends to corrupt, and absolute power corrupts absolutely."
Melayani diawali dari kelimpahan karena grow in ministry adl seberapa besar kita bisa memberi pelayanan kepada orang lain. kelimpahan apa? kelimpahan akan kasih Tuhan. Pelayanan diawali dengan kasih Tuhan cukup bagiku. Bukan karena ada org lain yg mengasihi kita baru kita merasa kasih kita cukup lalu kemudian kita mau atau bisa melayani. walaupun ada org yang nyebelin, kita masih bisa melayani karena kasih Tuhan cukup bagiku. Kita semua pasti punya masalah tp ketika kita pelayanan dateng ke gereja hari minggu, kasih Tuhan cukup bagiku. kita melayani dengan segenap hati, then we deal with the problem later. 

Kepenuhan akan menjadi sebab kita melayani. Ada beberapa sebab kenapa orang mau melayani:
  1. I serve karena sebuah sebab. Karena diapresiasi orang,dilihat orang, dipuji. karena keinginan.
  2. Karena kita happy maka kita serve tp kalo ga happy, kita ga mau melayani.
  3. Karena itu merupakan sebuah kesukaan even with no reason. Meskipun ada masalah, saya tetep melayani. 
Kalo sebab kita melayani bisa naik mencapai sebab ketiga, kita sudah level up. kita melayani atau tidak tidak terpengaruh oleh apa yg terjadi di teritori kita. Di luar boleh badai, tp tidak akan mempengaruhi yg ada di dlm. Inside out bukan outside in. kita yg mempengaruhi bukan dipengaruhi. Mengerjakan pekerjaan yg baik itu kayak pipis di pampers - rasanya anget tp ga ada yg tau. Seperti itu rasanya ketika kita melakukan sesuatu yg baik untuk orang lain, kita punya warm feeling inside walo g ada yg notice. But it's okay, Yang penting Tuhan tau karena kita hamba Tuhan full time. Di pekerjaan kita sekarang itulah cara Tuhan memberkati kita. 

Kegelapan ga bisa mengusir terang tp terang bisa mengusir gelap. Siapa yg bs memutuskan the joy inside us? Kita sendiri. Bagaimana orang2 bisa melihat perbuatan kita yg baik kalo kita g ada di tengah mereka? kalo kita g ada bedanya dengan mereka? atau kalo kita ga melayani? 
Jangan menaruh prinsip isolation. Misalnya: nyuruh temen kita ngatasin ibu2 jutek karena kita males ngadepin dan temen kita lebih sabar. Gimana caranya terang kita bercahaya dan si ibu jutek melihat perbuatan kita yg baik? 
tentunya salah satu cara biar bisa ngadepin dng sabar ya pake pelindung, misalnya dengan menjelaskan beberapa rules atau policy.

Love is freely served karena kasih Tuhan cukup bagiku. Love beda dng trust. Di kantor, mungkin konsepnya take and give. Kalo pelayanan basicnya love. You can love everyone. But you don't have to trust everyone. You trust not the one that you love but the one who loves you most. Murid  yg paling dikasihi Yesus adl yohanes tp yg dipercayakan kunci kerajaan surga adl petrus.Yesus mengasihi yohanes tp Dia trust dng org yg paling mengasihi Dia.

One for all, all for Jesus. pelayanan bukanlah jenjang karir. Kalo kita semua maunya tumbuh besar, akan susah. seperti tubuh kita, kalo semua jari2 pengen segede kepala. susah kan? Walopun kerjaan kita kyknya ga penting, tp kita semua satu kesatuan.

So,,,
Who are you? Hamba Tuhan full time
What's your name? kyk goliath perkasa tp g ada apa2nya, samson yg penuh talenta tp mati kyk org tua, timotius yg muda tp punya tanggung jwb besar ato mw jd pelayan Tuhan seperti apa?
==================================================================================

2 komentar: