Selasa, 04 Februari 2014

Oleh - Oleh dari Hongkong? - Part 2 (Arriving in Hong Kong)

03:30 AM pesawat sampe di hong kong. waktu hong kong sama singapore sama aja. 1 jam lebih cepet dari WIB. setelah ngambil2 brosur, dll, kami beli kartu airport express travel pass. harganya 300 hkd dapet 1 x jalan dari airport ke kota, 1 x jalan dari kota ke airport dan unlimited MTR buat 3 hari. bisa di-refund juga pas hari ketiga. kemaren si pas di-refund dari 2 kartu dapet 100 hkd. hehe.. lumanjan, cyint. setelah dapet kartu, langsung dipake naik kereta airport express. sebenernya bisa aja naik bis. selain lebih murah, lebih bagus juga pemandangannya. tapi lama boo, bisa sampe sejam. ya udah de berhubung waktunya mefet, naek kereta aja deh. keretanya bagus kok, liat deh:

kalo di foto jadi kayak pesawat luar angkasa yak
Dari airport, ada 3 pemberhentian: tsing yi, kowloon, dan hong kong. di hong kong ini, turunnya di central station. oia di stasiun ini bisa check-in penerbangan kita juga looh selama maskapainya tersedia disini. hehe. dan kebetulan bangeeeettt.. scoot ga ada disini T_T tapi tiger ada si. kalo ga mw repot, bisa langsung check in disini (bagasi sekalian) jadi ke airport tinggal bawa badan aja. kalo males juga, bawa badan.
ya udah bagasiin aja. booo.. serem banget yee kaya palasik aja kepala doang jalan2. waktu di stasiun, suhu udaranya sih masih oke2 aja, begitu keluar.. brrrrr..... emaaaakkk.. dingin beneeerrrrr.. aku butuh kehangataaann.. jiahahahaha modus. ternyata belakangan baru tau kalo pas hari itu, suhunya lagi 11 derajat. pantesan aja dinginnya menggila. stasiun central ini deket sama IFC (International Finance Centre) yang kata cowo gw, salah satu icon hong kong. lupa potoinnya, search ajalah ya di google banyak (blogger pemalas.red). setelah poto2, kami cari jalur trem buat menuju ke hostel. 
central station. pintu di sebelah kiri itu yg menuju ke IFC
pemandangan kota dari atas jembatan yang dari ifc
di dalem trem, di bagian tingkat atasnya
poto dari jendela trem
nah trem ini nantinya turun di halte depannya causeway bay plaza 1 di jalan hennessy road, abis itu naik jembatan nyebrang ke sebrangnya, baru de ketemu si yes inn hotel. per malemnya sekitar 200ribuan ato 250ribuan yak? yah sekitar 200-300 lah per orang per malam. kenapa per orang? ini bentuknya kan dorm gt. kmrn si kami nginepnya yg isi 9, mixed dorm. ada banyak si tipe2 kamarnya, dipilih aja sesuai kebutuhan. kalo udah dipilih, dibooking trus jangan lupa dibayar. di dalem kamar ada loker, tempat tidur susun 3, sama 1 kamar mandi. tiap sisi kasur ada kordennya tapi ternyata nutup setengahnya doang. jadi setengah lagi pake anduk aja deh. kalo anduk ga cukup, y udah ditutup pake doa aja. wkwkwk. sori bgt gw lupa fotoin dalemnya soalnya waktu kami nyampe, udah ada 3 cowok bule disitu. kamar mandinya cm 1 di dlm kamar tapi bersih si. soalnya di hong kong, katanya rada2 susye nemu penginepan murah yg toiletnya bersih. check-in nya jam 2 jadinya ya udah de nitip tas dulu. setelah nitip tas, jalan2 de. yeeeeeee.. tujuan pertama ke ngongping 360 di lantau island. entahlah si ngongping ini apanya camera360. ga tau juga filosofi apa yg mendasari nama ngongping ini. apakah kepanjangan dari beNGONG waktu lagi di PING? ah misterius sekali. yang jelas hari rabu-nya si ngongping ini bakal tutup gr2 mw maintenis. we are so lucky. di ngongping ini kita naek cable car. itu looh kereta gantung yang kayak di dufan. ada pilihannya si yg standard ato crystal cabin. crystal cabin itu lantainya kaca jadi bisa liat pemandangan di bawah. berhubung gw takut kalo kaca semua + beda harganya lumayan jauh, pilih yg standard aja deh.. hahaha. yg standard ini harganya 150 hkd buat round trip. ini gw kasi contoh pemandangan dari cable car nya:


sumpe ya ini tu makin ke atas makin adem. waktu tangan gw ada di bangkunya, gw kirain tu ini cable car ada ac nya soalnya ada angin gt dari bawah. waktu gw liat, ternyata ada bagian yg emang bolong jadi anginnya masuk dr situ. hahaha.. padahal udah mw ngomong tu "ini yg bikin cable car g tau apa kalo udah dingin?pake acara dikasi ac pula" hahaha.. untungnya ga jadi. fiiuhh.. mana lagi angin jadi ada sensasi goyang2 dikit sama suara "kreeet kreeeett" nya si cable car yg bikin horor. waktu berangkat, kami barengan sama 1 ibu bule dan 1 anaknya yg udah gede. bule2 eropa gt de kyknya. jadi kalo kami saling ngomongin satu sama lain, g ada yg ngerti. selain naik cable car, kalo mau ke big buddha itu sbnrnya ada jalannya. mirip kayak jalan setapak gt buat hiking tapi jauuuuuuuuhhhhhhhhhhh banget. biar jauh, ada lho orang2 yang pada jalan kaki. ga tau si tapi jalan kaki nya sampe mana. yang jelas si g ada ojek ato taxi disitu, jd kalo cape bijimane itu yak? duduk aja kali yak? abisan melambaikan tangan ke kamera jg g bisa. g tau dah tu penanganannya gmn kalo tepar. apa tinggal dibuang ke gunung? serem aja yak.

sampe di pemberhentian terakhir, semua pada turun dr cable car. nah dari sini, orang2 pada jalan ke big buddha. sepanjang jalan ada kayak toko2, restoran2 gt yang udah dimodernisasi. tapi tetep baguslah buat poto2. hehehehe.
pengen dimakan aja donatnya..
jalan mau ke big buddha. keliatan kan ya di blakang?
ini kayak nulis wishes gt(kalo g salah) tar digantungin disini biar kesampean
ini jalan arah sebaliknya dari big buddha
ini g tau de buat apa. hahaha. kyk sengaja dibangun cm buat dipotoin
ini jalan yg dilewatin bis dari terminus. di hong kong, terminal itu terminus -_-
Sebelum ke Big Buddha, kita harus berjuang sekuat tenaga kaki buat naek tangganya (bagi yang mau). di atas ada patung2, temple-nya, dan ada resto khusus veggie kalo pengen nyicip makan ala para biksu disono. kayaknya tempat wisata ini bukan untuk orang males yak soalnya kayaknya semboyannya itu "ga jalan, ga ada pemandangan". dan semboyan tut wuri handayani itu sebaiknya diterapkan disini karena kita benar2 butuh dorongan dari belakang kalo udah capek naik tangga. oke sip.
sebelum naik, napas dulu yang banyak, sodaraahh2
and I made it... *pengsan*

di pager2 sekeliling patung2 ini udah ditulisin biar g nglempar koin tapi tetep aja ada yg nglempar koin. sebenernya gw g tau si apa ngepeknya nglempar koin sm ga, tapi yang jelas, gw cuma berharap kalo yg nglempar koin disini bukan orang Indonesia. yah tau sendiri kan kelakuan orang Indo. dimana ada larangan, disitulah tempat larangan itu dilakukan. antara suka tantangan sm bandel emang beda tipis sih.

buat anda2 yang males naik tangga, ni gw potoin pemandangan yang keliatan dari atas. kalo krg puas sm poto gw, y udah google aja. di google juga banyak. hahaha. gimana si ni yg ngeblog? ga niat gitu. hahaha

tadi pagi kami nyari terpaksa beli roti 7/11 aja buat bekel biar bs dimakan di jalan. cuma di mtr sini tuh ga bole makan minum. y udah de makannya pas di ngongping ini. waktu dimakan, ternyata rotinya agak2 salah beli soalnya g enak. maklum nyari yg gede dan murah. huehehehehe. trus kan niatnya mw berbaik hati sm anjing2 disitu. ada anjing 1, kita kasi roti, eh dicium2 doang abis itu dy pergi. buset dah anjing dimari sombong bener. percobaan kedua, nyari anjing lain, coba ngasi roti. ebuseeett sama ajeee... diendus2 doang. ahahahahahahahaha.. orang2 disitu yg liat sampe pd ikut ketawa. tau aja ni barang enak sm g enak. anjing yang congkak. pulang dari situ, udah mau jam 2, jadi kami pilih buat balik ke hostel dulu buat check in. sampe disana, katanya masi ada yg dibenerin gt jadinya kita disuruh tunggu sampe jam 6. eerrrrr... ya udah de cari makanan dulu berhubung belom makan siang.

rencananya mw nyari rumah makan yg katanya best resto di wanchai gt namanya joy hing. waktu jalan, nglewati rumah makan kecil yg tulisannya pake bahasa cina jualan mie2an menarik gt de. akhirnya kami memutuskan untuk.. mampir! kami pilih mie kuah gt pake babat, usus sm apa sapi gt satu lagi. gw si sebenernya g terlalu suka jeroan tapi coba aja deh sapa tau sapi hong kong beda rasanya. hahaha. mie nya bisa milih, y udah de milih vermicelli. sbnrnya g niat pilih mie itu, kita sbnrnya niatnya cuma nanya tapi si ibu nangkepnya kita pilih yang itu. haaaahh.. ya sudaaaah deeeehhh.. gw udah pusing jelasin pake bahasa tarlish (tarzan-english). untung bukan tarling, bisa langsung joget tarling cirebon tar si ibu. setelah mie nya dateng, kuahnya itu endess cyint. dan emang sapi hong kong beda rasanya. au dah dikasi bumbu apa itu kuah cm emg ada cita rasanya sendiri. vermicelli nya kenyal banget dan susah dimakan. kita pesen cm 1 si soalnya emang niatnya masi pengen nyari si joy hing itu. sori banget mie nya lupa dipoto soalnya udah laper. di hong kong, kaga ada penjual makanan yang senyum, semuanya jutek dan hubungan kita hanyalah sebatas hubungan bisnis. kaga ada tu yang heboh kayak mbak2 giordano. waktu pesen, lagi makan bisa2 ditagih suruh bayar, abis makan, ya udah langsung pada pergi aja. kayaknya emang orang2 disini pada sibuk semua, jarang keliatan ada yang sante2. abis makan, kami ngelanjutin lagi cari si joy hing. tapi ga ketemu, adanya tu kayak dokter2 gt. waktu kita ke gang sebelumnya, ada si rumah makan yang tulisannya mandarin gt dengan pajangan bebek panggang, babi panggang dan lain2. keliatannya si enak cuma kami bingung pesennya gmn. belum lagi ga tau itu beneran si joy hing apa ga. ya udah akhirnya pulang aja deh. di jalan pulang, nemu ada street food. ada kue bantal ato odading(versi bandung) ato bolang baling(versi semarang), ada cakue sama onde2. disana jumbo banget ukurannya dan masing2 harganya 7 hkd. onde2 disana kaga ada isi kacang ijonya kayak disini. trus cakue sm odadingnya itu bisa crispy di luar tp lembut di dalem. adooohhh enyaaaakkk.. berhubung lupa potoin, lihat di blog ini aja ya.

sampe di hostel, berhubung belom jam 6, y udah browsing2 aja dulu pake kompi disitu. ternyata rumah makan yang tadi itu beneran joy hing. hahahaha. jam 6, gw tanyain eh si empunya hostel ini bilang katanya masi ada perbaikan jadi setengah 7 baru bisa masuk. eeerrrr... y udah deh nungguin. waktu masuk kamar, lah menong yg diperbaikin? perasaan gini2 aja.  lokernya pake kunci yg pake kartu, jadi g pake gembok2 lagi. kamar mandi sm kamarnya si bersih. yah not bad lah. cuma naek ke yes inn nya ini yg gempor soalnya dy itu kan ada di lantai 2 Nan Yip Building dan naek ke hostel, kaga ada liftnya. lift baru ada di yes inn nya. jadi bisa dibayangkan lah ya anda2 seharian capek ngelilingin kota, ini harus naek tangga lagi. dijamin betis berakomodasi maksimal. haha.

jadi malemnya, kami ke joy hing (teteup ya, kak) penasaran si bo, katanya the best restaurant in wan chai gt. alamatnya di 265-267 Hennessy Road, Wan Chai, Hong Kong, Cina (Wan Chai). jalan itu kira2 3 blok apa yah dari yes inn. mayan jauh si, kalo males, naik trem aja. jadi di perempatan yg blok ketiga ini, ada gang. nah sebelum nomer ini, belok aja di gang itu tar ketemu ada restoran tulisan mandarin gt. sepanjang di hong kong, resto ini yang satu2nya menyapa pelanggannya. sampe disitu, seperti biasa kami duduk sama org lain, pesen nasi dengan bahasa tarlish. dan kemudian nasi dateng. bentuknya si biasa aja nasi putih, babi chasiu, babi panggang pake saus yg coklat gt. nasinya agak keras dan menurut gw si babi panggangnya rasanya ya enaknya sama aja si sm yg di jakarta. so, nothing special. potonya jg g ada, keburu laper!! hahaha.

turun dari trem, kami sempet jalan2 bentar di sekitaran hennesy road, causeway bay situ. trus beli egg puff ato egg waffle yg enyaaak buangeett. belinya ya di toko pinggir jalan gt banyak yg jual
udah dicubit2 walopun ini egg waffle bukan kue cubit
harganya 5 hkd ato 10 yah? lupa akika. huaahh makan teroooss.. gpp lah ya mumpung liburan.

that's it for today :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar