Rabu, 27 Maret 2013

I C Kitchen: Masak2an Mashed Potatoes

Di suatu siang yang cerah, tiba2 gw pengen banget makan mashed potatoes. Di negara kita tercinta ini, dimana kebanyakan orang2nya berperut nasi, otomatis rada2 susah nemuin tempat makan yg ngasi mashed potatoes melimpah ruah. biasanya si disajiinnya sbg side dish doang, itu juga belom terjamin enak ato ga nya. ya kaaaann? naaah.. daripada gw pusing googling cari tempat makan, kepikiranlah buat nyari resepnya. setelah liat2, membanding2kan, memikirkan, dan meresapi beberapa resep, akhirrnyaaaaahh.. tercapailah suatu kesimpulan resep mashed potatoes. mhoahahahaha. ternyata bikinnya gampang banget lhooo. buat yang pengen bikin juga, ni gw bagi resepnya. lhooo.. jadi sebenernya konsep blog gw ini apa si? kok isinya macem2? wahahahahahaha. udah de g usah ribut. resep ini hasil gabung2in beberapa resep + modifikasi sedikit dari gw. hehehe. dan inilaaaaahh bahan2nyaaaaah :

300 gram kentang kukus
200 ml susu cair
2 sendok teh margarin 
1/4 buah bawang bombay, iris halus
1/2 sendok teh garam (kmrn si ini gw tambah2in lg dikit2, sesuai selera ajalah y)
1/4 sendok teh merica bubuk (ini jg ditambah2in lagi seikhlasnya aja. haha)
1/2 sendok teh pala bubuk

untuk susu cairnya, gw pake greenfields skimmed milk yang vanila karena rasanya ga manis2 banget dan ga terlalu bau susu. lebih sehat juga pastinyaaaak. margarinnya gw pake orchid butter tapi 1 kotakannya itu gw pake semua, yg ukuran mini itu lhoo. untuk lebih jelasnya, gw kasi potonya.

sesi foto bersama
bawang bombay yg di gambar ini kegedean soalnya tdnya instruksinya 1/2 nya. setelah gw potong kecil2, kayaknya kebanyakan. udah aja jdnya seperempat bawang. kemudian, 1 kotak orchid butter yg saya kamsudkan adalah seperti gambar di atas. 1 kotak mininya itu yaa, bukan 1 kotak pak nya ini. gpp si kalo mw dipake 1 pak tp tar mashed potatonya jadi licin2 ga jelas gt kali ye, ato malah jadi kyk perkedel gara2 kegoreng semua? ah entahlah, saya agak2 males ngebayanginnya. okay, sebelum masak, gw jalan2 dulu metik bunga biar kayak Farah Quinn sblom masak di acara ala chef. huahahaha.. ga de bcanda. mari kita mulai saja masaknya.

Pertama - tama, kentang yang udah dikukus tadi, dikupas kulitnya trus diancurin selagi panas. kalo gw si diulek semua. lumayan bo sambil latihan kekuatan otot. hahaha. kalo bisa pastiin semuanya udah diulek lembut ya, jangan sampe ada butiran kentang apalagi butiran debu tar pada terjatuh dan tak bisa bangkit lagi kemudian tenggelam dalam lautan luka dalam. apaaa siikk? 
kentang tumbuk
nah setelah selesai melatih kemampuan otot, siapkan pan buat numis bawang bombay sama mentega. tumis bawang bombaynya jangan sampe gosong yak. kalo keliatan udah agak layu sama udah harum, langsung aja masukin kentang, susu, garam, merica, pala. abis itu diaduk2 deh. naaah disinilah kemampuan otot anda kembali dipertaruhkan!!! jadi kayaknya si kalo masak ini tu harus diaduk terus sampe kental. soalnya waktu itu gw diemin bentar gara2 capek, jadinya yg bagian bawah hampir2 gosong gt. oia, masaknya pake api kecil yoo. tar waktu dimasukin semua, jadinya kayak gini:
masi kayak bubur
emang si keliatannya kayak kebanyakan susu, tapi jangan menyeraaahhh, temaaannn!!! diaduk aja terus. hahaha. tar lama2 dy bakal kentel kayak gini:
hasil akhir
Jadi deehh. trus makannya pake apa ni? berhubung biasanya di t4 makan, ini dimakan sama steak. akhirnya gw beli ayam panggang aja di deket kosan. hahaha. trus biar ada sayurnya, gw tambahin rebusan brokoli sendiri. Tampilannya jadi seperti ini:
endeeessssss!!
Berhubung ini banyak, gw bagi sama temen kosan tapi sblom makan, gw suruh dia berdoa kenceng2 biar ga keracunan makan masakan gw. untungnya dia bilang enak. ato blg gt nya gara2 terpaksa karena di depan gw? hahaha.. ga tau de. cuma emang enak kok rasanya. deeuuggh muji masakan sendiri. resep ini kayaknya bisa dimakan 2 - 3 orang si. tergantung volume perut ajalah ya. lumayan ni bisa jadi alternatif makanan anak kosan, buat sarapan ato bekel ke kantor bisa, buat ibu2 yang anak bayinya udh bisa makan bubur juga bisa. makanan serba bisalah pokoknya. hahaha. oke. selamat mencoba yaaaa. semoga berhasil!!!

2 komentar:

  1. Weeewww... Salut deh sama Iche ini, ternyata selain sebagai Rev. Iche, dy jg bisa sebagai Chef Iche, ahahah...
    Kentang kukus sama kentang rebus sama ga chef Iche? Trus bawang bombay nya ditumis sampai layu sebelum berkembang ya? :D

    BalasHapus
  2. ahahahaha..bisa aja jeng ricka ini. kentang rebus itu kan kalo posisi kentangnya kayak berendem di dlm air rebusan. kalo kentang kukus itu yg diatas air rendeman. jd kayak di-uap2 gt, kayak sauna kentang. haha. bawang bombay bolehlah layu sblom berkembang.. suka2 kaw ajalah. hahaha

    BalasHapus