Senin, 13 Februari 2012

Stop Jomblo Bullying!!!

Februari selalu dikaitkan dengan bulan kasih sayang karena ada hari valentine di dlmnya. dan ga berasa banget, hari itu adalah BESOK!! iya, besok valentine lhooo. buat yg punya pasangan pasti hari itu berasa spesial. tapi buat yang jomblo, inilah saat yang tepat untuk galau maksimal. ahahahahaha. gw sendiri excited nyambut besok. bukan karena gw punya pasangan tapi karena besok adalah hari kedua training!! yeeeaaayyy.. finally, God gives me this opportunity. gw dapet training sertifikasi dari kantor jd wismilak yaaahh bisa lulus. amiiinn.

okay, bulan dan momentnya kyknya udh pas banget buat ngomongin cinta2an. topik tentang love itu kyknya emg ga lekang oleh waktu ya? dibicarain dari taun jebot sampe kapanpun jg masi sah. yang bikin beda adalah tingkat umur org yg ngebicarainnya. skrg coba tebak, apa hot topik dengan tema besar cinta yang diomongin sm org dewasa dengan rentang umur 24-30an? yak benaarrrr.. pernikahan!! eh bentar,, apa?.. ada yg jawab TTM? doh sepertinya anda salah gaul,dek. forum anak smp-sma di sebelah. wkwkwk. oke2 mari dilanjutkeun, maap td ada ABG nyangkut dimari.

kalo gw bilang, untuk jadi jomblo dengan rentang umur 24-30an itu membutuhkan hati yg terbuat dari baja terutama kalo dapet pertanyaan kapan, mana dan berbagai pengayaannya. pengayaan yg mengandung penganiayaan juga sih sbnrnya. hahaha. beberapa waktu yang lalu, ada film indonesia berjudul langit biru yang mengkampanyekan stop bullying di kalangan anak2. gw pikir mungkin perlu juga kita buat film yg mengkampanyekan stop bullying di kalangan para jomblo. judulnya mungkin.. mm.. langit biru se-biru hatiku. huahahahaha.. gmn masi kurang galau ga itu? kalo masi kurang galau,tar tinggal ditambah aja. pokoknya yang galau banget, karetnya 2. nah sekarang knp perlu stop bullying di kalangan para jomblo? ini diprakarsai dari pengalaman gw sendiri sebagai kawula muda masa kini(tsaaahh..) dan beberapa pengalaman temen2 gw, sesama jomblo yg bersahaja, yg sering dpt hinaan dan cercaan yg langsung masuk menusuk ke jantung sampe tembus ke punggung. fiiuhhh.. bolong2 de ni baju klo banyak di-bully. hihihi.

berdasarkan pengalaman gw, ada beberapa cerita ttg jomblo bullying yg diantaranya adalah:
  1. Pertanyaan "mana calonnya?" dan "kapan nikah?". nah sbnrnya pertanyaan ini ga termasuk jomblo bullying si karena biasanya emg org tua juga nanya kyk gini. tau ga apa yg bikin pertanyaan ini dikategorikan menjd jomblo bullying? intonasi pengucapan + ekspresi wajah. apalagi klo pengucapannya disertai dengan senyuman penuh hinaan dan per-kepo-an yg di-combine dengan faktor rese yg teramat sangat. huufff.. rasanya pengen nglempar sendal ke muka org itu. wkwkwk.
  2. Dikatain "ga laku". ini adl pengalaman gw. gw sangat jarang tersinggung kalo ejek2an sama temen. kadang malah gw ikutan ngetawain diri sendiri. wkwk. tapi ga tw kenapa, mungkin lg PMS juga, ada temen gw bcandaan dan dy ngatain gw ga laku. ga cuma sekali, berkali2, diulang2. pdhl diucapin sekali aja, gw udh sakit ati, ini diulang2. dalam semenit, mungkin ada 3x dy ngucapin itu sementara recovery hati gw ga secepet itu. kalo bisa diukur, kecepatan dy membully mungkin 12Mbps sedangkan kecepatan recovery gw cuma 10kbps. dy begitu berbahagia ngomong itu di depan org banyak sambil ketawa seakan2 itu lucu, sementara gw ga tw harus ber-ekspresi gmn. mau ketawa/senyum, ga bisa. mau cemberut, ga asik banget. apa gw ga bisa bales? bisa banget. otak gw ini sangat bisa ngebales hina2an bahkan gw pny kartu as yg kalo gw bales ke dy, kami ga bakal temenan lagi. hahahaha. akhirnya gw memilih untuk.. diam. the best defense is a good offense. dlm diem, offense nya justru lbh besar lho buat nahan diri ga mempelajari ilmu vodoo untuk membangkitkan amrozi buat bikin bom yg bs dilemparin ke rumah temen gw itu. wkwkwk. pelampiasan gw saat itu adl.. nangis di kamar mandi. hahahahaha. emg de kamar mandi adalah tempat pelarian sejati di kala duka dan di kala ngantuk. wkwkwk.
  3. B'candaan tentang pernikahan, dsb. ini baru aja terjadi yg saking enegnya ampe gw twit "walo suka bcanda tapi sejujurnya bcandaan tentang pernikahan itu ga lucu sama sekali." hahaha. ceritanya kmrn ada form gt yg harus diisi. gw nanya sama temen gw alamatnya diisi alamat ktp ato alamat kosan. dan temen gw yg lain tiba2 bilang, "diisi alamat suami lo aja" sambil senyum2 rese. huaaaaaaa.... gw lgs not responding bagaikan komputer nge-hang. udah tauuuuu gw masi single, penting banget ya ngomong kyk gt? blom lg seharian itu, ada aja kata2 dy yg nyinggung2 kejombloan gw dan bikin sakit ati. ada mbak2 disitu yg ngompor2in bilang, "ayo che bales che". cm pd akhirnya gw cm bilang, "gpp mbak.gw kan orgnya baik, ga mau membalas kejahatan dng kejahatan". eh tiba2 dy nyolot lg, "halah bilang aja g bisa bales". haduuhh dlm hati udh pengen bilang, "GUEEE BISA BALEEESSSS LOO,MONYEEETT!!" wakakakak.. brutal. tapi yah kembali lagi, kalo gw bales, gw bakal jd org yg sama menyebalkannya sama dy. gw ga ada bedanya sama dy. abis itu, dengan tidak berdosa, dy minta bantuan gw. T_T dan gw bantuin. dah antiklimaks. wkwkwk. susah bener emg mengasihi musuh. perlu berlatih lagi dan lagi dan lagi sampe maranatha.
sebenernya si banyak variannya, cuma dari sekian banyak yg gw terima bisa disimpulkan jd 3 itu tipe jomblo bullyingnya. tujuan gw nulis ini adalah buat ngajakin anda2 para pembaca yg setia, ato yg ga sengaja mampir dimari, ikut ngerasain apa yg dirasain sm korban bullying. gw ga pernah ngerasa miserable jd jomblo. bahkan gw bisa menikmati masa jomblo tapi entah kenapa org2 ini suka ngrecokin banget seakan2 mereka lebih tw apa yg gw rasain drpd gw sendiri. bukannya drpd ngrecokin lebih baik bantuin nyari? ya kan ya? gw rasa jomblo bullying ini juga yg nyebabin banyak org buru2 pengen nikah tanpa mempedulikan gmn bentuk calon pasangannya demi nglepasin status "single" yg seringkali dianggap sbg aib. ujung2nya pernikahan ini ga bertahan lama krn dasarnya ga kuat.

buat pelaku jomblo bullying:
tolong yah tolong.. diingat kalo kalian juga pernah jd jomblo. posisi kita sbnrnya pernah sama kan? gw ga ngerti knp wkt posisi lo udh berubah, lo g pernah inget rasanya jd jomblo dan mulai ngejek2in org lain? jangan jd kacang lupa kulitnya aaah. tar jd sambel gado2 lho kalo ga pake kulit. kalo pake kulit kan minimal bisa nampang di indomaret pake baju gambar garuda dengan tulisan "kacang garuda" (kalo jayus, anggap lelucon ini tidak ada.. plis)

gw rasa hari valentine ga sepenuhnya milik org2 yg punya pasangan aja. seharusnya hari valentine itu menjadi hari dimana kita meng-evaluasi bagaimana cara kita mengasihi org lain. seringkali karena merasa udah akrab, kata2 kita mulai ga ke-kontrol waktu bercanda sm temen. se-akrab2nya temen/sahabat kita, hati mereka itu masi sama. masi bisa ngerasain sakit ati. terkadang juga kita kepedean nganggep seseorang itu sebagai sahabat baik kita tanpa memikirkan apakah dy juga menganggap kita sahabat baiknya. jd gimana sebenernya cara kita melihat apakah kita sudah cukup mengasihi org2 yg kita anggap sahabat atau gimana caranya menjadi sahabat yg baik buat org lain?
caranya gampang. salah satunya dengan melihat definisi kasih itu sendiri. gw ambil dari 1 korintus 13:4-7.
"Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu."

sudahkah kita mengasihi org lain dng kasih yg semacam ini? ato kita justru selalu cemburu dng keberhasilan temen kita, bcanda ga sopan, cuma sahabatan demi keuntungan tertentu, pendendam, marah kalo tuntutan kita ga bisa dipenuhi sama sahabat kita ato bahkan ngerasa seneng klo temen kita sial?

ga.. jawabannya ga usah dikumpulin ke gue. hahaha. tar gw jd rempong jg ngrekapnya. jawabannya cukup disimpen dlm hati aja buat evaluasi. di hari valentine ini, selain ngasi coklat ato bunga buat org2 tersayang, mungkin ada baiknya kalo kita sempetin buat evaluasi diri, inget2 kesalahan apa aja yg pernah kita lakuin ke temen2 kita, dan minta maaf ke mereka :) gw sendiri sbg manusia cerewet pasti jg pernah ngelakuin kesalahan ke temen2 gw. gw juga bukan temen yg sempurna buat temen2 gw. cuma gw mau berusaha buat jd temen yg baik buat mereka dan semoga kesalahan2 gw bisa dimaafin seperti gw jg udh maafin temen gw yg rese td itu walo gw tw dy ga bakal nyadar n minta maaf. hahahaha. bondan prakoso mode on aja de: ya sudahlah. wkwkwk.

happy valentine..^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar